Berburu Topeng Kayu Batik di Desa Wisata Bobung

Kabupaten Gunungkidul bisa disebut sebagai salah satu kabupaten sadar wisata. Kabupaten ini mengembangkan potensi wilayahnya dengan memperkuat sektor pariwisata. Potensi alam yang ada dikembangkan dan dikelola dengan baik seperti wilayah pantai, bukit, dan gowa. Tak ketinggalan pemerintah juga memberdayakan kearifan lokal penduduknya dengan membentuk kantong-kantong desa wisata. Desa wisata seperti Desa Wisata Bobung dibentuk dengan tujuan melestarikan budaya masyarakat lokal agar tetap terpelihara dengan baik, memberi fasilitas kepada khalayak untuk mengenal budaya lokal, serta meningkatkan pendapatan masyarakat lokal dan daerah.

 

Mengenal Desa Wisata Bobung

Bobung adalah nama sebuah daerah di Kecamatan Patuk Gunungkidul. Daerah ini dipilih menjadi salah satu dari banyak desa wisata yang dibentuk oleh pemerintah daerah Gunungkidul. Desa Wisata Bobung terkenal sebagai sentra kerajinan batik kayu dengan produk khas nya adalah topeng kayu. Desa ini dijadikan desa wisata karena terdapat hingga 800 pengrajin topeng kayu batik. Desa ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang di tawarkan dalam paket wisata Yogyakarta.

 

Meninjau sejarahnya pembuatan topeng kayu ini karena pada jaman dulu terdapat kesenian tari Panji yang dalam pertujukannya mengenakan topeng. Tari ini konon diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga melalu dakwah penyebaran agama Islam sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan setiap musim panen tiba. Hingga saat ini tari Panji masih dilestarikan oleh penduduk desa Bobung. Kemudian Tari Panji menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang datang ke Desa Bobung untuk melihat penampilannya.

 

Awalnya pembuatan kerajinan topeng kayu batik hanya untuk keperluan pertunjukan tari.Dengan bentuk topeng berciri khas penokohan wayang purwa yaitu dengan hidung lancip dan mata ditarik keatas. Namun sekarang kerajinan yang dihasilkan sudah bervariasi mulai dari pajangan rumah, gantungan kunci, nampan, wayang, dan lain- lain. Teknik finishingnya pun sudah divariasi dengan pewarnaan yang bermacam- macam menambah daya tarik dan nilai jual.

 

Lokasi Desa Wisata Bobung

Bobung merupakan daerah yan terletak di desa Putat Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul yang pada tahun 2001 menjadi Desa Wisata Bobung. Desa ini berjarak kurang lebih 30km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 10 km menuju arah Wonosari. Desa wisata ini dapat dijangkau dengan mudah melalui jalan utama Yogya-Wonosari dengan kondisi jalanan yang sudah sangat bagus.

 

Bagi pengguna kendaraan pribadi desa wisata ini sangat mudah ditemukan, cukup dengan mengandalkan GPS. Bagi yang menggunaka transportasi umum berhenti di terminal bus kota Gunungkidul kemudian disambung dengan ojek yang sudah familiar bila menyebut tujuan ke Desa Wisata Bobung Wonosari.

 

Kelebihan Desa Wisata Bobung

Setiap desa wisata pasti memiliki ciri khas tersendiri.Seperti Desa Wisata Garotandan Desa Wisata Mojo, Babung memiliki kekhasan sebagai sentra pengrajin topeng batik kayu. Seiring perkembangan jaman hasil kerajinan yang diproduksi beraneka ragam tak hanya topeng namun juga bentuk hewan yang sudah berhasil menembus pasar ekspor.

 

Di desa ini para wisatawan dapat melihat workshop para pengrajin sehingga menambah wawasan mengenai pembuatan topeng batik dari proses awal hingga finishing. Di desa tersebut juga terdapat galeri untuk memajang hasil karya para pengrajin. Pastinya sebuah harta karun bagi para pecinta seni bila berkunjung ke desa tersebut dan pulang dengan membawa hasil kerajinan.

 

Desa Wisata Bobung juga menyediakan sarana bagi wisatawan untuk mempelajari lebih detail bagaimana cara pembuatan kerajinan batik kayu dengan cara home visit. Setelah selesai melihat-lihat tentang pembuatan dan hasil kerajinan topeng kayu, pengunjung bisa menuju Air Terjun Desa Wisata Bobunguntuk menyegarkan diri.

 

Fasilitas Desa Wisata Bobung

Sebagai desa yang sudah didesain untuk menarik kedatangan para pengunjung, desa ini sudah memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Sarana untuk menunjang kenyamanan para wisatawan sangat diperhatikan seperti tersedianya area parkir, tempat peristirahatan, mushola, kamar mandi dan toilet, dan warung makan. Tak ketinggalan fasilitas home visit seperti yang dijelaskan diatas sebagai sarana untuk belajar lebih dalam mengenai proses pembuatan kerajinan topeng batik kayu mulai dari awal hingga akhir.

 

Bagi pelancong yang sudah menjelajah pantai-pantai dan bosan dengan suasanya pantai, perlu dicoba untuk mendapatkan suasana yang berbeda dengan mengunjungi Desa Wisata Bobung.

Alamat: Jl. Yogya – Wonosari, Putat, Patuk, Putat, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862