Susur Goa Kiskendo, Perbatasan Antara Jogja dan Jawa Tengah

Setelah wisata goa yang banyak tersebar di Bantul dan Gunungkidul, kini saatnya menjelajah goa di Kulon Progo. Goa ini sudah memiliki kelengkapan fasilitas dan sangat mudah untuk dijelajah meskipun bagi pemula. Tak hanya jelajah goa saja namun juga banyak spot yang menarik.  Goa itu adalah Goa Kiskendo.

 

Lokasi Goa Kiskendo

 

Goa Kiskendo Kulon Progo tepatnya berada di Jalan Goa Kiskendo, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatimulo, Kulon Progo, Jogja. Dari arah pusat kota Jogja jaraknya 31 km dan dapat dijangkau selama kurang lebih 30 menit perjalanan.  Dari arah Jogja pengunjung dapat melewati rute Jalan Godean terus hingga menemui petunjuk menuju Goa Kiskendo.

 

Akses jalanan menuju lokasi sudah bagus namun hanya dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi saja. Selama perjalanan pengunjung akan melewati jalanan menanjak dan berkelok, namun pemandangannya cukup indah.

 

Sejarah Goa Kiskendo

 

Goa ini ditemukan di tahun 1825 merupakan salah goa yang disa diblang dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Penamaan goa ini berasal dari kata Kikisan Kedu Lan Jogja yang berarti perbatasan Kedu dan Jogja yang berarti bahwa goa ini berada di wilayah perbatasan antara Jogja dan Jawa Tengah.

 

Cerita yang berkembang bahwasanya dahulu di sini adalah tempat tinggal dua raksasa bernama Mahesasura yang berkepala kerbau dan Lembusura yang berkepala sapi. Di goa itu pula terdapat lorong yang konon merupakan lokasi perlawanan antara Subali yang berwujud manusia kera dengan kedua raksasa tersebut. Hal itu dapat dilihat dari dinding goa berupa relief- relief ukiran yang menceritakan dengan runut tentang peristiwa tersebut.

 

Selain sejarah mengenai tempat tinggal raksasa, goa ini merupakan lokasi pertapaan. Terdapat 9 ruangan pertapaan lengkap dengan namanya yaitu Pertapaan Tledek, Padasan, Kusuma, Semelong, Santri Tani, Lumbung Kampek, Selumbung, Sekadang dan Seterbang.

 

Suasana dan Aktifitas di Goa

 

Seperti Kali Biru dan Puncak Suroloyo, Goa Kiskendo juga terletak di perbukitan. Lokasinya berada di 1200 mdpl membuat suasana di goa ini terasa sejuk dan segar. Sampai di area goa, pengunjung dapat menikmati pemandangan lembah dari goa. Untuk menuju mulut goa pengunjung harus mneyusuri anak tangga dan melewati area lapang yang terdapat wahana permainan anak- anak dan juga warung makanan.

 

Bila di Taman Sungai Mudal pengunjung dapat bermain air di kolamnya, maka aktivitas yang dapat dilakukan adalah susur Goa Kiskendo. Goa ini memiliki panjang 1 km dengan bagian mulut goa berada di wilayah Jogja sedangkan dalam goa merupakan wilayah Jawa Tengah. Pengunjung dapat menyusuri goa ini tanpa harus menggunakan peralatan khusus cukup dengan senter dan memiliki trek yang mudah dan sudah difasilitasi dengan baik untuk pengunjung.

 

Di dalam goa terdapat kendi air yang isinya adalah air stalagtit yang menetes. Tentu airnya bersih dan bisa diminum langsung oleh pengunjung. Untuk menyusuri goa lebih dalam maka harus dilakukan bersama dengan pemandu goa karena keadaan goa yang semakin dalam tidak familiar bagi awam.

 

Outbond dan Camping

 

Bagi pengunjung yang memiliki agenda untuk outbond maupun camping.  Keadaan sekitar yang masih hijau dan segar sangat cocok untuk agenda mengenal lingkungan dan menyatu dengan alam.  Di area goa yang memiliki luas hampir 5000 m2 ini sudah difasilitasi dengan arena untuk penyelenggaraan outbond dan camping.  Banyak pengunjung yang sudah mengadakan kegiatan outbond maupun kemah di lokasi ini.  Sebelum melaksanakannya terlebih dahulu lapor kepada pengelola goa. Jangan lupa untuk menyiapkan juga perlengkapan dan bekal yang cukup dari rumah ya.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Fasilitas yang ada di tempat wisata dapat menunjang kenyamanan bagi para pengunjungnya. Seperti yang dilakukan oleh pengelola Goa Kiskendo ini.

 

Beberapa fasilitas yang dibangun di area ini sudah lengkap seperti area permainan untuk anak- anak, tempat istiraahat, warung makan, toilet, mushola, dan lain- lain.  Dalam hal kebersihan pun, pengelola sangat baik dalam menjaga kebersihan goa dan sekitarnya dengan banyak menyediakan tempat sampah. Nah, tunggu apa lagi? Bila akhir pekan tiba jangan ragu lagi untuk datang ke Goa Kiskendo.