Yuk Menjelajah Hutan di Desa Wisata Wonosadi

Pemerintah Gunungkidul sangat jeli dalam melihat peluang yang ada pada daerahnya. Sebagai daerah tujuan wisata yang sedang trend, Gunungkidul selalu berusaha menghadirkan produk wisata baru yang selalu menggugah animo masyarakat untuk mengunjunginya. Banyaknya jenis pilihan wisata mulai dari perbukitan, pantai, gowa, sungai bawah tanah, hutan, dan desa wisata menjadi keunggulan daerah ini. Wisatawan dapat mengunjungi banyak destinasi sekaligus dalam sekali berkunjung ke kabupaten ini. Terlebih dengan biaya masuk tiap objek wisata, harga makanan, dan akomodasi yang masih sangat terjangkau, spot wisata Gunungkidul selalu ramai pengunjung bahkan ketika hari- hari biasa.

 

Mengenal Desa Wisata Wonosadi

Desa wisata biasanya memiliki ciri khas yang menjadi ikon suatu desa menjadi terkenal. Seperti Desa Wisata Umbulrejo yang kondang dengan wisata gowa  dan Desa Wisata Mojo identik dengan kerajinan batu putih. Seperti desa wisata yang lain, Wonosadi adalah salah satu desa yang memiliki potensi atau keunggulan tertentu sehingga layak dijadikan tujuan wisata.

 

Desa Wisata Wonosadi dikenal sebagai desa yang berhasil dalam melakukan konservasi alam yaitu dengan merawat kealamian hutan Wonosadi.Pemeliharaan hutan yang sangat baik menjadikan daerah sekitar Wonosadi tidak pernah kekurangan air seperti daerah Gunungkidul pada umumnya yang memang terkenal dengan daerah sulit air.

 

Selain konservasi hutan, Desa Wonosadi juga mempunyai objek wisata lain yang patut dikunjungi yaitu tempat- tempat yang memiliki nilai rohani seperti Watu Gedhong, Kali Ndek, dan sendang Karang Tengah. Masyarakat Wonosadi masih memelihara nilai budaya dan upacara adat yang biasa dilakukan sebagai warisan leluhur.

Lokasi Desa Wisata Wonosadi

Desa Wisata Wonosadi terletak di dua wilayah yaitu Dusun Duren dan Dusun Sidorejo, Desa Beji, kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul.Untuk mencapainya harus melewati perjalanan sejauh 35km ke arah utara dari Kota Wonosari.Lokasi desa ini dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.Bila menggunkan kendaraan umum dari Yogyakarta terminal Giwangan menuju terminal Wonosari kemudian sambung dengan angkot warna hijau dengan jurusan Ngawen.

 

Kelebihan Desa Wisata Wonosadi

Daya tarik yang dimiliki oleh Wonosadi adalah suasana di area hutan Wonosadi yang masih sangat alami dan dikelola dengan baik oleh masyarakatnya.Para penduduk memiliki kepercayaan turun temurun dan kesadaran untuk menjaga hutan dari segala bentuk eksplotasi yang merugikan.Bahkan sistem pemeliharaan aset hutan tersebut memiliki badan pengelolaan tersendiri yang disebut Baladewi.

 

Di Wonosadi terdapat tempat wisata antara lain Watu Gedhong, Kali Ndek, dan Sendang Karang Tengah sebagai daya tarik tersendiri bagi para pecinta wisata rohani.

 

Pengunjung dapat mengenal masyarakatnya yang masih meneruskan adat istiadat yang menjadi warisan leluhur seperti masih sering mengadakan upacara Rasulan, Nyadran, mboyong Dewi Sri, Midang,Ruwatan dan Seni Musik Rinding Gumbeng.Seni musik Rinding Gumbeng menceritakan kehidupan masyarakat desa Wonosari yang sederhana namun pekerja keras dan menjaga alam.Seni ini biasanya diadakan pada musim panen yang pertama.Penduduk Wonosadi masih melestarikan kesenian tertua di Jawa ini meskipun dengan sedikit penyesuaian musik sesuai jaman seperti campursari.

 

Penduduk Wonosadi memiliki hasilkerajinan berupa barang- barang yang terbuat dari bambu.Pengunjung dapat melihat hasil karya tersebut dan kemudian dibeli jika berminat.Membeli produk lokal desa tersebut tentu membantu meningkatkan perkenomian penduduknya.

 

Fasilitas Desa Wonosadi

Sebagai desa yang dijadikan tujuan wisata tentunya pemerintah telah melengkapi desa dengan fasilitas- fasilitas yang lengkap sebagai penunjang kebutuhan para wisatawan.Sarana yang lengkap akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah ketika berada di lokasi wisata.

 

Fasilitas yang terdapat di Desa Wisata Wonosadi antara lain tersedianya area parkir yang memadai. Terdapat penginapan dengan harga yang masih sangat terjangkau.Ada pusat informasi yang siap melayani wisatawan pada jam kerja. Terakhir yang tak boleh ketinggalan dalam setiap melancong, terdapat tokosentra oleh- oleh yang menjual produk lokal khas Gunungkidul.

 

Setelah puas berkeliling Gunungkidul tak ada salahnya untuk beralih ke pinggiran Jogja dengan mengunjungi wisata kekinian yang lain seperti Jogja Sunset Park, dan Puncak Becici. Semua ini bisa ada dapatkan dalam paket liburan Jogja yang di tawarkan oleh agen-agen wisata di DIY.