Beranikah Anda Berpetualang ke Pantai Grigak?

Hal menantang menuju tempat terpencil atau belum banyak diketahui orang adalah siap bertemu dengan segala situasi maupun kondisi. Kesulitan utama tentu saja mencari lokasi. Belum lagi jika jalanan yang dilalui adalah jalan tanah berbatu. Berkunjung saat musim hujan maka sudah jelas semakin menantang. Karena licin dan siap jatuh bangun untuk menyelesaikan perjalanan. Namun semua lelah akan terbayar ketika bertemu kejutan menyenangkan. Pantai yang tidak banyak dikunjungi, sepi seperti milik sendiri.

Tentang Pantai Grigak

Pengalaman berpetualang yang menyenangkan tentu saja saat mengunjungi Pantai Grigak. Sebuah pantai baru yang bisa dikunjungi di dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Saat bertemu dengan orang baru  biasanya kita langsung menemukan kesan pertama. Apakah ia menarik, ramah, baik dan seterusnya. Begitu pula saat bertemu pertama kali dengan pantai grigak gunung kidul. Keindahan alaminya begitu terpancar.

 

Tenang dan damai dengan suara ombak yang mendayu. Hembusan angin semakin menambah keseruan selama berada di sana. Apalagi pantai ini cenderung berbeda dengan pantai kebanyakan. Pantai-pantai yang biasanya ditemui tentu saja penuh dengan hamparan pasirnya dan batu karang yang menghiasi di beberapa titik. Namun tidak demikian dengan pantai ini. Pantai yang memberikan kejutan yang menawan dan menawarkan kekaguman terhadap keindahan alam.

 

Lalu apa yang membuat pantai ini begitu istimewa? Jika pantai lain Anda bisa menemukan hamparan pasir hitam atau putih maka tidak demikian dengan pantai grigak panggang. Pantai ini didominasi dengan batu-batu karang yang  memiliki bentuk beragam. Nah, hal yang membuat semakin menarik adalah di antara celah-celah batu karang tersebut Anda bisa menemukan beragam biota laut. Misalnya saja kerang, kepiting, ikan-ikan kecil dan sebagainya.

 

Karena didominasi kerang, ada baiknya jika mengunjungi pantai ini agar lebih berhati-hati saat berjalan-jalan. Setidaknya Anda bisa tetap memakai alas kaki untuk mencegah telapak kaki terluka. Menikmati pemandangan kemudian mengabadikannya dalam lensa kamera Anda pasti akan memperoleh banyak angle menarik. Koleksi foto yang dimiliki pun semakin lengkap.

Belum Banyak Fasilitas Pendukung

Inilah tantangan ketika menemukan pantai-pantai baru. Tantangan yang sama pasti dirasakan pula ketika mengunjungi pantai lain yang memang belum banyak dikenal seperti pantai dadap ayam. Tantangan apakah itu? tentu saja belum banyak atau nyaris tidak ada fasilitas pendukung. Misalnya kamar mandi, warung makan, tempat ibadah dan sebagainya.

 

Jadi sebelum melakukan perjalanan pastikan melakukan persiapan secukupnya. Seperti membawa bekal makanan dan minuman secukupnya. Jika khawatir ingin buang air kecil ya sebelum ke pantai singgah terlebih dahulu di pom bensin, masjid atau rumah warga untuk menyelesaikan buang hajat. Bawa juga tikar atau alas. Setidaknya bisa digunakan untuk duduk-duduk atau sholat bagi yang ingin menjalankannya. Sholat di tepi pantai, bukankah menjadi pengalaman berharga?

Jaga Kebersihan

Rasa bangga pasti menyeruak ketika berhasil mencapai pantai dluwok yang memang belum banyak dikenal. Begitu pula saat berada di semenajung biting dan tentu saja saat berada di Grigak. Seakan-akan ingin mengambil gambar sebanyak-banyaknya dan ingin segera mengabarkan kepada dunia. Namun kebahagiaan harus dibarengi dengan keinginan untuk menjaga pantai tersebut.

 

Minimnya fasilitas pendukung tentu saja termasuk minimnya tempat sampah. Karena belum banyak pengunjung bisa jadi masih minim sampah namun bukan berarti bisa buang sampah sembarangan. Saat datang tidak ada sampah maka saat pulang sampah yang mungkin dihasilkan harus dibawa pulang setidaknya sampai bertemu dengan tempatnya.

Akses Menuju Pantai

Sebagai petualang sejati maka hal paling penting untuk diingat adalah jangan takut salah jalan atau nyasar. Apalagi saat ini teknologi sangat membantu. Untuk menemukan lokasi gunakan saja aplikasi map yang akan menunjukkan rute dari koa Yogyakarta menuju Desa Girikarto. Kendaraan umum mustahil bisa mengantarkan Anda kecuali menyewanya.

 

Membawa kendaraan pribadi atau menyewa adalah jawabannya. Setelah berada di Desa Girikarto Anda bisa bertanya kepada warga ke arah mana yang nantinya bisa mengarahkan Anda menuju Pantai Grigak. Siapkan tenaga mental dan tenaga Anda untuk berjalan kaki. Biasanya pantai-pantai baru berada di tempat terpencil dan jauh dari jalan utama yang bisa dilalui kendaraan. Begitu pula kondisi yang ditemui ketika berpetualang ke Pantai Grigak. 

Alamat:  Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY