7 Pesona Pantai Glagah yang Sayang untuk Dilewatkan

Bila sudah banyak dibahas mengenai pantai-pantai di Bantul maupun Gunungkidul, Kulon Progo juga memiliki pantai yang pesonanya tak dapat dipungkiri indahnya.  Terlebih bila datang ke sana pada waktu siang hingga sore saat matahari terbenam.  Pengunjung pun bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai Glagah ini.

 

Lokasi dan Rute Pantai Glagah

 

Alamat Pantai Glagah berada di Jalan Glagah, Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo.  Dari pusat kota Jogja hanya berjarak sekitar 15km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 40 menit.  Rute yang bisa diambil untuk menuju lokasi dari pusat kota Jogja adalah melalui Jalan Wates hingga Kota Wates ke arah Purworejo, ikuti jalan hingga menemukan petunjuk untuk belok kiri ke Pantai Glagah.

 

Akses jalan menuju lokasi sudah sangat baik, bila pengunjung mengalami kesulitan maka bisa mengandalkan bantuan Google Maps.

 

Pesona Pantai

 

Seperti datang ke Curug Grojogan Sewu maupun ke Pantai Bugel, pengunjung yang datang ke pantai biasanya akan bermain air laut atau bermain pasir.  Namun apakah hanya hal tersebut yang bisa dilakukan di Pantai Glagah?

 

Pantai ini tergolong yang memiliki fasilitas lengkap seperti area parkir, mushola, toilet, warung makan seafood, tempat istirahat, dan penyewaan ATV. Dengan harga tiket masuk Pantai Glagah sebesar Rp 4. 000,00/ orang ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti:

 

Tetrapod di Dermaga

 

Bisa dibilang inilah yang mencirikan Pantai Glagah, keberadaan tetrapod yang terbuat dari beton berkaki empat yang fungsinya sebagai pemecah gelombang. Mungkin keberadaan tetrapod ini hanya bisa ditemui di Pantai Glagah. Tetrapod ini digunakan untuk menghalangi ombak pantai yang terkenal besar untuk masuk hingga meluas kedaratan.

 

Di antara banyak terapod yang dipasang, terdapat jalan di tengahnya untuk menuju ke dermaga pantai. nah, biasanya di sinilah banyak digunakan pengunjung untuk memancing, sekedar duduk, dan berfoto- foto.  Berfoto dengan background tetrapod sangat unik dan fotogenic.

 

Laguna

 

Ikon ini juga menjadi andalan yaitu Laguna Pantai Glagah. Laguna pantai terbentuk karena adanya air laut yang pasang mengisi cekungan daratan yang luas hingga membentuk telaga yang sangat luas. Airnya tenang dan tidak berombak seperti di pantai. Karena luasnya laguna ini pun dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas air seperti perahu kayuh, kano, dan sepeda air.

 

Memancing Ikan

 

Banyak pengunjung yang datang untuk memancing. Mereka bisa memancing di area laguna dan tetrapod. Pemancing yang sudah mahir biasanya memancing di tetrapod dengan ombak yang cukup besar. Bila ingin santai, pengunjung bisa memancing di laguna. Jenis ikan yang ada di laguna pun beragam mulai dari gabus hingga kakap bakau.

 

Kebun Buah

 

Selain aktivitas di pantai pengunjung bisa datang ke Agrowisata Kusumo Wanadri yang berisi perkebunan buah naga. Di area agrowisata ini terdapat aneka wahana untuk outbond seperti flying fox dan futsal pantai.  pengunjung bisa menjelajah area kebun buah naga sembari mendengarkan penjelasan mengenai buah naga dan pemanfaatannya.  Jangan lupa untuk memetik buahnya langsung dari pohonnya untuk oleh- oleh dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Cagar Budaya

 

Masih di kawasan pantai, terdapat situs bersejarah yaitu Stupa Cagar Budaya yang terdapat batu Stupa Glagah. Situs ini berbeda dengan Pesanggarahan Glagah, situs ini konon adalah tempat pertapaan anak gadis bupati Cangakmengeng, Nyi Sekar Kenanga. Menurut keterangan para warga stupa ini berasal dari abad ke 6 Masehi.

 

Naik ATV

 

Bosan duduk- duduk saja di pantai atau sudah lelah berkeliling pantai?di area pantai terdapat penyewaan ATV yang dapat membawa pengunjung mengelilingi setiap sudut pantai tanpa capek berjalan kaki.  Pengunjung bisa menyewanya dengan membayar biaya tertentu. Berkendara di atas tumpukan pasir sambil semilir angin pantai tentu sangat seru.

 

Sunset

 

Bila sudah bermain dari siang hari, jangan buru-buru pulang.  Pengunjung bisa beristirahat di jalur ke dermaga atau gazebo yang tersedia di pantai sembari menikmati jajanan dan olahan sea food yang tersedia. Ketika sore nikmati panorama matahari terbenam Pantai Glagah di ujung pantai perlahan sinarnya menghilang berganti malam.