5 Hal Asik yang Dapat Kamu Coba di Kali Biru

Tempat wisata ini menjadi populer sejak adanya unggahan foto ke media sosial yang menggambarkan pengunjung sedang duduk di ketinggian dengan latar belakang indahnya pegunungan hijau terhampar yang terlihat sangat memicu adrenalin. Semenjak itu kawasan ini ramai pengunjung baik dari dalam dan luar kota.  Penasaran apa saja daya tarik Kali Biru?

 

Lokasi Kali Biru

 

Kali Biru tepatnya berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Jogja.  Dari pusat kota Jogja berjarak sekitar 40km dan dapat ditempuh dengan  waktu kurang lebih 1. 5 jam perjalanan.  Jalan menuju Kalibiru ada beberapa alternatif, pengunjung bisa menempuh jalur melewati Waduk Sermo, Clereng, maupun dari Kota Jogja.

 

Dari Jogja pengunjung dapat menuju ke arah Wates atau Purworejo hingga terminal Wates. Kemudian menuju ke Waduk Sermo, dari waduk nanti ada petunjuk menuju ke Kalibiru. Akses jalanan menuju lokasi sudah bagus, namun hanya dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun sewa. Medannya cukup berliku dan banyak tanjakan curam, pastikan kendaraan yang dipakai dalam kondisi yang prima.

 

Fasilitas Kalibiru

 

Kalibiru dikembangkan menjadi lokasi wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat bersama warga lokal. Berbagai fasilitas sudah disediakan di area wisata ini untuk kenyamanan pengunjung. Beberapa diantaranya adalah paket wisata Kalibiru, area parkir yang luas, kelengkapan camping ground, homestay, pendhopo, warung, toilet, mushola, dll.

 

Untuk memasuki area ini, pengunjung dikenakan tiket masuk kalibiru Yogyakarta sebesar Rp 5. 000,00/ orang. Untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2. 000,00/ motor dan Rp 5. 000,00/ Mobil.  Biayanya masih sangat terjangkau bukan?

 

Aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung ketika di Kalibiru antara lain:

 

Gardu Pandang

 

Area wisata ini dahulunya adalah hutan yang kemudian dibuka untuk wisata. Lokasi hutan ini berada di ketinggian 450mdpl yang memiliki kontur berbukit- bukit. Kondisi alamnya masih sangat asli dan alami sehingga hawanya sejuk.

 

Gardu pandang adalah spot wajib untuk didatangi ketika berkunjung ke Kalibiru.  Bentuknya berupa rumah pohon dimana pengunjung dapat naik ke atas untuk melihat pemandangan sekitar dari atas.  Untuk berfoto dan naik pengunjung dikenai biaya RP 10. 000,00/ orang.  Pemandangan yang terlihat dari lokasi ini sungguh menakjubkan. Seluas mata memandang adalah hijaunya hutan yang berbukit- bukit menyegarkan. Jangan buru- buru untuk pulang, tunggulah hingga sore dan saksikan keindahan sunsetnya yang fenomenal.

 

Bermalam di Homestay atau Camping

 

Sekali waktu sempatkan barang semalam untuk menikmati suasana malam yang berbeda dari biasanya di perkotaan. Terlebih bila menghabiskan malam bersama keluarga atau sahabat dekat. Menikmati kesunyian malam di lingkungan Kalibiru sungguh sahdu. Di sini sudah tersedia homestay yang dapat mengakomodasi hingga 15 tamu.  Bila ingin suasana yang lebih menyatu dengan alam, tersedia juga camping ground untuk berkemah.

 

Trekking di Alam

 

Pengunjung dapat menikmati suasana hutan dengan trekking di area Kalibiru.  Pengelola telah memfasilitasi rute trekking dengan panjang lintasan yang beragam mulai dari 1,5km hingga 7 km.  Sejauh perjalanan, pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman di hutan dan juga hewan- hewan yang kadang menampakkan diri seperti elang, landak, dan ayam hutan.

 

Kuliner

 

Nah, agenda yang satu ini tentu tak boleh ketinggalan. Setelah lelah berkeliling tentu gilirannya untuk mencari kuliner yang bisa dinikmati. Di area Kalibiru sudah banyak tersedia warung makan yang menjual aneka makanan mulai dari sncak ringan hingga makanan utama. Model warungnya pun mulai dari lesehan hingga café. Pengunjung tinggal memilih saja mana yang sesuai selera.

 

Outbond

 

Bagi pengunjung yang ingin mencoba permainan yang lebih menantang, di Kalibiru juga sudah tersedia wahana flying fox. Flying fox yang ada tak hanya untuk dewasa saja, namun juga tersedia untuk anak- anak.

 

Arena outbond ini juga dilengkapi dengan jembatan gantung antar pohon dilengkapi dengan tali untuk titian diatasnya.  Bagi yang ingin menyelenggarakan outbond untuk keluarga maupun kantor, tempat ini adalah salah satu pilihan yang tepat.

 

Bila libur tiba jangan lupa untuk datang juga ke Goa Kiskendo dan Air Terjun Sidoharjo, tapi sempatkan dulu ke Kali Biru.