Festival Menarik di Desa Wisata Jelok

Ingin melarikan diri sejenak dari kesuntukan dan kepadatan kota? Bolehlah melipir sejenak ke Gunungkidul di waktu akhir pekan. Banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk sekedar melepas ketegangan dan kesibukan setelah seminggu bekerja. Tak perlu khawatir dengan biayanya, wisata di Gunungkidul menawarkan wisata dengan berbiaya masih sangat terjangkau. Bosan dengan pantai wisatawan masih memiliki banyak pilihan aktivias seperti wisata goa, sungai bawah tanah, dan perbukitan yang romantis. Bila wisata tersebut dirasa masih kurang untuk menanggulangi penat, maka berkunjung dan menginap di desa wisata adalah jawabannya.

 

Mengenal Desa Wisata Jelok

 

Desa wisata adalah sebuah desa yang memiliki keunikan dan kekhasan yang dikemas dan diperbaiki berbagai fasilitasnya sehingga menjadi sebuah desa yang patut dijadikan sebagai destinasi wisata. Keindahan alam yang masih asri dan alami, serta kehidupan masyarakatnya yang masih menjaga kearifan lokal dan budaya membuat setiap wisatawan yang datang berkunjung merasakan suasana yang berbeda dari kehidupan kota sehari- hari.  Sangat pas untuk wisatawan yang menginginkan suasana relaksasi.

 

Desa Wisata Jelok awalnya desa Jelok yang sejarahnya adalah desa terpencil dengan akses menuju desa terhalang oleh sungai Oyo yang sangat lebar. Adapun seorang mahasiswa KKN pada waktu itu bernama Aminudin Azis yang kemudian memiliki gagasan untuk membuat desa ini lebih dapat dikenal dan setidaknya memiliki akses untuk keluar desa dengan lebih mudah dan aman. Lebih jauh lagi agar penduduk desa ini dapat meningkatkan kondisi sosial ekonominya.

 

Gagasan tersebut disambut baik oleh warga dan kemudian bergotong- royong membangun sebuah pendopo di tanah kas desa untuk tempat berkumpul anak-anak atau warga. Kemudian dibangun jembatan gantung dengan panjang 82 meter membelah sungai Oyo. Setelahnya diadakan agenda- agenda untuk menarik kedatangan pengunjung. Oleh sebab itu diadakan merti Kali Oya beserta festival kegiatan berbagai lomba. Kini desa ini menjadi tujuan wisata banyak pengunjung yang datang ingin merasakan sensasi petualangan di desa.

 

Lokasi Desa Wisata Jelok

 

Desa Wisata Jelok terletak di Desa Beji Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Desa wisata ini terbilang dekat dengan Kota Yogyakarta. Rute yang ditempuh dari Yogya adalah melalui jalur utama ke Wonosari menuju Kecamatan Patuk. Jaraknya hanya sejauh 4km dari jalan utama Yogya- Wonosari.

 

Bila menggunakan sepeda motor pengunjung boleh masuk hingga ke pintu desa.  Namun bila menggunakan mobil harus memutari hutan, maka lebih baik parkir di lokasi sebelum jembatan gantung mengingat lebar jembatan gantung hanya 1 meter saja.

 

Kelebihan Desa Wisata Jelok

 

Hal menarik yang dapat dilakukan di Desa Wisata Jelok adalah paket menikmati desa wisata dan melakukan kegiatan outbond.  Pengunjung yang datang ke desa ini akan diarahkan ke pendopo utama untuk berkumpul, mendapat pengarahan, dan mendapat minuman selamat datang berserta camilan khas pedesaan.

 

Setelah acara penyambutan pengunjung dibawa ke pinggiran sungai Oya untuk melakukan kegiatan outbond.  Kemudian berkeliling menikmati pemandangan desa yang masih hijau menuju ke tempat makan siang, sajian makan siang yang tersaji adalah makan khas pedesaan dengan bahan- bahan organik hasil desa. Acara Outbond yang kedua berlangsung setelah makan siang dengan agenda rafting menyusuri sungai Oya sejauh 10km.

 

Pengunjung dapat menghabiskan malam di Desa Jelok dengan menginap di tempat yang lokasinya sudah disediakan di sekitar pendopo. Bila malam tiba pengunjung dapat meyaksikan pertunjukan seni tradisional karawitan atau bisa juga menikmati paket dinner romantis. Keesokan harinya aktivitas adventure dapat dilanjutkan dengan bersepeda keliling desa, bertani organic, menangkap ikan, membuat biogas, dan menyusuri goa.

 

Fasilitas Desa Wisata Jelok

 

Sebagai desa yang sadar wisata tentunya Desa Wisata Jelok sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Sarana yang terdapat di desa untuk menunjang kebutuhan wisatawan antara lain pendopo, mushola, toilet, warung makan, paket wisata, dan penginapan.

 

Bila suka dengan suasana khas pedesaan, tentu saja wisatawan dapat berkunjung ke desa wisata yang lain seperti Desa Wisata Umbulrejo, Desa Wisata Bobung, dan Desa Wisata Garotan.  Wisata desa ini cocok sekali untuk agenda liburan sendiri, bersama keluarga, ataupun rombongan kantor.