Sejuknya Udara di Desa Wisata Pertanian Trumpon

Udara segar pedesaaan tidak akan pernah membuat bosan. Apalagi jika sehari-hari selalu berkutat dengan polusi. Berada di tempat yang memberikan udara bersih dan nyaris tanpa polusi tentu memberikan kelegaan yang luar biasa. Menjadi jawaban atas kelelahan tekanan pekerjaan. Semakin tinggi frekuensi pekerjaan maka akan membuat tegang isi kepala. Suasana yang santai dan tenang, udara yang bersih dan sejuk serta dikelilingi keramahan orang-orang sekitar yang ada bisa menjadi solusi untuk kebutuhan liburan Anda. Baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga. Ada bisa suasana itu jika berkunjung ke Desa Wisata Pertanian Trumpon.

 

Tentang Desa Wisata Pertanian Trumpon

Seperti namanya yaitu desa wisata Pertanian Trumpon sudah bisa diperkirakan desa wisata yang berada di Dukuh Trumpon, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman ini memiliki potensi utama berupa pertanian dan perkebunan. Desa wisata ini sekitar 24 km dari Kota Yogyakarta dan sekitar 13 km dari Ibukota Kabupaten Sleman.

 

Lokasinya yang ada di ketinggian sekitar 500 meter dari atas permukaan laut membuat suasana di desa ini terasa segar, sejuk dan minim polusi. Berada di kaki Gunung Merapi membuat pengunjung tidak hanya menikmati udara yang bersih dan segar saja tetapi juga pemandangan alam yang asri dan tenang. Sebagai desa wisata di sleman, kondisi jalan untuk menuju lokasi pun terbilang cukup bagus termasuk dari berbagai arah dari luar kota Sleman sekalipun.

 

Ada Pilihan Paket Wisata

Para pengunjung yang singgah di desa wisata edukasi biasanya disodori pilihan paket wisata yang bersahabat. Bersabat dengan isi kantong, jumlah orang maupun pilihan wisata yang bisa disesuaikan dengan usia maupun jenis keperluan yang diinginkan. Nah, desa wisata ini pun menyediakan pilihan wisata. Sebagai tempat yang mengandalkan sisi pertanian, desa wisata ini menyediakan wisata salak pondoh bagi pengunjung seperti di Desa Wisata Ngamboh.

 

Pengunjung pun tidak hanya sekedar menikmati buah salak dan membeli salak segar maupun olahannya saja. Tetapi pengunjung juga diberikan pilihan wisata bagaimana membudidayakan salak pondoh atau bisa dikatakan paket wisata pelatihan budidaya salak pondoh. Anda pun bisa bertanya jenis salak yang bagus, bagaimana perawatan, pengairan dan pemupukan termasuk saat panen.

 

Jenis paket wisata lainnya yang disediakan antara lain memancing dan kesenian tradisional. Kemudian bagi yang menghendaki wisata alam petualang diberikan pilihan untuk berkemah, tracking atau outbond. Sebagai alternatif wisata alam petualang seperti di Desa Wisata Petingsari.

 

Wisata alam di sini jelas tidak akan mengecewakan atau membosankan. Jika sudah terbiasa liburan di desa wisata sekalipun tidak ada salahnya melewatkan liburan di desa ini. Mengapa? Karena setiap desa biasanya memiliki tradisi masing-masing. Meskipun lokasinya berdekatan bisa jadi memiliki kebiasaan atau budaya yang berbeda. Hal ini tentu akan semakin menambah pengetahuan Anda tentang keberagaman budaya.

 

Homestay yang Nyaman

Jika ingin menikmati suasana pedesaan, ingin mengetahui lebih dalam bagaimana interaksi warga dengan pengunjung maupun antar warga kampung bisa juga memanfaatkan fasilitas homestay yang tersedia. Perlu diketahui saja bahwa saat ini homestay di desa wisata jogja sudah dikekola secara profesional.

 

Meskipun terkadang hanya terlihat seperti rumah biasa namun kenyamanan yang ditawarkan jangan diragukan. Anda bisa merasakan layaknya berada di rumah sendiri dengan makanan sederhana khas kampung, ditambah suasana pedesaan yang tenang apalagi saat malam dan turun hujan. Tentu memberikan sensasi yang berbeda. Tidak ada salahnya mematikan smartphone Anda dan benar-benar menikmati suasana yang ada.

 

Gardu Pandang

Jika berada di desa wisata kaliurang timur dan desa wisata sekitar lereng Gunung Merapi tentu tidak bisa mengacuhkan pemandangan alam sekitar gunung tersebut. Pengunjung hampir selalu dimanjakan dengan keindahan alam, panorama desa yang asri dengan daun-daun hijaunya. Memang sempat mengalami kerusakan pada saat Erupsi Merapi silam, namun saat ini kondisinya pun sudah lebih baik.

 

Banyak wisatawan yang singgah baik menginap atau tidak. Terkadang hanya singgah sejenak di gardu pandang yang memungkinkan pengunjung melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Menoreh, Gunung Sumbing maupun pegunungan pantai selatan. Lebih sempurna lagi ketika berkunjung di desa wisata peting sari pada saat musim panen buah salak pondoh sehingga Anda pun tidak ada salahnya mencari tahu sebelum berkunjung ke desa ini.

 

Alamat: Trumpon, Merdikorejo, Merdikorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
Koordinat GPS: -7.619087, 110.361540