20 Barang Yang Terlaris Di Pasar Klitikan Jogja

Di bawah terik matahari yang panas, suara klithik-klithik terdengar bersautan dari onderdil kendaraan bekas dan baru yang terlihat dipilih-pilih oleh pembeli. Alih-alih pergi ke toko atau bengkel resmi untuk mencari onderdil kendaraan yang mulai banyak bermunculan di kota Jogja, banyak pembeli memilih bertransaksi dengan penjual kaki lima yang menggelar lapak di pinggir jalan dari pagi hingga sore hari.

 

Pasar Klitikan JogjaPhoto – Jogja.Tribun News

 

Panasnya matahari tidak menyurutkan antusias pembeli dan penjual. “Lumayan mas, kalau beli onderdil disini bisa dapat setengah harga dari beli di toko” ujar bapak paruh baya yang mengaku jadi langganan di pasar Klithikan. Sejak tahun 1980-an, pasar Klithikan yang kala itu masih mengambil tempat di pinggir jalan mulai ramai dipenuhi penjual onderdil bekas untuk kendaraan bermotor.

 

Setelah lebih dari 30 tahun, pasar yang ,menjual barang second ini mengalami perkembangan yang pesat termasuk pemindahan pasar ke lokasi baru sejak tahun 2007 yang kemudian dikenal dengan Pasar Klithikan Pakuncen. Berbagai barang kini dijual disini meliputi onderdil kendaraan, barang antik, pakaian dll yang banyak diburu oleh kolekktor.

 

Siang itu, sejumlah pembeli dan penjual terlihat asyik larut tawar-menawar di depan koleksi barang tua yang ditata apik di kios yang berjejer panjang. Gramaphone tua terbuat dari kuningan jelas mencuri perhatian di antara tumpukan barang-barang tua yang sudah mulai berubah warna namun tetap menawan.

 

Di sudut kios yang lain, seorang penjual nampak berhati-hati membersihkan barang dagangannya sembari menata dan menonjolkan barang yang paling banyak dicari pembeli. Tua bukan berarti uzur untuk barang-barang yang dijual di pasar Klithikan ini melainkan unik dan berharga. Tidak sedikit barang yang ditawarkan seharga mobil baru yang keluar dari show room.

 

Buat kolektor barang antik, Pasar Klithikan Jogja tak ubahnya surga yang sangat menggiurkan untuk dijelajahi. Meski harus berjibaku dengan panas, debu dan udara luar yang terkadang kurang bersahabat, pembeli dan penjual masih antusias untuk saling berinteraksi.

 

Jika di pusat perbelanjaan modern kita dimanja dengan Ace Hardware dan Informa maka pusat perbelanjaan tradisional di Jogja memanjakan kita dengan Pasar Klithikan, tempat penjualan barang-barang bekas maupun baru. Dengan harga yang lebih murah dibandingkan di tempat lain, jumlah pelanggan setia pasar ini terus bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan, tidak jarang pelanggan yang datang menggunakan mobil.

 

Beroperasi dari pagi hingga malam hari, setidaknya ratusan pengunjung berkunjung ke pasar jual barang bekas ini setiap hari. Pada liburan panjang, penjual bahkan bisa mendapatkan omset hingga dua kali lipat dari hari biasa. Seperti layaknya pasar tradisional, sedikit usaha untuk tawar-menawar diperlukan ketika bertransaksi agar mendapat harga yang paling rendah.

 

Jika masyarakat lokal berburu onderdil kendaraan bekas dan baru lain halnya dengan wisatawan yang justru berburu barang antik dan unik. Menurut penelusuran oleh tim redaksi, kami berhasil menyusun daftar barang terlaris di Pasar Klithikan yang paling banyak dicari pembeli. Simak daftarnya di bawah ini:

 

  1. Onderdil bekas dan baru untuk kendaraan roda dua (velg, roda, spion dan lain-lain)
  2. Onderdil bekas dan baru untuk kendaraan roda empat (ban, roda, bemper dan lain-lain)
  3. Onderdil bekas dan baru untuk sepeda
  4. Logo merek motor dari berbagai jenis mobil termasuk mobil tua dan antik
  5. Pakaian bekas yang unik
  6. Novel-novel stensilan
  7. Radio tua berbagai ukuran untuk menambah koleksi
  8. Koleksi piringan hitam berbagai artis
  9. Gramaphone atau alat pemutar piringan hitam
  10. Telepon kuno yang terbuat dari bahan kuningan
  11. Aksesoris motor berbagai merk
  12. Aksesoris mobil berbagai merk
  13. Aksesoris rumah berbagai bentuk seperti vas, asbak dan lain-lain
  14. Sepeda onthel tua yang antik
  15. Sepeda motor tua seperti RX King dan kawan-kawan
  16. Uang recehan rupiah kuno yang sering dipakai untuk mas kawin
  17. Koleksi perangko kuno dan terbatas dari berbagai negara dan tahun penerbitan untuk kolektor perangko
  18. Barang-barang elektronik tua yang masih dapat digunakan
  19. Mebel dan furniture kuno seperti satu set sofa tua, meja, kursi, lemari dan rak buku
  20. Hewan lucu nan imut seperti hamster

 

Berbagai koleksi barang menarik yang ditawarkan oleh Pasar Klithikan memang tiada duanya. Bahkan, bagi kolektor barang antik, waktu satu hari tidak cukup untuk puas menjelajah seluruh sudut di pasar ini. Tidak heran jika banyak pengunjung yang datang berkali-kali ke pasar tradisional yang unik ini.

 

Selain Pasar Klithikan, Jogja juga punya beberapa pasar tradisional lain sebagai pusat wisata belanja yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi seperti Pasar Kotagede untuk pecinta kerajinan perak, Pasar Bringharjo untuk pecinta produk batik, Pasar Pasty untuk pecinta binatang dan Jogjatronik untuk Anda yang ingin berniat membeli gadget baru dengan harga yang lebih miring dibanding di mall.