Pantai Wediombo Yang Menakjubkan

Mencari tempat liburan bisa karena banyak pertimbangan. Misalnya pertimbangan lokasi. Bisa juga karena karakteristik tempat yang dituju. Atau mungkin karena keindahan tempat tersebut kemudian didukung dengan spot menarik untuk pengambilan foto. Biasanya hal ini berkaitan erat dengan wisata alam seperti pantai. Tempat-tempat yang sering dijadikan lokasi untuk foto pre-weddiing. Salah satu pantai yang keindahannya sudah cukup dikenal yaitu Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta. 

 

Tentang Pantai Wediombo

 

Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai populer di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya berada di Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo. Wediombo berasal dari bahasa jawa yang berarti pasir yang luas. Hanya saja pantai ini tidak seperti namanya karena hamparan pasirnya sebenarnya tidak terlalu luas namun lebih luas dibandingkan Pantai Pesewan maupun Pantai Nglegundi.

 

Berdasarkan gambar Pantai Wediombo bisa dilihat bahwa pantai ini didominasi batuan  karang sedangkan pasir putihnya tidak terlalu luas. Anda akan melihat pula dominasi bukit karang di sebelah barat dan timur. Hal ini membuat area pasir pun tidak terlalu luas. Meskipun tidak terlalu luas justru inilah yang menjadi karakteristiknya.

 

Adanya bukit-bukit karang berpadu dengan hamparan pasir kemudian adanya semacam kolam yang terbentuk secara alami dari batu karang memberikan pemandangan yang eksotis. Sangat menarik dan memanjakan mata. Tidak salah jika belakangan semakin banyak pengunjung di pantai ini. Apalagi tiket masuk Pantai Wediombo juga cukup bersahabat.

 

Rute Menuju Wediombo

 

Pantai-pantai di Gunungkidul biasanya saling berdekatan namun untuk pantai ini relatif jauh dari pantai populer seperti Pantai Pulang Syawal, Krakal dan Baron. Begitu pula dengan Pantai Bungusan yang belum terlalu dikenal. Jika Anda memulai perjalanan dari arah Yogkarta maka harus menuju Gunungkidul melalui jalan Wonosari menuju kota Wonosari.

 

Selanjutnya perjalanan ke arah timur melalui Pasar Wonosari. Pada pertigaan setelah melewati pasar lalu ambil kanan ke Pantai Baron. Sekitar 10 km kemudian akan bertemu pertigaan dimana Anda akan menemukan petunjuk menuju arah Pantai Pulang Syawal dan Wediombo. Ikuti saja petunjuk arah tersebut. Jika Anda sangsi sudah mengambil arah tepat atau belum maka Anda bisa bertanya kepada warga sekitar.

 

Lalu perjalanan dilanjutkan hingga Anda sampai di Pasar Jepitu. Anda akan menemukan pertigaan, ambil ke kanan sekitar 5 km. Anda sampai di tempat parkir. Selanjutnya Anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga. Persiapkan fisik Anda untuk perjalanan ini. Beruntung, tempat ini telah didukung berbagai fasilitas seperti toilet dan musholla.

 

Kemudian ada pula beberapa warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan ikan laut, nasi thiwul dan belalang goreng. Sayangnya jika Anda mencari penginapan Pantai Wediombo  seperti hotel, losmen atau homestay maka belum akan menemukan karena belum tersedia. Penginapan terdekat berada di sekitar Pantai Pulang Syawal.

 

Camping di Wediombo

 

Meskipun penginapan belum tersedia bukan berarti Anda akan melewatkan keseruan bermalam di pantai ini. Jika Anda liburan beramai-ramai dengan teman atau sahabat maka tidak ada salahnya mencoba camping di pantai ini. Tidak sedikit anak muda yang menghabiskan malam minggu atau masa liburan dengan camping di pantai ini. Menikmati keseruan malam yang dingin namun hangat dengan kebersamaan. Inilah salah satu keunggulan pantai-pantai di Gunungkidul yang sering dijadikan sebagai lokasi camping. Termasuk di Pantai Krokoh dan deretan pantai sepi pengunjung lainnya.

 

Berendam sambil Menikmati Matahari Terbenam

 

Saat berada di Pantai Mengetan tentu berbeda saat berada di Wediombo. Itulah mengapa Anda perlu menghabiskan malam di pantai ini. Pasalnya di Wediombo terdapat sebuah kolam kecil sedalam sekitar 1,5 meter. Kolam tersebut terbentuk secara alami dan sering menjadi tempat alternatif untuk mandi atau berenang selain di laut. Menariknya lagi di kolam tersebut merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

 

Pantai yang menghadap ke barat, tebing di sekitar yang letaknya agak menjorok memberikan pemandangan sunset yang epik. Pengalaman ini tentu tidak akan Anda dapatkan di tempat lain. Anda pun akan memperoleh pengalaman liburan yang tidak terlupakan di Pantai Wediombo Gunungkidul ini. Untuk menikmati pantai ini dengan temen-temen anda, anda bisa memilih paket liburan Jogja.

 
Alamat:  Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul