Ini Dia Rasanya Menjadi Pasien di Klinik Kopi Jogja

Kopi identik dengan pahit. Begitu pun saat mengunjungi sebuah warung, kedai atau kafe yang menyediakan kopi, biasanya akan ditawari beberapa menu. Kopi hitam, kopi susu, cappucino dan seterusnya. Namun hal berbeda akan didapatkan saat mengunjungi Klinik Kopi. Sebuah kedai kopi yang makin dikenal setelah menjadi tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 pada 2016 lalu.

Sekilas tentang Klinik Kopi

Klinik kopi berada di Jalan Kaliurang km. 7,8, Gang Bima, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Kedai ini dibuka sejak 2013. Menurut Pepeng, pemilik sekaligus barista Klinik Kopi mengatakan awalnya dia merupakan pekerja kantoran. Ia memiliki hobi traveling. Setiap kali jalan-jalan, kopi merupakan oleh-oleh favoritnya. Hal itu yang akhirnya membuat Pepeng tertarik membuat kedai kopi. Konsep kedai kopi miliknya pun cukup unik. Pepeng menggunakan rumahnya sebagai kedai kopi.

 

Rumahnya yang bertingkat, di bagian bawah untuk kedai kopi sedangkan bagian atas untuk rumahnya. Jadi jangan sekali-kali menuju lantai atas karena lantai atas tidak dibuka untuk umum. Jika berminat mampir, jam buka klinik kopi jogja setiap hari Senin sampai Sabtu jam 16.00 dan last order jam 20.00 WIB. Tempat ini memang bukan kafe 24 jam, jadi memang tidak bisa lama-lama ngobrol di sini. Benar-benar datang untuk menikmati kopi bukan suasana tempat atau mencari free wifi.

Kopi Tanpa Gula

Jika singgah di sini kemudian mencari daftar menu sekaligus harga kopi di klinik kopi tidak akan Anda temukan. Hal-hal berbeda  akan langsung diperoleh di sini. Berbeda dengan kafe atau kedai kopi kebanyakan. Anda pun tidak akan menemukan pilihan seperti cappucino, kopi susu, caffelatte dan sebagainya. Bahkan gula pun tidak tersedia. Yups! Jika Anda penganut kopi dengan gula siap-siap tidak akan bertemu gula di sini.

 

Mas Pepeng biasanya akan bertanya kopi seperti apa yang kita inginkan. Asam atau agak pahit kemudian akan menawarkan jenis-jenis kopi yang tersedia. Kopi-kopi tersebut memiliki nama-nama unik. Misalnya saja Sunda Jahe, Ratamba, Aie Dingin, Nagari Lasi, Sunda Geisha dan lainnya. Ada pula Kopi Bu Nur dan Yellow Catura, keduanya termasuk favorit di sini.

Makin Terkenal Berkat AADC 2

Keberadaan Klinik Kopi makin dikenal berkat Film AADC 2. Masih ingat adegan Rangga dan Cinta ngopi, dimana Rangga diajakin ngobrol Mas Pepeng soal kopi kan? Pepeng pun mengakui klinik pun makin ramai namun itu bukan tujuan semata. Baginya yang paling penting melalui klinik kopi aadc dirinya bisa mengenalkan rasa asli kopi kepada lebih banyak orang.

 

Konsep kedainya yang unik semakin membuat orang penasaran. Konsep unik dengan tidak terlalu banyak meja di kedai ini. smooking dan nonsmoking area pun dipisah. Hal ini mulai dilakukannya karena ada beberapa orang yang mengajak buah hatinya ke sini.

Menjadi Seorang Pasien

Nama sebuah tempat biasanya memawakili bagaimana tempat tersebut. Misalnya Jejamuran resto yang memang menawarkan menu-menu yang terbuat  dari jamur. Atau Abhayagiri Restaurant yang  berarti wihara di bukit karena resto ini berada di ketinggian. Bagaimana dengan klinik kopi? Ini bagian dari keunikannya, para pengunjung kedai kopi ini memperoleh sebutan pasien saat bertemu Pepeng yang menjadi dokter a.k.a barista kedai kopi tersebut.

 

Pepeng biasanya akan menjelaskan kopi-kopi yang tersedia. Sebelumnya akan bertanya kepada para pasien yang rela mengantri ini, kopi seperti apa yang disukai. Jika masih bingung dan baru pertama kalinya, ia akan merekomendasikan kopi-kopi yang dimiliki.

 

Kedai kopi ini memang tidak seperti Rosella Easy Dining  yang menawarkan banyak jenis makanan. Namun meskipun hanya ada kopi dan beberapa pendamping tetap saja kedai kopi ini disukai. Obrolan yang dilakukan seputar kopi ini bagian dari daya tariknya. Pepeng biasanya akanm menjelaskan kopi tersebut berasal daerah mana, ditanam di ketinggian berapa, bagaimana proses dilakukan.

 

Apakah natural process, honey process dan seterusnya. Termasuk rasa dari kopi tersebut. Pepeng pun menjual coffee bean secara online melalui websitenya. Melalui akun instagram Klinik Kopi pun juga sering berbagi cerita tentang para petani kopi yang selama ini didampingi dari penanaman hingga proses akhir.

 

Alamat:  Jl. Kaliurang KM. 7.8, Gang Bima, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman
No Telp: 0813-9278-4240
Website: klinikkopi.com