Ciblon di Taman Wisata Tirta Tamansari (Waterbyur Bantul)

Bingung mau ke mana ketika akhir pekan tiba? Sesekali melipir sejenak ke tempat hiburan keluarga dengan wahana permainan air bisa menjadi alternative mengisi waktu luang di hari libur. Keseruan main air bersama anak teruatama ketika hawa di Jogja semakin panas tentu dapat memberikan kesegaran. Dijamin hari libur pun menjadi tak mati gaya.

 

Kolam Renang Waterbyur

 

Taman Wisata Tirta Tamansari (Waterbyur Bantul) adalah sebuah komplek kolam renang yang kawasannya lumayan luas mencapai 1.5 Ha. Di komplek ini tak hanya terdapat arena untuk berenang atau main air namun juga beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk outbond. Suasana di area sekitar cukup rindang karena masih banyak pepohonan yang ada.

 

Bila ditelaah kolam renang Tirta Sari Bantul ini memang sudah berusia cukup tua karena sudah ada sejak tahun 1987. Tempat ini merupakan pilihan hiburan yang pas bagi keluarga bagi penduduk Bantul dan sekitarnya. Tak heran bila kolam renang selalu ramai oleh pengunjung terlebih di hari libur tiba. Banyak pula rombongan anak sekolah mulai dari TK hingga SMA mengisi kegiatan bersama di area ini.

 

Suasana Taman Wisata Tirta Tamansari

 

Memasuki area tempat ini, suasanya teduh dan rindang karena banyaknya pepohonan di area luar kolam renang. Menuju ke dalam ke tempat utama yaitu kolam renang, terdapat 3 buah kolam yang sangat besar, dua kolam untuk dewasa dan kolam untuk anak- anak. Airnya bersih, bening, dan nampak biru dari kejauhan.

 

Pengunjung dewasa dapat bermain di kolam dengan kedalaman 1.2 meter sedangkan anak- anak di kolam dengan kedalaman 50 cm. Di kolam dewasa pun sudah terdapat water slide yang lumayan tinggi. Bagi yang berani meluncur dari ketinggian, slide ini tak boleh dilewatkan. Seluncuran ini tersedia dengan berbagai ukuran. Tak ada salahnya untuk mencobanya semua pumping sudah di lokasi.

 

Anak-anak tentu sangat gembira diajak main di kolam renang yang dilengkapi dengan wahana ember tumpah. Sensasi diguyur air dari atas membasahi badan pasti membuat mereka berteriak kegirangan. Selain ember tumpah, ada pula permainan busa sabun yang pastinya semakin menambah keceriaan mereka degan bermain gelembung- gelembung mandi busa.

 

Tak Hanya Kolam Renang

 

Menariknya, tempat ini tak hanya menawarkan wahana air saja seperti di Taman Air Gran Puri. Di Waterbyur Bantul pengunjung bisa sekaligus mengadakan agenda outbond untuk acara keluarga maupun instansi. Tersedia pula arena bermain anak diluar kolam renang seperti odong-odong, kereta mini, mandi bola, hingga flying fox untuk anak. Bagi anak- anak yang enggan main air bisa mencoba permainan tersebut. Atau menaiki perahu bebek bersama ayah bunda. Sedangkan untuk para orang tua yang menunggu anaknya bermain, bisa menghabiskan waktu dengan berendam kaki di kolam terapi ikan.

 

Terlebih pada hari Minggu di tempat ini ada panggung hiburan yang menampilkan music- music band indie Jogja. hal ini sangat bagus untuk memfasilitasi kreatifivitas anak muda Jogja. Pada pagi harinya biasanya diadakan senam bersama di pelataran kolam renang.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Seperti Grand Puri Waterpark di Gabusan, Waterbyur ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjungnya. Kelengkapannya antara lain area parkir yang luas, ruang bilas yang banyak, area outbond, dan tempat istirahat. Tak lupa sudah tersedia food court yang menyediakan aneka makanan ringan dan minuman untuk mengisi perut setelah lelah bermain air.

 

Jam buka kolam renang Tirta Tamansari Bantul adalah setiap hari pada pukul 07.00- 16.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiket masuk Water Byur Bantul tergolong sangat murah, hanya dengan Rp. 10.000,00 pengunjung sduah bisa bermain air sepuasnya di dalam.

 

Lokasi Waterbyur

 

Kolam Taman Tirtasari berada di Jl. Pramuka no.30 Trirenggo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi rute yang dilalui cukup mudah terlebih bila dengan menggunakan Google Maps. Wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun ojek. Jalanan menuju lokasi sudah sangat bagus. Bagaimana sudah siap ke Taman Wisata Tirta Tamansari (Waterbyur Bantul)?