Pesona Alam di Lembah Karst Mulo

Wisata Gunungkidul seakan tak habis- habis setelah sekian banyak tempat baru yang dimunculkan sebagai destinasi wisata. Lanskap Gunungkidul yang merupakan wilayah yang dilalui oleh rangkaian kawasan karst Gunung Sewu seakan menjadi keberuntungan tersendiri bagi kabupaten ini dalam segi pariwisata. Fenomena keunikan kawasan karst yang merupakan salah satu cagar Geopark menurut Unesco ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.  Sebut saja wisata goa, wisata sungai bawah tanah, dan perbukitan yang selama ini dikembangkan semua berada di kawasan karst. Tak ketinggalan pula desa sekitar kawasan tersebut diberdayakan menjadi desa- desa wisata.

 

Mengenal Lembah Karst Mulo

 

Sudah familiar dengan keunikan karst seperti goa, sungai bawah tanah, perbukitan, dan desa wisatanya? Ada satu lagi keistimewaan karst yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk sekedar melihat fenomena ini ataupun sebagai lahan untuk melakukan riset mengenai karst. Keunikan tersebut adalah sebuah lembah karst.

 

Lembah karst yang terdapat di Gunungkidul adalah Lembah Karst Mulo. Lembah pada umumnya adalah bentangan alam terbentuk dari proses geologis yang dikelilingi oleh pegunungan.  Sedangkan lembah karst ini terjadi  ribuan tahun lalu yang terjadi di pegunungan karst di desa Mulo berbentuk cekungan yang merupakan tempat penyerapan air melalui celah- celahnya.  Lambat laun air yang diserap semakin banyak dan cekungan menjadi semakin lebar dan dalam.

 

Kawasan Lembah Mulo diberdayakan oleh pemkab sebagai destinasi wisata geopark yang merupakan pintu gerbang menuju kawasan Karst Gunung Sewu. Hal itu bertujuan untuk mengembangkan potensi lembah serta meningkatkan peran masyarakat lokal untuk ikut menjaga kelestarian alam sekitar.

 

Lokasi Lembah Karst Mulo

 

Lembah Karst Mulo berada di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat kota Yogya dapat ditempuh melalui rute jalan utama Yogya- Wonosari. Jarak yang ditempuh kurang lebih sejauh 32km. Kondisi jalanan sudah bagus. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Bila kesulitan menemukan lokasi, pengunjung dapat mengandalkan bantuan GPS.

 

Kelebihan Lembah Karst Mulo

 

Pesona yang ditawarkan di Lembah Karst Mulo adalah pemandangan alam berupa cekungan lembah yang diapit oleh tebing- tebing tinggi. Pemandangan ini sangat pas bila dinikmati pada sore hari sembari berfoto dengen background lembah yang nampak curam dari ketinggian.

 

Bila melihat lebah dirasa kurang menantang maka pengunjung dapat melakukan aktifitas lain yaitu menyusur Goa Ngingrong.  Goa ini dapat dijangkau dari dasar lembah melewati jalan setapak. Karakteristik goa memiliki stalaktit yang masih hidup dengan tandanya masih meneteskan air. Di dalam goa juga terdapat batu- batu putih yang sangat besar. Selepas menyusur goa, pengunjung dapat melihat sumber air yang berada tidak jauh dari goa. Mata air tersebut mengalirkan air yang bersih sehingga menjadi andalan penduduk bila sedang kemarau.

 

Bagi pengunjung yang termasuk adrenalin junkie bisa mencoba wahana flying fox yang ada di Lembah Mulo. Tentunya merupakan pengalaman yang sangat berkesan untuk merasakan meluncur di atas ketinggian diantara tebing dan lembah.

 

Fasilitas Lembah Karst Mulo

 

Suatu objek wisata dapat dikatakan ramah turis apabila di tempat tersebut tersedia fasilitas yang lengkap untuk menunjang kebutuhan pengunjung. Kelengkapan fasilitas tersebut seperti areal parkir, toilet, mushola, termpat istirahat, warung makan, dll. Namun di kawasan lembah Mulo ini fasilitas yang ada belum lengkap. Bahkan untuk menikmati keindahan lembah tersebut pengunjung belum dikenai tiket masuk.

 

Meskipun belum ada retribusi untuk memasuki area lembah namun bukan berarti pengunjung dapat bertindak seenaknya. Pengunjung yang datang ke lembah dan goa harus menjaga kelestarian dan kealamian tempat wisata. Hendaknya pengunjung tidak merusak apapun yang ada di dalam goa, semisa mencoret dinding goa. Terlebih status stalaktit goa yang masih hidup sangat disayangkan bila keindahannya dirusak oleh tangan tak bertanggung jawab.

 

Sudah puas dengan pesona Lembah Karst Mulo, tebing, dan goa namun masih ingin melihat keindahan alam dari ketinggian lainnya?Wisata Puncak Tugu boleh dicoba. Atau inging menikmati hijau- hijau ketika masih di Wonosari?Pengunjung biisa melipir ke Hutan Wanagama.