3 Kelebihan Wisata di Gunung Kendil

Objek wisata baru yang bermunculan di Gunungkidul kian hari terus bertambah. Beberapa potensi wisata yang sekarang ramai dikunjungi wisatawan justru berasal dari penemuan tak sengaja yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam rangka mengupayakan sesuatu yang dbutuhkan oleh penduduk. Sebagai contoh adanya beberapa wisata sungai bawah tanah ialah pada awalnya keadaan penduduk desa yang sulit air ketika kemarau dan berusaha mencari sumber air bersih dengan menerobos goa atau perbukitan karst. Begitu pula dengan mengenai obyek wisata Gunung Kendil Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Mengenal Gunung Kendil

 

Gunung Kendil adalah salah satu perbukitan karst berada di dukuh Ponjong yang mempunyai karakteristik bebatuan dan pepohonan besar. Oleh karena bentuknya gunung ini sebelumnya dikeramatkan oleh penduduk lokal. Sejarah Gunung Kendil itu sendiri sebenarnya merupakan tempat singgah para wali. Dari penuturan para wali mengisahkan bahwa tempat tersebut memiliki banyak sekali emas, namun ketika emas akan diambil kemudian menciut atau menyempit sehingga tak dapat menjangkau benda berharga tersebut.

 

Kondisi sulit air di Gunungkidul terjadi di banyak wilayah tak terkecuali Dukuh Ponjong.  Alkisah seorang kakek bernama Eyang Moyo berinisiatif untuk mencari sumber air di desanya. Dengan dibantu peralatan bor beliau beserta beberapa penduduk lain membongkar Gunung Kendil untuk mengebor bebatuan yang ada hingga kedalaman 72 meter.  Perjuangan Eyang Moyo yang sempat diremehkan warga ternyata membuahkan hasil. Bahkan pekerjaan pengeboran tersebut hanya dilakukan dengan menggunakan satu mata bor saja.

 

Kini mata air Gunung Kendil menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan.  Cerita mengenai emas yang tersembunyi memang benar adanya namun dalam bentuk air yang jumlahnya sangat banyak dan kualitasnya sangat bagus, sama berharganya dengan emas bagi penduduk setempat yang selama ini sering mengalami sulit air.

 

Lokasi Gunung Kendil

 

Gunung Kendil berada di Padukuhan Ponjong, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Dari Yogyakarta pengunjung dapat melewati jalan utama Yogya- Wonosari menuju Kecamatan Ponjong. Jalan menuju ke lokasi sudah sangat bagus. Bila kesulitan menemukan letaknya maka pengunjung dapat mengandalkan bantuan GPS.

 

Kelebihan Gunung Kendil

 

Wisata yang ditawarkan di Gunung Kendil adalah menikmati pemandangan sejuk pegunungan dengan melakukan berbagai aktifitas di Taman Kyai Moyo. Eyang Moyo sang penemu sumber air Gunung Kendil kemudian membuka tempat rekreasi yang memiliki beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

 

Di taman tersebut terdapat kolam renang dengan air yang berasal dari sumber mata air Gunung Kendil.  Kolam renangnya bahkan ada tiga. Satu untuk anak- anak dan dua untuk dewasa. Debit yang berasal dari mata air tersebut sangat besar hingga dapat digunakan untuk membuat kolam renang, mengairi warga sekitar dengan membuat pipa- pipa penyalur air. Dapat dibayangkan betapa segarnya berenang di kolam yang airnya langsung mengalir dari sumbernya ditemani hawa sejuk dan hijau perbukitan.

 

Selain berenang pengunjung dapat melakukan terapi air dan meminum air mineral khusus yang disebut Air Minum Doa (ARDO).  Pasalnya kualitas air yang dihasilkan adalah water karst yang sangat jernih dan bersih hingga level bakteri E-colli nya nol.  Hal itu sudah dibuktikan dengan diuji di laboratorium.  Sehingga air tersebut bisa langsung dikonsumsi dan sangat baik bagi kesehatan. Adapun penamaan ARDO adalah berasal dari bukit dimana sumber air tesebut ditemukan ditulisi dengan lafal ‘bismillahirrohmannirrohim’. Pengunjung dapat menikmati dan membawa pulang ARDO yang sudah dikemas seperti air mineral.

 

Fasilitas Gunung Kendil

 

Kelengkapan sarana penunjang di suatu objek wisata sangat penting untuk menjaga kenyamanan para pengunjungnya. Fasilitas yang ada di Gunung Kendil sudah cukup lengkap. Seperti sudah tersedianya area parkir, toilet, mushola, pendopo untuk istirahat, bahkan ada pondok pesantren. Pengunjung yang ingin terapi kesehatan sambil berwisata rohani dengan Air Minum Doa dapat menginap di pondok tersebut. Terlebih melihat animo pengunjung yang terus meningkat maka pengelola berencana menambah beberapa fasilitas seperti rumah makan, camping ground, dan homestay.

 

Setelah puas mengunjungi Gunung Kendil bolehlah sekalian mengintip objek wisata lain di Gunungkidul seperti Hutan Bunder, Telaga Joge, dan Puncak Tugu.