Hutan Bunder Tawarkan Wisata Alam nan Murah

Bila menyebut Kabupaten Gunungkidul pasti yang terpikir pertama kali adalah pariwisata. Dewasa ini Gunungkidul menjadi destinasi wisata yang marak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Pesona alam dan budaya serta pengemasannya yang menggunakan strategi menyasar anak muda masa kini menjadikan objek- objek wisata baru yang terus dikembangkan sangat cepat dikenal oleh khalayak luas. Terlebih lagi wisata yang ditawarkan adalah paket- paket yang ramah kantong sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan. Ragam wisata yang ada di Gunungkidul antara lain wisata pantai, wisata goa, wisata sungai bawah tanah, wisata sungai, wisata desa, dan wisata hutan. Salah satunya adalah wisata hutan Bunder.

 

Mengenal Hutan Bunder

 

Salah satu kekayaan yang patut dibanggakan oleh warga Gunungkidul adalah masih banyaknya fenomena alam yang masih alami dan lestari. Sebagai contoh Hutan Bunder. Hutan Bunder merupakan salah satu hutan di Gunung kidul yang mempunyai wilayah seluas 634Ha. Hutan ini berlokasi di dekat kota sehingga terdapat satu bagian kawasan konservasi yang menjadi Taman Hutan Raya Gunungkidul (TAHURA).

 

Sejarah Tahura Bunder merupakan kawasan konservasi yang berisi banyak keanekaragaman hayati flora dan fauna di dalamanya. Lokasi ini digunakan untuk tempat riset dan penelitian oleh para pelajar maupun ilmuwan. Pada tahun 2012 Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Tahura Bunder dengan perencanaan pembuatan 3 zona. Zona I difungsikan untuk atraksi gajah, cycling, kuliner gantung, camping ground, dan show budaya. Zona II digunakan untuk pusat penelitian, pabrik minyak kayu putih, persemaian bibit, dan penangkaran rusa. Zona III difokuskan untuk penangkaran reptile, taman burung, kebun binatang mini, agroforestry, dll.

 

Lokasi Hutan Bunder

 

Hutan Bunder terletak di Desa Putat, Kecamatan Patuk Gunungkidul. Namun keberadaan Tahura Bunder berada di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Bila berangkat dari Yogyakarta pengunjung bisa melewati jalur utama Yogya- Wonosari menuju Kecataman Playen. Rutenya sangat mudah dilalui karena terletak di pinggir jalan Raya Yogya- Wonosari.

 

Kelebihan Hutan Bunder

 

Pesona wisata yang ditawarkan oleh Hutan Bunder adalah berkeliling Tahura sembari menikmati suasana sunyi dan sejuk khas hutan dengan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang terdapat di hutan. Di dalam hutan terdapat Rest Area bunder yang dapat digunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan. Di area inilah para pecinta alam ataupun pelajar boleh mendirikan kemah untuk kegiatan camping. Melihat luasnya area hutan, maka pengunjung boleh berkeliling hutan degan menggunakan kendaraan pribadi, mobil atau motor. Sehingga tak perlu capek- capek jalan kaki menyusuri hutan. Namun bila ingin melihat keindahan hutan dengan trekking tentu diperbolehkan.

 

Tak hanya menikmati rimbunnya pepohonan, di Tahura Bunder pengunjung dapat melihat penangkaran Rusa Jawa yang luasnya mencapai 6,2ha. Sangat cocok berkunjung ke Tahura membawa anak- anak untuk melihat rusa- rusa yang sedang dipelihara dan hidup bebas berlarian di kawasan penangkaran. Setelahnya pengunjung akan melihat sungai Oya membelah kawasan Tahura yang menambah kesegaran dengan suara gemericik air di tengah kesunyian hutan.

 

Terakhir pengunjung dapat melihat pabrik penyulingan minyak kayu putih. Pabrik ini merupakan pabrik yang yang legendaris sudah ada di kawasan hutan sejak 1980. Di dekat pabrik terdapat Sendang Mole. Pengunjung dapat menghirup aroma minyak kayu putih bersama dengan kesegaran pamandangan hutan dan sendang. Syahdunya pemandangan ini tak jarang dijadikan sebagai lokasi foto pre- wedding bagi calon pengantin.

 

Fasilitas Hutan Bunder

 

Kelengkapan sarana untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung di suatu objek wisata merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Fasilitas di Hutan Bunder ini sudah lengkap seperti tersedianya toilet, mushola, rest area, papan petunjuk, serta rute jalan setapak dilengkapi dengan petunjuk. Kedepannya akan dibangun lagi beberapa fasilitas untuk menambah daya tarik seperti pembuatan kebun binatang.

 

Pengunjung tak perlu kawatir dengan biaya masuknya. Tiket masuk Tahura Bunder sangat terjangkau, bahkan pengelola menyediakan persewaan untuk pengunjung yang ingin melakukan camping di area Tahura.

 

Setelah berkunjung ke Hutan Bunder bingung menentukan tujuan selanjutnya?Boleh dicoba berkunjung ke Hutan Wanagama, Gunung Kendil, dan Lembah Karst Mulo.