Wisata Kopi di Desa Wisata Petung

Saat ini kopi sedang menjadi primadona. Warung-warung kopi bermunculan. Warung kopi tradisional maupun dalam bentuk kafe kelas internasional. Tidak sedikit yang menjual kopi sekaligus pemandangan perkebunan kopi. Mengajak pengunjung menikmati kopi di perkebunan kopi mereka. Di Jogja sendiri terdapat desa wisata dengan perkebunan kopi di dalamnya. Pengunjung menikmati kopi sekaligus menikmati keindahan alam yang ada. Karakteristik yang kuat inilah yang menjadikan orang terdorong untuk mengunjungi desa wisata Petung.

 

Tentang Desa Wisata Petung

Desa wisata petung berada sekitar 20 kilometer arah utara Kota Yogyakarta tepatnya di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, DIY. Desa wisata cangkringan ini masih terlihat alami dengan area maupun masyarakatnya yang sebagian besar masih memegang adat atau budaya tradisional.

 

Selain itu lokasinya sangat dekat dengan hutan. Desa ini begitu istimewa dengan kebudayaannya, keseniannya maupun adat istiadatnya. Sementara itu untuk potensi wisata yang dimiliki, desa ini sering dijadikan tempat outbond untuk berbagai usia.

 

Pengunjung juga bisa bertandang ke peternakan sapi. Bisa sekadar melihat-lihat maupun sekaligus belajar bagaimana penangkaran sapi maupun memerah susu. Belum lagi tempat budidaya umbi-umbian maupun perkebunan kopi. Apalagi kopi di sini juga cukup dikenal.

 

Sering disebut dengan Kopi petung. Berada di lereng merapi memberikan rasa yang kuat pada kopi yang dihasilkan. Adanya perkebunan kopi di desa ini, membuktikan bahwa udara di sini cukup sejuk sehingga nyaman untuk beristirahat maupun menenangkan diri.

 

Wisata Kopi

Berada di ketinggian 850 – 900 meter di atas permukaan laut menjadikan tempat ini bisa digunakan untuk membudidayakan kopi, baik arabika maupun robusta. Kopi yang tumbuh di lereng Gunung Merapi ini memiliki cita rasa yang khas. Jika Anda mengunjungi desa wisata ini ketika kopi sudah merah di pohon dan siap dipanen maka Anda bisa sekaligus membantu memetiknya.

 

Sudah pernahkah mengisap buah kopi matang? Rasa manisnya memberikan pengalaman yang unik. Atau mungkin belajar bagaimana proses pasca panen yang dilakukan. Atau pada saat roasting? Proses pengoalahan atau penyeduhan? Belajar seluk belum kopi tentu tidak akan ada habisnya. Begitu pula saat belajar proses bertani di Desa Wisata Pertanian Trumpon.

 

Budidaya Umbi-umbian

Selama liburan di desa wisata peting sari atau di desa wisata lainnya menikmati udara pedesaan saat pagi atau sore hari paling enak tentu sambil menikmati secangkir teh atau kopi dengan panganan khas desa tersebut. Nah, Petung sendiri terkenal dengan kopinya sehingga saat berada di sana bukan hal mustahil untuk menikmati secangkir kopi yang bau dan rasanya pas di lidah.

 

Sementara itu besar kemungkinan teman minum kopi Anda adalah umbi-umbinan. Secara kampung ini juga terkenal dengan budidaya umbi-umbian. Bahkan mungkin Anda asing dengan nama-nama umbi-umbian tersebut. Sebut saja suweg yang nikmat setelah dikukus disajikan dengan parutan kelapa, ada pula gadung yang enak dibuat keripik, ada juga gembili, gembolo, ganyong dan lainnya. Umbi-umbi tersebut memiliki rasa yang khas. Bagaimana? Penasaran?

 

Wisata Budaya

Saat berada di Museum Sisa Hartaku Anda akan melihat bagaimana peristiwa erupsi menyisakan saksi bisu yaitu barang-barang yang masih bertahan setelah terkena awan panas. Sementara berada di bukit klangon sleman dengan panorama alamnya. Berada di Petung Anda bisa menikmati tradisi budaya yang masih kuat.

 

Setiap bulan ruwah pada hari Jumat Kliwon terdapat sebuah tradisi Danadan Kali. Tradisi ini merupakan ucapan terimakasih atau wujud syukur karena air di sumber air desa tersebut yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau.

 

Selain itu jika di Desa Wisata Nganggring anak-anak bisa puas dengan outbond maupun permainan tradisionanya maka di Petung, anak-anak dan remaja akan dikenalkan tarian tradisiona seperti pegon, rempak, candik ayu, dolen dan lainnya. Terdapat sebuah sanggar di desa wisata tersebut.

 

Tidak hanya tarian namun juga karawitan dan wayang yang masih dilestarikan dengan dijadikan hiburan saat-saat tertentu. Didukung dengan fasilitas yang memadai mulai dari listrik, masjid, homestay, kamar mandi, tempat parkir dan lainnya. Menjadikan Desa Wisata Petung bisa menjadi tempat wisata yang sesuai untuk mengenalkan budaya, alam dan budidaya kopi dan umbi-umbian bagi segala usia.

 

Alamat: Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kepuharjo, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583
Koordinat GPS: -7.602739, 110.445841
No Telp: 08174110588, 081392620689
Website: desawisatasleman.wordpress.com