Menjelajah Goa Cerme dan Rasakan Aura Mistisnya

Bagi wisatawan yang suka petualangan dan tantangan, datang ke tempat- tempat baru yang belum pernah di-explore adalah suatu hal yang seru. Terlebih bila tempat tersebut memiliki aura lain seperti nilai mistik atau mitos yang berkembang, semakin menambah rasa penasaran ingin tahu seperti apakah menjelajah tempat itu. Salah satunya adalah Goa Cerme yang ada di Bantul.

 

Kemistikan Goa Cerme

 

Seperti Goa Selarong yang erat kaitannya dengan Pangeran Diponegoro, mitos Goa Cerme adalah tempat pertemuan Walisongo untuk membahas mengenai dakwah Islam yang dilakukan di daerah tersebut, juga membahas pendirian Masjid Demak. Hingga penamaan goa ini pun berasal dari kata ceramah yang banyak dilakukan oleh para wali dalam penyebaran agama tersebut.

 

Banyak yang bilang Goa Cerme angker karena memang dalamnya goa dan tak cukup penerangan yang membuat goa terkesan gelap. Terlebih memang goa ini masih sering dijadikan tempat semedi atau menyepi bagi pengunjung dengan segala perlengkapannya seperti dupa. Sehingga bau dupa yang menyeruak dalam keheningan goa menambah kesan mistik tersebut. Biasanya para pengunjung yang bertapa ini justru datang dari luar kota.

 

Suasana Dalam Goa

 

Goa ini terletak di ketinggian kurang lebih 500 meter dari permukaan laut, untuk menuju ke goa sudah dibuat jalan yang baik. Daya tarik yang ditawarkan di goa ini tentu saja aktivitas menyusur goa. Pengunjung menjelajah dalam goa sepanjang hingga 1,5km dengan perbedaan panorama yang ada di dalamnya. Sepanjang goa pengunjung disuguhi stalagit dan stalagmite yang indah. Tak hanya itu namun juga terdapat aliran sungai bawah tanah tidak ada air tejun Goa Cerme.

 

Yang paling seru adalah menjelajah goa dengan aliran sungai bawah tanah. ketinggian dan deras air berbeda- beda, asyiknya air di dalam goa ini bening bahkan bisa diminum. Keadaan lorong goa sangat gelap dan bercabang, perjalanan menyusur tambah semakin misitk karena ditambah dengan aroma dupa pengunjung yang bertapa.

 

Tersedia Pemandu

 

Untuk menyusur Goa Cerme, pengunjung harus menggunakan pemandu goa. Biasanya pengunjung datang berkelompok atau rombongan dan akan didampingi oleh pemandu. Pengunjung harus mengikuti arahan sang pemandu karena mereka sudah mengerti seluk beluk goa, dan demi keleselamatan para pengunjung itu sendiri.

 

Untuk menyusur goa, pengunjung boleh membawa peralatan caving sendiri atau menyewa di lokasi goa. Jasa untuk menyewa perlatan dan pemandu masih sangat terjangkau. tim pemandu yang masih dikelola penduduk setempat ini mematok harga sekitar Rp 50.000,00 untuk rombongan di bawah 15 orang, atau dikenakan biaya Rp4.000,oo/ orang bila rombongan dalam jumlah besar. Masih tergolong sangat murah bukan?

 

Persiapan Peserta Susur Goa

 

Terkadang pengunjung tidak memperhatikan perlengkapan yang sesuai ketika mengunjungi suatu tempat untuk beraktivitas. Bila kegiatan yang dilakukan adalah susur goa maka sebaiknya memakai dan membawa perlengkapan yang menunjang aktivitas ini. Tidak seperti Goa Lowo yang bisa didatangi hanya dengan perlengkapan yang biasa. Medan susur Goa Cerme cukup menantang sehingga peserta harus memakai sepatu khusus untuk trekking agar tidak terpeleset dalam goa. Selain itu membawa perlengkapan seperti senter, pakaian ganti, dan kebutuhan pribadi. Perhatikan pula cuaca yang pas untuk menyusur goa. Tentunya jika kondisi tidak mendukung sebaiknya aktivitas ini ditunda dulu demi keselamatan.

 

Lokasi Goa Cerme

 

Goa Cerme tepatnya berada di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Lokasinya berada sejauh 20km dari pusat kota Jogja. Rute yang ditempuh bisa melalui Ring Road Selatan menuju Jalan Imogiri Timur hingga menemukan pertigaan. Di situ nanti aka nada papan petunjuk menuju Goa Cerme. Akses jalanan sudah sangat baik bisa dijangkau degan kendaraan umum maupun pribadi.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Fasilitas di Goa Payaman mungkin belum selengkap di Kawasan Goa Cerme yang sudah dilengkapi sarana yang mendukung kenyamanan para pengunjungnya. Fasilitas yang tersedia antara lain seperti toilet, tempat istirahat, warung, persewaan alat dan pemandu.

 

Goa ini buka setiap hari dengan biaya masuk Rp 3.000,00 dan untuk susur goa dikenakan tarif tambahan perkelompok untuk jasa pemandu.