Belajar Batik di Museum Ullen Sentalu

Selama ini seringkali kita hanya menggunakan batik tanpa mengetahui sejarahnya bahkan mengenal makna setiap motif batik. Bahkan mungkin ada yang tidak sadar kalau setiap motif batik yang dikenakan memiliki makna tertentu? Setidaknya pada batik Yogyakarta dan Surakarta memiliki makna masing-masing. Nah, untuk mengetahuinya tentu harus melalui sumber yang benar sehingga tidak salah dalam memahaminya. Anda bisa mendapatinya di Museum Ullen Sentalu.

 

Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu

 

Nah, salah satu tempat dimana Anda bisa belajar batik atau sejarah adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini terletak di Jalan Boyong km. 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman. Jika Museum Affandi berisi lukisan-lukisan karya Affandi maka Ullen Sentalu merupakan sebuah museum tentang seni dan budaya jawa. Mulai dari seni tari dan gamelan, karya tulis, lukisan dan batik baik dari Keraton Jogja maupun Solo. Museum ini didirikan keluarga Haryono.

 

Saat memasuki museum ini kita akan ditemani seorang guide atau pemandu. Satu guide biasanya memandu setidaknya 15 rombongan. Pemandu ini benar-benar menjelaskan isi museum secara detail. Jadi mendatangi museum ini benar-benar seperti belajar sejarah seni dan budaya  jawa.

 

Tetapi ingat, jika Anda suka sekali mengambil foto maka di museum ini Anda tidak bisa sembarangan berfoto. Hanya di tempat-tempat tertentu saja boleh diabadikan. Sebagai bentuk menghargai budaya, Anda seharusnya mematuhinya. Jadi nikmati saja setiap perjalanan di dalam museum beserta setiap penjelasan yang diterima.

 

Ruangan Museum Ullen Sentalu

 

Museum yang terletak di kaki bukit Turgo, Gunung Merapi dan Bukit Plawangan, Kaliurang ini memiliki sembilan ruang pamer. Kesembilan ruangan tersebut terbagi dalam tiga unsur tempat yaitu di atas permukaan tanah, di ruang bawah tanah dan di atas air. Anda akan menemukan Ruang Seni Tari dan Gamelan ketika berada di ruangan yang berada di permukaan.

 

Anda bisa melihat koleksi alat-alat muusik gamelan maupun dokumentasi ketika keluarga kerajaan sedang menari atau  melihat pementasan tari. Memasuki ruangan Sasana Sekar Buwana yang berisi lukisan kemegahan budaya Mataram. Lalu pada Koridor Retja Landa, Anda bisa melihat artefak dan arca. Jika Anda menyukai seni lukis selain berkunjung ke museum Seni Lukis Kontemptorer, museum ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi.

 

Apalagi saat memasuki ruang Guwa Sela Giri, ruangan yang berada  di dalam tanah ini memamerkan karya lukisan dokumentasi tokoh-tokoh Dinasti Mataram. Memasuki Kampung Kembang – terbagi dalam lima ruangan yang dibangun di atas air. Ruangan pertama, yaitu Ruang Tineke atau ruang syair.

 

Ada banyak syair yang ditulis teman-teman maupun kerabat  GRAj Koes Saparijam kurun waktu 1939 – 1947. Bagi penggemar sastra tentu ruangan ini menjadi salah satu tempat favorit. Selanjutnya ada Ruang Ratu Mas PB X, sebuah ruangan yang merupakan persembahan permasuri kepada Sunan Paku Buwana X.

 

Belajar Batik

 

Jika Anda ingin mengetahui seluk-beluk batik maka Anda perlu menaruh perhatian pada dua ruang di Kampung Kembang ini. Ruang Batik Vorstendlanden Surakarta dan Ruang Batik Pesisiran. Pada kedua ruangan tersebut Anda bisa belajar tentang batik, makna kain batik, perbedaan batik Surakarta dan Yogyakarta.

 

Bahkan untuk baju pengantin Jawa pun ada filosofi pada setiap pakaian atau kain batik yang dipakai. Misalnya makna motif batik parang, motif batik apa yang tidak boleh digunakan saat bertemu sultan dan seterusnya. Setelah dua ruang batik tersebut Anda memasuki Ruang Putri Dambaan, ruangan ini memamerkan koleksi foto pribadi putri Mangkunegara VII mulai dari kecil sampai beliau menikah.

 

Uniknya Ullen Sentalu

 

Pada saat mengunjungi museum geoteknologi mineral tentu rasanya berbeda ketika berada di Ullen Sentalu. Dari proses memasuki museum pun berbeda. Mulai dari bangunan di atas tanah, kemudian ruang bawah tanah lalu menuju bangunan lain yang berada di atas kolam.

 

Selain menikmati perjalanan seni dan budaya Jawa, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang asri. Arsitektur museum ini memang lain daripada yang lain. Gabungan dari gaya tradisional Jawa, modern dan kolonial serta didukung taman asri dengan berbagai tanaman hijau yang ditata apik. Museum Ullen Sentalu adalah tempat yang pas untuk menikmati sejarah dengan menyenangkan.