Plesiran ke Desa Wisata Mojo

Pemerintah Gunungkidul nampaknya sangat serius dalam menggali potensi wisatanya. Tak hanya mengandalkan keunggulan alamnya berupa pantai, pegunungan, dan ataupun sungai bawah tanah namun juga menciptakan tujuan wisata baru dengan memberdayakan potensi penduduk lokal. Keahlian dan kekhasan yang terdapat pada desa- desa tertentu difasilitasi dan didukung serta dikemas secara menarik sehingga tercipta suatu objek wisata alternatif yang disebut desa wisata. Tentunya dengan terbentuknya label desa wisata justru membuat semangat para penduduknya untuk lebih menjaga dan melestarikan nilai budaya yang sudah menjadi tradisi. Salah satunya desa tersebut adalah desa wisata Mojo.

 

Mengenal Desa Wisata Mojo

Banyak terdapat desa yang memiliki potensi khusus sehingga oleh pemerintah dijadikan desa wisata. Seperti diantaranya adalah Desa Wisata Wonosadi, Desa Wisata Bejiharjo, dan Desa Wisata Mojo. Desa Mojo memiliki lanskap yang indah dengan banyaknya sumber daya alam perbukitan karst atau kapur yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang memilih tour Jogja murah.

 

Tak hanya itu di desa ini juga terdapat objek wisata alam andalan lain berupa goa, diantaranya adalah Goa Sinden, Goa Gesing, dan Goa Jlamprong. Sangat asik untuk menyusuri goa-goa tersebut karena lorongnya hanya sepanjang 500meter dengan mulut goa yang saling menyambung. Tak ketinggalan di sana juga terdapat sumber air Kecemut yang melengkapi pesona Desa Wisata Mojo Jogja ini.

 

Lokasi Desa Wisata Mojo

Desa Wisata Mojo terletak terletak di Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Keberadaan desa initidak jauh dari jalan utama Jogja- Gunungkidul. Desa ini diresmikan menjadi desa wisata pada tahun 2009 oleh pemerintah setempat.

 

Untuk mencapai desa tersebut jalurnya sangat mudah dan kondisi medan jalan sudah sangat bagus. Dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Peta wilayah desa Mojo pun sudah tersedia di Google Maps sehingga tak ada alasan lagi bagi pengunjung untuk tidak menemukannya.

 

Kelebihan Desa Wisata Mojo

Sebagai salah satu Desa Wisata Gunungkidul tentunya Desa Mojo memiliki banyak keunggulan.Dari segi pemandangan alam, desa ini memiliki pesona alami berupa perbukitan karst, goa- goa, dan sumber mata air. Melihat bentang alam tersebut pengunjung dapat berpetualang atau caving dengan rute pendek. Dari segi kebudayaan desa ini masih memelihara warisan nilai tradisi yaitu Wedi Utah. Selain itu pengunjung dapat menyaksikan banyak pertunjukan tradisional seperti reog, jathilan, karawitan, ketoprak, dan wayang kulit.

 

Kemudian yang menjadi ciri khas utama Desa Wisata Mojo adalah hasil kerajinan dari batu karst. Penduduk setempat banyak yang menggunakan batu putih tersebut untuk mempercantik rumah mereka. Banyak pula yang membuka usaha dengan membuat batu ukir putih. Batu putih yang digunakan adalah merupakan pemanfaatan sumber daya alam dari perbukitan karst yang memang tersedia melimpah di dusun Mojo.

 

Di tangan para pengrajin batu tersebut digubah menjadi berbagai hasil kerajinan yang bernilai seni dan komersial mulai dari patung, pot, lampion, ornamen rumah, dll. Tak heran keindahan produknya tak hanya laku di dalam negeri saja tapi sudah sampai ke pasar ekspor. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan benda- benda dari batu putih tersebut. Bila berminat pengunjung dapat membeli dan membawa pulang hasil kerajinan sebagai cindera mata.

 

Fasilitas Desa Wisata Mojo

Sebagai desa yang dikemas untuk menarik kunjungan wisata tentunya fasilitas- fasilitas dibangun agar pengunjung merasa lebih nyaman dalam berwisata.Fasilitas pendukung yang terdapat di desa Mojo ini antara lain area parkir kendaraan, mushola, toilet, tempat istirahat, warung makan hingga penginapan. Penginapan yang tersedia dapat menampung hingga 15 kamar dan terdapat home stay dengan harga yang sangat terjangkau. Terdapat aula bila pengunjung membutuhkan tempat untuk pertemuan dan tentu saja dengan pusat oleh- oleh.

 

Mengunjungi desa wisata adalah salah satu pilihan alternatif liburan keluarga.Setiap anggota keluarga dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan baru mengenai suatu tempat, sejarah proses pembentukan fenomena alam, mengenal berbagai jenis budaya daerah, serta merasakan kehidupan masyarakat pedesaan yang jarang didaptkan di kota. Bila memiliki waktu luang Desa Wisata Mojo bisa dijadikan destinasi liburan.