Pantai Nampu Gunungkidul Yang Mempesona

Bagi penggemar pantai, setiap kali melihat bentangan pasir pantai yang memanjang sekalipun dari kejauhan sudah mampu  membuatnya sangat gembira. Semakin dekat kemudian mendengarkan suara debur ombak semakin membuat tersenyum lebar dan saat merasakan hembusan angin lautnya membuatnya memejamkan mata dan menikmati setiap momen yang ada. Pantai selalu mampu mencuri perhatiannya dimanapun lokasinya apalagi yang berada di Jogja. Termasuk dengan pesona Pantai Nampu Gunungkidul.

 

Mengenal Pantai Nampu

 

Jika Anda ingin mengunjungi pantai Nampu maka Anda harus meluangkan waktu pergi ke Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Anda tidak perlu merasa bingung karena nama pantai ini seperti nama pantai di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebagai catatan bahwa Pantai Nampu Gunungkidul ini berada di kawasan Pantai Wediombo tepatnya di sebelah utaranya. Wajar apabila dikatakan bahwa pantai ini memiliki daya tarik seperti Wediombo dengan garis panainya yang sama. Daya tarik lainnya berada pada kawasan nelayan dan keindahan panorama dari atas bukit yang kemudian lebih dikenal dengan nama Bukit Indah Nampu.

 

Membeli Ikan dari Para Nelayan

 

Hal yang membedakannya dengan Wediombo tentu saja keberadaan para nelayan di pantai. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak pantai lain di Gunungkidul namun hasil tangkapan para nelayan langsung ditimbang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Nampu Wediombo. Ikan-ikan tersebut kemudian dibawa ke TPI yang lebih besar seperti yang di Pantai Sadeng dan Drini. Keunggulan lainnya adalah ketika Anda berada di sini, Anda bisa membeli ikan hasil tangkapan para nelayan.

 

Jika Anda berkesempatan bertemu mereka yang baru pulang dari melaut maka Anda bisa langsung membeli dari mereka. Cara lain tentu saja membeli ikan hasil tangkapan tersebut  di TPI. Anda bisa menikmati suasana pantai yang sepi, tempat paling nyaman untuk ngobrol sambil menikmati makanan kecil dan minuman ringan. Bisa juga menikmati pemandangan dari ketinggian di atas Bukit Indah. Sangat pas sebagai tempat alternatif untuk liburan. Bisa menikmati pemandangan bahkan saat pulang bisa membeli oleh-oleh berupa ikan hasil tangkapan para nelayan. Pantai ini memang hadir dengan segala pesonanya melalui harga tiket masuk Pantai Nampu yang cukup terjangkau mampu memberikan liburan yang menyenangkan.

 

Menuju Pantai Nampu

 

Berbeda dengan Pantai Baron untuk menuju Nampu Anda bisa menggunakan dua cara. Pertama melalui jalan utama menuju Pantai Nampu dan Bukit Indah. Cara ini merupakan jarak termudah. Apalagi begitu sampai di dasar bukit, Anda bisa menikmati suasana pantai dan juga bisa menikmati pemandangan pantai dari atas bukit. Kedua, Anda bisa menyisir Pantai Wediombo ke utara. Bukit Indah Nampu sendiri lokasinya dekat dengan area parkir. Anda bisa menyusuri jalan setapak yang ada namun harus berhati-hati karena cukup licin. Anda pun bisa memperoleh spot terbaik menikmati pemandangan dari atas. Tepatnya ketika berada di tikungan jalan menurun. Dari tempat tersebut Anda bisa melihat garis pantai dari atas bukit membentuk seakan-akan seperti buan sabit.

 

Saat berada di tikungan tersebut sebaiknya mengetahui kapan waktu berhenti dan kapan melanjutkan perjalanan kembali. Pasalnya pengunjung lain pun banyak yang mengambil foto di tempat tersebut jadi jangan sampai terlalu lama sehingga bisa bergantian dan tidak menimbulkan kemacetan. Perjalanan dilanjutkan dengan menuruni jalan setapak. Begitu sampai di gerbang masuk kawasan pantai Adan akan menemukan bangunan TPI dan kamar mandi umum. Jelas sebuah pemandangan yang tidak akan Anda temukan ketika mengunjungi Pantai Mbrumbun.

 

Tidak Banyak Warung Makan

 

Jika Anda penasaran dengan sejarah Pantai Nampu Anda bisa singgah sejenak diantara warung yang ada di sekitar pantai. Warung makanan memang tidak banyak sehingga bisa dipastikan akan ramai pengunjung. Nah, Anda bisa bertanya pada warga sekitar yang ditemui di sana sekaligus berinteraksi dengan mereka. Meskipun tidak banyak pilihan makanan maupun minuman namun untuk sekedar menyatu dengan warga sekitar maka sudah sangat membantu.

 

Melalui interaksi dengan warga lokal sering memperoleh banyak kejutan. Jadi selalu jaga sopan santun dan tetap ramah menyapa mereka. Tidak ada salahnya membawa banyak perbekalan makanan maupun minuman mengingat Anda harus melewati jalan setapak menuju Pantai Nampu Gunungkidul sehingga tidak akan kelelahan selama perjalanan. Ingin menikmati pantai ini bersama keluarga? Ada banyak paket wisata Yogyakarta yang menawarkan destinasi wisata ini.

 
Alamat: Area Hutan, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55883