Borong Kerajinan Besi Cor Desa Wisata Garotan

Daya tarik Kabupaten Gunungkidul dalam segi pariwisatanya tak bisa dipandang sebelah mata. Pemerintah daerah sangat serius dalam mengelola objek wisata yang sudah ada dengan pemeliharaan yang baik. Demikian pula pemerintah serius menggali potensi wisata yang baru untuk dikembangkan. Sebagai daerah yang diberkahi lanskap alam yang bervariasi dengan pemandangan yang indah Gunungkidul sangat diuntungkan untuk dapat memperoleh manfaat dari kelebihan tersebut. Tak mau hanya berpangku pada bentuk natural, pemerintah pun memajukan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya dengan membentuk desa- desa wisata. Pembentukan desa wisata diharapkan mampu menambah daya tarik wisatawan sebagai alternatif hiburan selain wisata alam. Salah satunya adalah desa wisata Garotan.

 

Mengenal Desa Wisata Garotan

Desa wisata adalah desa yang memiliki kekhasan tersendiri dan penduduknya masih memelihara banyak tradisi dan kearifan lokal. Biasanya desa ini mempunyai potensi yang bisa diandalkan untuk dijadikan daya tarik tersendiri ataupun percontohan karena keunikan yang dimilikinya. Banyak desa wisata Gunungkidul seperti Desa Wisata Mojo, Desa Wisata Wonosadi, dan Desa Wisata Garotan yang nilainya dikembangkan sehingga menjadi destinasi wisata baru dalam bidang kebudayaan.

 

Desa Wisata Garotan Semin memiliki keunikan yaitu penduduknya yang sebagian besar bermata pencaharian menjadi petani dan pengrajin cor besi. Desa ini menawarkan pengunjung untuk dapat merasakan suasana pedesaan dengan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan selayaknya penduduk desa. Serta terdapat kesenian tradisional yang bisa disaksikan pertunjukannya.

 

Di desa ini produk unggulannya adalah hasil kerajinan besi cor dikerjakan mulai dari pengerjaan yang biasa hingga professional dengan hasil yang sangat menawan. Hasil- hasil kerajinan ini pun bisa dibeli oleh para wisatawan yang berkunjung dengan harga yang bervariasi tergantung tingkat kerumitan dan keantikan. Harga kerajinan yang ditawarkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bagi kolektor seni, desa ini patut dikunjungi.

 

Lokasi Desa Wisata Garotan

Desa Wisata Garotan terletak di desa Bendung Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Tempat ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau umum. Berbekal navigasi dan map lokasi desa wisata Garotan pasti bisa ditemukan. Bila menggunakan kendaraan umum,  dari Yogyakarta dengan bus menuju jurusan terminal bus kota Gunungkidul kemudian sambung dengan ojek untuk ke Semin.

 

Kelebihan Desa Wisata Garotan

Setiap desa wisata memiliki kelebihan yang ditonjolkan untuk menjadi daya terik tersendiri bagi para pengunjungnya. Di desa Garotan, pengunjung bisa menikmati kehidupan khas pedesaan dengan suasana yang masih alami, lingkungan dan udara yang bersih. Pengunjung dapat pula ikut melalukan tadabur alam kemudian mengerjakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh penduduk lokal seperti menanam padi, membajak sawah, dan melihat peternakan sapi. Suatu hal yang langka dibandingkan dengan kehidupan perkotaan yang padat dan sangat dinamis.

 

Setelah berkegiatan khas petani kemudian pengunjung dapat menikmati pertunjukan seni tradisional yang masih dilestarikan oleh warga seperti karawitan, tayub, dan jathilan. Suasana semakin rileks ketika seusai melihat pertunjukan kemudian pengunjung dapat menikmati makanan khas desa Garotan.

 

Hal lain yang bisa dilakukan adalah melihat pembuatan berbagai kerajinan dan furniture dari besi cor. Pengunjung dapat menyaksikan langsung bagaimana sebuah benda dari besi tersebut dibuat oleh tangan pengrajin. Pengunjung pun boleh mencoba untuk membuat hasil karyanya sendiri bila ingin melalukannya. Setelah puas melihat prosesnya tentunya boleh untuk membeli dan membawa pulang hasil kerajinan tersebut. Atau bila model yang diinginkan belum ready bisa dilakukan pemesanan untuk kemudian dikirim.

 

Fasilitas Desa Wisata Garotan

Sebagai desa yang dikemas untuk menarik kunjungan wisata tentunya fasilitas- fasilitas dibangun agar pengunjung merasa lebih nyaman dalam berwisata. Kelengkapan fasilitas yang terdapat di desa Garotan ini antara lain area parkir kendaraan, mushola, toilet, tempat istirahat, warung makan hingga penginapan.

 

Berkunjung ke destinasi yang melestarikan budaya perlu dilakukan untuk menambah wawasan. Jenis kunjungan ini sangat cocok bagi tujuan liburan keluarga. Susana hening pedesaan sangat menenangkan dan meyegarkan pikiran dari beban rutinitas yang menumpuk. Demikian pula dengan membawa anak- anak sangat bermanfaat, bila ingin menambah edukasi tentu Desa Wisata Garotan bisa dijadikan alternatif pilihan. Desa wisata ini telah menjadi salah satu destinasi wisata yang di tawarkan dalam paket wisata Jogja oleh banyak agen wisata.