Indahnya Pantai Goa Watulawang

Pantai selalu memiliki pesona yang mampu membuat orang terpana. Apalagi saat penat melanda, hanya membayangkan tengah berada di pantai sudah memercik kerinduan untuk mengunjunginya. Tidak mengherankan saat musim liburan tiba, jumlah pengunjung di pantai-pantai yang ada selalu meningkat. Pantai-pantai selalu dipadati pengunjung dari berbagai jenis usia dan jenis kelamin. Ada yang hanya duduk-duduk santai, ada yang berenang, ada yang bermain pasir sambil menunggu ombak datang dan sebagainya. Gunungkidul salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki deretan pantai indah. Salah satunya adalah Pantai Goa Watuwalang. Sudahkah Anda mengunjunginya?

 

Mengenal Pantai Goa Watuwalang

 

Pantai Goa Watulawang merupakan salah satu pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki keindahan dengan pemandangan alamnya. Batuan karang maupun pasir putih yang ada serta buih ombak di birunya air laut. Perlu diketahui pantai ini memang belum terlalu dikenal dibandingkan dua pantai yang mengapitnya yaitu Pantai Indrayanti yang berada di sebelah barat dan Pantai Pok Tunggal yang berada di sebelah timurnya.

 

Sehingga jika Anda berminat untuk mengunjungi pantai ini kemudian mencari lokasi penginapan di pantai watu lawang sebenarnya bukan hal yang sulit. Apalagi jika Anda juga mengunjungi lokasi wisata lain. Anda justru bisa sekaligus menyewa mobil jika rombongan bersama teman atau keluarga atau mungkin motor jika sendirian untuk memudahkan Anda menjelajahi tempat-tempat wisata yang ada.

 

Riwayat Nama Watuwalang

 

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa disebut-sebut sebagai pantai watulawang kota yogyakarta? Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan melihat keberadaan gua batu. Nah, di mulut gua terdapat sebuah batu yang bentuknya mirip dengan pintu. Itulah mengapa kemudian disebut dengan Gua Watuwalang. Gua ini digunakan warga sekitar untuk upacara adat sadranan.

 

Ada pula yang menyebutnya nyadran. Upacara ini dilakukan setiap bulan Sya’ban pada kalender Islam atau Hijriah. Pintu tersebut hanya dibuka dan dimasuki masyarakat yang melakukan nyadran saja. Konon, gua tersebut merupakan tempat persinggahan Prabu Brawijaya VI.

 

Suasana Pantai

 

Suasana pantai ini tentu berbeda dengan pantai Watu Kodok yang terdapat sebuah batu mirip dengan katak. Pantai ini sendiri semacam terdapat dua bagian. Bagian pertama berada di barat gua sedangkan bagian kedua berada di timur gua. Pantai yang di sebelah barat lebih sempit dibandingkan pantai yang berada di sebalah timur yang lebih luas dan sering dimanfaatkan untuk olahraga air.

 

Baik di barat dan timur sama-sama berpasir putih dan indah. Di bagian barat memang diapit dua bukit karang yang menjorok ke laut dan memberikan pemandangan tersendiri maupun angle yang berbeda untuk diabadikan dalam foto maupun video.

 

Meskipun belum seramai  pantai Pok Tunggal, Indrayanti, dan pantai populer lainnya namun pantai ini bersama dengan pantai Ndawud dan pantai sepi lainnya bisa menjadi tempat alternatif untuk liburan. Suasana maupun pemandangan alam yang ditawarkan tidak mengecewakan. Fasilitas yang disediakan pun cukup memadai.

 

Meskipun mungkin berbeda dengan fasilitas yang ada di pantai kajar namun Anda bisa melihat bangunan yang ada di pantai ini ditata cukup rapi. Misalnya keberadaan gazebo untuk berisitirahat, kamar mandi, warung makan dan minum serta tempat parkir. Tentu saja kondisi yang ada masih bisa dimaksimalkan. Tetapi Anda tidak perlu ragu untuk mengunjungi pantai ini dengan segala keindahan yang ada. Ingin mencari tempat sepi didukung fasilitas yang ada, jelas pantai ini bisa menjadi pilihan.

 

Rute Menuju Watuwalang

Akses menuju pantai watu wene tidak jauh berbeda ketika Anda ingin mengunjungi Watuwalang. Jika Anda dari Kota Yogyakarta, setidaknya memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan. Untuk menemukan arahnya bisa memanfaatkan google map yang semakin akurat dari waktu ke waktu.

 

Jika lebih suka cara manual maka dari Yogyakarta arahkan kendaraan yang digunakan menuju Wonosari. Cari penunjuk arah  menuju Pantai Indrayanti selanjutnya menuju Watuwalang. Sensasi mencari tempat dengan cara manual adalah kemungkinan nyasar. Namun Anda justru bisa berinteraksi dengan warga sekitar. Bertanya dimana atau kemana arah menuju Pantai Watuwalang yang mengagumkan tersebut. Bila tidak mau repot, anda bisa memilih paket tour Jogja yang menawarkan kunjungan ke pantai ini.

 

Alamat:  Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY