Sosrowijayan: Pusat Turis Asing di Kota Jogja 

Jika kita membicarakan  tempat wisata yang ada di kota  Jogja makan atak akan  habisnya. Mulai dari tempat wisata yang berhubungan dengan sejarah, kesenian, hingga tempat wsaiata alam, banyak ditemukan disini. Maka tak heran jika kota ini menjadi tujuan wisatawan asing maupun domestik untuk berlibur. Semuanya tertarik dengan keindahan dan kecantikan yang ditawarkan oleh Jogja. Banyaknya turis yang berdatangan ini menyebabkan banyaknya bermunculan penginapan-penginapan dan sentra-sentra wisata yang semakin menambah semarak kota jogja. Jika kita bicara tentang pusat dari berkumpulnya wisatawan di kota jogja maka jalan yang satu ini tak boleh dilewatkan dan harus dikunjungi.

 

Sosrowijayan Wetan dan Kulon

Malioboro, siapa yang tak kenal dengan jalan yang paling terkenal di kota jogja ini. Dijalan utama ini lah banyak berkumpul berbagai pusat penginapan dari wisatawan yang berdatangan ke kota Jogja, salah satu jalan yang terkenal sebagai tempat kumpulnya wisatawan asing adalah jalan Sosrowijayan. Daerah ini sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua bagian dengan nama yang sama yaitu daerah wetan dan kulon. Namun, sering dengan perkembangan jaman maka daerah Wetanlah yang lebih jauh berkembang daripada daerah kulon. Dikarenakan banyaknya turis atau wisatawan yang berkumpul di lokasi ini, sehingga tempat yang satu ini juga dikenal sebagai Kampung turis di daerah Jogja.

 

Penginapan Turis Asing di Sosrowijayan

Untuk menemukan Sosrowijayan sebenarnya bukan hal susah. Lokasi Sosrowijayan sendiri tepat 200 meter dari Stasuin Tugu. Jarak yang dekat ini bisa kita tempuh dnegan berjalan kaki, atau bisa juga dengan naik becak. Sejak mulai berkembang tempat ini emmang sudah terkenal sebagai kawasan berkumpulnya para turis asing yangn berkunjung ke daerah Jogja. Sosrowijayan sendiri sudah mulai beroprasi sebagai kawasan penginapan para turis sejak tahun 80-an, bisa dibilang ini adalah tempat yang sudah tua. Jalan ini sendiri hanya berbentuk sebuah gang yang tak terlalu panjang dengan panjang kira-kira sekitar 400-500 meter. Namun, ketika kita masuk kewasan ini maka akan terlihat betapa padatnya daerah ini.

 

Tarif Penginapan Murah di Sosrowijayan

Sosrowijayan sendiri terkenal dengan banyaknya penginapan. Penginapan di Sosrowijayan ini terkenal menawarkan tarif yang lebih murah dari hotel atau penginapan lain. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya wisatawan yang berdatangan dan berkumpul di daerah ini. Untuk harga-harga yang ditawarkan di daerah bisa dibilang sangat murah dan bersaing. Disini kita masih bisa menemukan penginapan dengan harga sewa Rp 200.000. Bahkan jika kita mau masuk lebih jauh kedalam daerah ini maka kita bisa menemukan penginapan dengan harga sewa yang jauh lebih murah dan berada di bawah harga yang lain. Tentunya perbedaan harga ini juga berpengaruh pada perbedaan fasilitas yang kita dapatkan. Akan tetapi, biasanya setiap penginapan di daerah ini selalu memberikan pelayan yang maksimal dan menyenangkan. Satu hal yang menyenangkan didaerah ini adalah kebanyakan penginapan didaerah ini sangat ramah dan menyenangkan. Untuk keamanan barang sebaiknya kita juga ikut menjaga keamanan barang kita sendiri.

 

Pilihan Restoran di Sosrowijayan

Setiap tempat yang menjadi pusat dari wisatawan pasti juga memiliki berbagai macam kuliner. Begitu jga di daerah banyak bertumbuhan tempat-tempat makan yang menghidangkan berbagai masakan. Kuliner di Sosrowijayan sendiri bisa dibilang banyak di dominasi oleh resto atau cafe-cafe yang menyediakan menu masakan dengan harga yang cukup bahkan sangat miring jika dibandingkan dengan yang lain. Selain resto dan cafe juga terdapat beberapa warung makan yang menyediakan makanan traditional atau makanan rumahan dengan harga yang lebih murah. Jika malam hari, maka di jalanan ini akan banyak kita temui warung-warung tenda atau angkringan yang berjejer di daerah ini. Kebanyakan harga makanan yang ditawrkan di daerah ini jauh lebih murah, hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa wisatawan yang menginap didaerah ini adalah wisatawan yang pas-pasan.

 

Selain jalan ini banyak jalan lain yang menjadi pusat kegiatan wisatwan asing di daerah Jogja. Salah satu jalan yang juga disebut sebagai kampung turis adalah daerah Prawirotaman. Lokasi ini juga terkenal karena lokasinya yang bisa dibilang cukup dengan dengan Alun-alun Kidul yang terkenal dengan beringin kembarnya. Jika datang ke Jogja dan ingin menginap jangan lupa untuk datang dan menginap di daerah Sosrowijayan.

Alamat : jl. Sosrowijayan
Koordinat GPS : -7.791624, 110.362879
No telepon :-