Yuk Belajar Menenun di Desa Wisata Sangubanyu

Menenun bukan pekerjaan mudah. Tidak heran apabila harga kain tenun selalu tinggi. Untuk bisa mengetahui bagaimana rumitnya menenun tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke tempat para pengrajin tenun. Sehingga tidak hanya mengenal kain tenun tetapi juga bisa melihat bagaimana kesulitan sehingga lebih bisa menghargai hasil karya para pengrajin tenun. Apalagi saat ini ada begitu banyak desa wisata para penenun yang memang terbuka untuk umum. Desa Wisata Sangubanyu adalah salah satunya.  

 

Tentang Desa Wisata Sangubanyu

Desa wisata sangubanyu berada di Sumberagung, Moyudan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda sedang di pusat kota Yogyakarta maka Anda tinggal menuju ke arah barat sekitar 20 km. Dikenal juga dengan nama desa tenun Sangubanyu karena desa ini terkenal sebagai pusat perajin tenun. Sebagian besar warga desa ini merupakan pengrajin Tenun. Kain tenun di desa ini merupakan tenun tradisional karena masih menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

 

Beberapa tenun yang dihasilkan diantaranya taplak meja, sarung bantal, gorden, dan lainnya. Hasil kerajinan tersebut telah dipasarkan di Yogyakarta pada khususnya dan telah dipasarkan juga ke seluruh Indonesia bahkan telah mencapai pasar ekspor ke mancanegara. Jadi jangan khawatir dengan kualitas tenunan di desa ini, tidak akan mengecewakan. Anda bisa membuktikannya.

 

Dikunjungi Wisatawan Dalam dan Luar Negeri

Keistimewaan  desa wisata kerajinan sleman  tentu saja dengan berbagai kerajinan yang dihasilkan. Pengunjung tidak hanya bisa melihat hasil kerajinan tetapi bisa membeli bahkan belajar cara membuatnya. Begitu pula pada saat mengunjungi desa  sentra tenun ini. Anda bisa mengetahui lebih dalam tentang tenun.

 

Bagaimana pembuatan tenun menggunakan alat tradisional. Bisa mencari tahu apa keunggulannya. Selain itu bisa juga belajar bagaimana cara membuat membuat tenun. Jadi tidak mengherankan jika desa ini mampu menarik minat pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Beberapa pengunjung dari mancanegara yang pernah berkunjung diantaranya dari Australia, Jepang, Jerman, Italia dan lainnya. Jadi, kapan Anda akan mengunjungi desa wisata ini?

 

Suasana yang Nyaman

Suasana nyaman selalu bisa dinikmati selama berada di Desa Wisata Malangan maupun desa wisata lain termasuk di Sangubanyu ini. Bisa jadi hal ini menjadi keunggulan dari desa wisata yang membuat orang tertarik untuk singgah barang sejenak. Suasana alam pedesaan menjadi pilihan terbaik bagi para wisatawan untuk refreshing. Terasa sejuk dan damai serta tenang jauh dari polusi.

 

Orang-orang desa pun lebih sederhana dalam menghadapi setiap permasalahan hidup sehingga lebih menyenangkan ketika berinteraksi. Bahkan ketika berbeda bahasa sekalipun tetap memberikan keramahan melalui senyum yang diberikan saat bertatap muka. Hal ini tentu membuat orang merasa nyaman meskipun baru pertama jumpa.

 

Asyiknya Belajar Menenun

Sebagai desa yang aktifitas penduduknya mayoritas sebagai penenun maka pada saat mengunjungi Sangubanyu ini tentu saja akan melihat aktifitas para penenun. Dimana kegiatan ini tidak bisa dinikmati ketika berada di Desa Wisata Ngamboh atau desa lain. Jadi menikmati suasana desa sambil belajar menenun tentu menyenangkan. Apalagi kegiatan menenun di desa tersebut biasanya dilakukan sejak pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

 

Agar lebih maksimal bagaimana belajar menenun sebaiknya sejak awal menginformasikan kepada pengelola desa wisata. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyediakan waktu, tempat maupun penenun yang akan membimbing mulai dari awal hingga Anda memahami pembuatan tenun khas desa tersebut. Tingginya jumlah pengunjung tentu akan merepotkan pihak pengelola jika berkunjung ke sana rombongan namun tanpa pemberitahuan.

 

Tentu akan berbeda jika Anda datang sendirian atau hanya dengan satu atau dua teman saja. Mungkin bisa datang kapan saja. Bahkan jika ingin traveling sendirian, backpacker pun bisa dilakukan. Apalagi untuk mencapai lokasi juga cukup mudah. Jalanan cukup lancar seperti halnya saat mengunjungi Desa Wisata Nganggring. Bisa dilalui roda dua maupun kendaraan roda empat. Dilengkapi pula tempat parkir yang cukup luas. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bus ke arah Wates kemudian turun di pertigaan Klangon. Selanjutnya Anda menuju Sumberagung menggunakan ojek. Anda pun bisa bertanya dimana lokasi Desa Wisata Sangubanyu.

 

Alamat: Sumberagung, Moyudan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
No Telp: 0816-4267-457