Pesona Pantai Lolang

Meningkatnya keinginan untuk liburan biasanya mendorong orang untuk mencari tempat-tempat liburan yang menyenangkan. Pantai pun menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan, konon liburan di tempat yang berair seperti sungai, danau dan laut mampu menenangkan pikiran. Ternyata berdasarkan penelitian, hal tersebut benar adanya. Ditambah dengan warna hijau atau biru pada air laut juga dikatakan mampu menurunkan level stress. Didukung dengan suara debur ombak yang semakin memberikan efek rileks. Jadi, jangan heran ya, kalau diajak pasangan ke pantai. Salah satunya adalah Pantai Lolang Gunungkidul Jogja.

 

Tentang Pantai Lolang

 

Anda harus pergi ke Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul untuk bisa mengunjungi Pantai Lolang. Pantai ini merupakan salah satu deretan pantai tersembunyi karena lokasinya memang di balik gunung meskipun tidak terlalu jauh dari Pantai Sepanjang. Tepatnya di sebelah barat pantai.

 

Memiliki pemandangan yang memukau dengan pasir putihnya ditambah dengan adanya pohon duras yang berada di sekitar lokasi. Pandan lautnya juga cukup rimbun di pantai ini. Pantai yang tidak terlalu luas, lebarnya pun hanya sekitar 20 meter. Namun bisa memuaskan para pengunjung yang ingin bermain-main air.

 

Misalnya saat air surut, Anda bisa melihat batu-batu karang yang ada bahkan bisa melewatinya. Tetapi Anda harus berhati-hati karena bisa dipastikan batu karang tersebut cukup licin. Pantai ini pun kaya dengan biota lautnya.

 

Berbeda dengan pantai kukup yang dipadati pengunjung, pantai ini lebih tenang dan nyaman untuk menyepi. Atau bisa juga berjalan mengelilingi pantai, melihat setiap sudut pantai. Ukuran pantai yang tidak terlalu luas akan memudahkan untuk melihat setiap sudutnya.

 

Biasanya saat di pantai, orang akan terpaku bermain air dan berlarian saat ombak datang. Namun karena luasnya pantai membuat mereka tidak mengeksplore pantai secara menyeluruh. Padahal bisa jadi ada sesuatu yang menarik dan terlewatkan.

 

Seperti di lolang ini, ada sebuah saluran seperti jembatan namun bentuknya seperti selokan. Nah, setiap kali air pasang, ketika semua permukaan pantai tertutup air, nantinya air tersebut akan dialirkan melalui saluran air terutama saat air sudah terlalu banyak.

 

Bisa Camping di Pantai

 

Berbeda dengan pantai baron yang sudah dikelola secara profesional sehingga didukung dengan berbagai fasilitas untuk umum. Mulai dari tempat parkir hingga penginapan yang mudah ditemukan. Sehingga bukan hal mustahil untuk mendengarkan suara debur ombak saat malam.

 

Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menikmati suara debur ombak saat malam di Lolang. Pasalnya Anda bisa camping di pantai ini. Tentu saja, tenda tidak dipasang di bibir pantai karena bisa saja terseret air pasang. Tenda bisa dipasang di atas bukit misalnya berada di cekungan bukit sehingga bisa melihat pantai lolang dari atas. Keuntungannya Anda bisa melihat matahari terbenam dari angle yang berbeda. Debur ombak pun menemani sepanjang malam.

 

Jaga Kebersihan

 

Anda memang bisa camping di pantai tersebut namun selalu jaga kebersihan. Jadi Anda bisa menikmati camping, menikmati bekal atau memasak di lokasi dengan api unggun dan suara debur ombak. Tetapi jangan lupa membersihkan sisa-sisa camping sebelum meninggalkan lokasi.

 

Dewasa ini orang cenderung lebih menikmati selama berada di pantai namun melupakan untuk menjaga kebersihan. Buang sampah sembarangan dan mengharapkan ada orang lain yang membersihkannya. Apalagi di pantai-pantai yang sepi pengunjung dan minim fasilitas pendukung salah satunya tempat sampah. Maka sampah pengunjung ya pengunjung sendiri yang membersihkannya.

 

Rileks Selama di Pantai

 

Setiap pantai selalu unik dan menarik begitu pun dengan pantai porok dengan biota lautnya. Namun terlepas dari hal tersebut, yang paling penting tentu saja menikmati setiap momen ketika berada di pantai. Apalagi pantai ini memiliki potensi dengan keindahan alamnya.

 

Menikmati setiap debur ombak yang bertemu karang, suara angin berdesir, melihat ikan-ikan berenang, melihat aktifitas warga sekitar yang mungkin terlihat, menyapa sesama pengunjung, melihat pohon-pohon atau perbukitan yang mengitarinya dan sebagainya. Hal-hal tersebut belum tentu Anda lakukan saat berada di pantai-pantai yang sudah ramai pengunjung. Jadi, kapan rencana Anda untuk mengunjungi Pantai Lolang? Nikmati kemudahan mengunjungi pantai ini dengan memilih paket wisata Jogja murah dari agen wisata.

 

Alamat:  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY