Keseruan Memancing di Pantai Celeng Tibo

Memancing termasuk salah satu jenis kegiatan yang disukai kaum adam. Meskipun ada juga kaum hawa yang menyukai hobi satu ini namun sebagian besar pemancing yang ada adalah para pria. Apalagi jika memancing di kawasan ekstrem. Kawasan memancing yang tidak biasa. Lokasi yang dipilih biasanya terpencil dan cukup menantang. Misalnya di pantai-pantai dengan batu karang maupun tebing yang tempatnya terpencil. Tempat-tempat yang tidak banyak diketahui banyak orang Yogja khususnya yang ingin sekedar melakukan perjalanan wisata. Salah satunya adalah Pantai Celeng Tibo.

 

Tentang Pantai Celeng Tibo

 

Jika Anda memiliki hobi memancing di tempat-tempat yang antimainstreem maka harus mencoba memancing di Pantai Celeng Tibo. Mungkin belum banyak yang mengenal pantai yang berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Biasanya para pengunjunjung pantai ini memang para penggemar aktifitas memancing. Khususnya memancing di tempat-tempat yang memiliki spot menantang.

 

Salah satunya adalah spot mancing di tebing laut. Biasanya aktifitas ini dilakukan secara berkelompok. Ada yang memang sudah berbentuk komunitas memancing. Ada pula yang sekedar kumpul-kumpul sesama penggemar aktifitas ini. Nah, pantai celengtibo merupakan salah satu pantai yang dikenal dengan spot asyik untuk memancing. Cenderung tenang, banyak ikan dengan pemandangan yang mengagumkan. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Kesirat. Bahkan beberapa diantaranya memperoleh informasi mengenai pantai ini karena sebelumnya akan menuju Kesirat.

 

Keunggulan Pantai Celeng Tibo

 

Mengapa harus meluangkan waktu untuk mancing di pantai celeng tibo? Ketika berada di pantai ini Anda akan menemukan celah tebing. Celah tersebut terletak diantara tebing pantai. Para nelayan atau pengunjung banyak yang memancing di sebua bangunan bambu.

 

Bangunan tersebut berada di tepi tebing karang. Spot yang sangat nyaman untuk memancing. Lebih tenang dibandingkan di Pantai Kesirat dengan pemandangan alam yang juga menawan. Meskipun untuk mencapainya perlu melewati jalan setapak dan membutuhkan waktu setidaknya 10 hingga 15 menit dari Pantai Kesirat namun lelah akan terbayar lunas ketika mencapai  pantai ini.

 

Pantai Celengtibo memang sering menjadi alternatif memancing ketika para nelayang maupun para pemancing merasa bosan memancing di Pantai Kesirat. Atau ketika di Kesirat terlalu penuh para pemancing dari berbagai tempat. Toh, pemandangan alam yang ditawarkan hampir sama dan jelas mempesona. Pantai ini memang sudah  dikenal para nelayan atau pemancing lain sebagai lokasi rock fishing.

 

Suasananya jelas berbeda dengan pantai torohudan namun tetap saja pantai ini banyak direkomendasikan. Memancing memang membutuhkan kesabaran itulah mengapa tempat memancing memiliki peranan penting. Memancing bukan sekedar mencari ikan namun bagaimana menjalani setiap proses yang ada. Bahkan ada yang memancing untuk mengurangi rasa stress atau beban pikiran karena berbagai hal.

 

Harus Berhati-hati

 

Meskipun pantai untuk mancing di jogja itu selalu mampu mencuri perhatian namun untuk mencapainya Anda harus berhati-hati. Hall ini tidak lain karena lokasinya berada di tempat yang sulit dijangkau. Bahkan harus melalui jalan setapak. Dimana kanan kiri jalan tersebut merupakan tebing. Bukan itu saja namun juga tertutupi dengan semak-semak. Salah langkah sedikit saja bisa-bisa membuat Anda tergelincir atau terpeleset.

 

Jadi pastikan Anda mengenakan alas kaki yang tidak licin dan selalu perhatikan langkah yang diambil. Anda boleh saja bersemangat untuk melihat pantai maupun ingin segera menancapkan kail di pancing Anda namun sebaiknya bersabar, berhati-hati sehingga tetap aman sampai tujuan. Sikap waspada ini perlu diterapkan juga ketika mengunjungi lokasi lain apalagi pantai-pantai yang memang masih baru seperti pantai Ngrawah maupun pantai lain.

 

Mencari Pantai Celengtibo

 

Setiap pantai baru selalu memiliki rute sendiri. Saat pertama kali ditemukan pun pantai ngrenahan  juga sulit dicari. Namun pada pertemuan selanjutnya pasti akan lebih mudah ditemukan. Begitu pula dengan Pantai Celengtibo. Bisa saja saat menemukan pantai ini karena sebenarnya tujuan utama adalah Pantai Kesirat.

 

Namun karena bertemu dengan warga setempat maupun nelayan atau pemancing lalu berinteraksi kemudian memperoleh rekomendasi mengenai pantai ini. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Kesirat. Bahkan untuk parkir kendaraan pun sebenarnya jadi satu ketika akan mengunjungi Kesirat. Jadi untuk mencari Pantai Celeng Tibo Anda bisa bertanya pada warga setempat yang akan membantu dengan senang hati.