Wisata Kedung Pengilon Yang Masih Sepi Pengunjung

Beberapa tempat wisata kadang memiliki kesamaan nama meskipun lokasinya berbeda. Terkadang membuat wisatawan salah menuju ke titik lokasi yang dimaksud. Seperti wisata alam yang satu ini, yaitu Kedung Pengilon yang ternyata ada juga di Jawa Tengah. Namun kali ini yang akan dibahas adalah Kedung Pengilon yang berada di Bantul, Jogja.

 

Lokasi Kedung Pengilon

 

Kedung Pengilon terletak di Desa Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Bangunjiwo, Bantul, Jogja. Rute untuk menuju ke lokasi kedung tentu berbeda dengan rute menuju Pantai Pandansimo, Pantai Pandansari, maupun Pantai Drini.

 

Untuk menuju ke Kedung Pengilon pengunjung bisa menempuh rute dari Pabrik Gula Madukismo Bantul di Jalan Ringroad Selatan ikuti jalan ke barat hingga tiba simpang empat besar dengan arah ke kiri menuju Kasongan, lurus ke Desa Krebet Pajangan, ke kanan menuju Desa Bangunjiwo. Dari Desa Bangunjiwo ke kanan sampai Tugu Genthong. Ikuti jalan sampai ke Tugu Desa Petung. Bila pengunjung kesulitan menemukan lokasi bisa mengandalkan Google Maps maupun bertanya ke warga sekitar.

 

Keindahan Alam Kedung

 

Daya tarik Kedung Pengilon tentu berbeda dengan Kedung Pedhut. Kedung Pengilon merupakan keindahan alam pegunungan yang berupa kolam besar di sebuah aliran sungai yang atasnya terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter.

 

Pemandangan yang terhampar di kedung ini sangat indah. Suasana di sekitar kedung masih hijau dan alami. Dari atas terlihat airnya nampak hiaju turquoise terkena pantulan sinar matahari. Di sekitar kedung terdapat beberapa sendang kecil yang disinyalir berisi air dari rembesan dinding batu sehingga air tersebut sangat bersih dan seringkali dijadikan sumber air minum bagi warga sekitar.

 

Aktivitas di Kedung

 

Pengunjung yang datang ke Kedung Pengilon dapat menikmati keindahan pemandangan alam kedung dengan duduk di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola. Suasana di sini rimbun dan teduh oleh banyaknya pohon bamboo dan pohon besar yang menaungi kawasan tersebut. Pengunjung dapat duduk sambil melihat gemericik air terjun yang jatuh dari atas tebing. Sayangnya debit air yang meluncur ke bawah akan surut bila musim kemarau tiba.

 

Pengunjung boleh bermain air atau berenang di kedung dengan catatan hanya bagi pengunjung yang bisa berenang saja. Di sekitar lokasi terdapat papan pengumuman himbauan untuk tidak berenang bagi yang tidak bisa. Pasalnya kedalaman kedung ini mencapai 8 meter, oleh sebab itu sangat berbahaya bagi pengunjung yang tidak bisa berenang untuk menyelamatkan diri bila tidak bisa menguasai diri.

 

Penungjung bisa juga membawa perahu karet yang bisa digunakan untuk leyeh- leyeh di kedung. Dengan santai di atas perahu kemudian berfoto di tengah kedung merupakan spot yang bagus untuk mengisi feed Instagram.

 

Akses Menuju Kedung

 

Dari lokasi parkir kendaraan pengunjung harus menyusuri jalan setapak yang akan berakhir pada ujung sungai. Di tepi tersebut sudah terdapat tangga untuk turun ke bawah di sisi kedung. Di bawah pun sudah terdapat jembatan untuk menyeberangi sungai ke sisi yang lain. Tempat ini sudah dilengkapi dengan taman- taman kecil di sekitar tempat duduk. Agaknya pengelola sudah mulai mengembangkan lokasi ini untuk menjadi tujuan wisata yang layak.

 

Sayangnya fasilitas umum yang terdapat di lokasi masih kurang memadai. Toilet yang ada kurang terawat dan kotor. Kedepannya berharap agar pengelola lebih serius lagi dalam menggarap objek ini menjadi lokasi wisata yang ramah wisatawan.

 

Persiapan Menuju Lokasi

 

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Kedung Pengilon hendaknya mempersiapkan perjalanan dengan baik. Mulai dari akses jalan yang kurang begitu bagus untuk menuju lokasi sehingga kendaraan harus dicek kondisinya agar tetap prima untuk menjangkau medan yang sulit.

 

Mengingat fasilitas di lokasi yang belum lengkap maka dari rumah perlu mempersiapkan membawa perbekalan yang cukup seperti makanan dan minuman mengantisipasi tidak ada warung di kedung. Jarak dari lokasi parkir menuju kedung harus dijangkau dengan jalan kaki melewati jalan setapak maka perlu memakai sepatu yang cocok untuk trekking. Bila sudah siap, jangan ragu lagi untuk segera berpetualang ke Kedung Pengilon.