Bengawan Solo Purba (Telaga Suling) dan Pantai Sadeng

Kekayaan alam Gunungkidul sepertinya tak ada habisnya untuk dijadikan potensi wisata.  Wilayahnya sebagian merupakan bentang karst Gunung Sewu dan panjangnya pesisir Pantai Selatan membuat kabupaten ini mempunyai topografi yang sangat beragam. Ratusan pantai cantik, goa- goa eksotis, dan keunikan sungai bawah tanah hanyalah beberapa bentukan alam yang sudah terkenal menjadi ikon wisatanya. Belum lagi wisata geo park, gunung api purba dan yang terbaru adalah ditemukannya jejak keberadaan sungai purba.  Tak heran wisatawan selalu datang berkunjung ke Gunungkidul untuk bereksplorasi tempat- tempat baru yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

 

Mengenal Bengawan Solo Purba ( Telaga Suling)

 

Bila menyebutkan Bengawan Solo tentu yang terlintas di benak adalah sungai yang membelah kota Solo hingga diciptakannya sebuah lagu dengan judul yang sama bercerita mengenai keindahan sungai tersebut.  Selama ini dikenal aliran airnya yang panjang hingga ke Jawa Timur. Namun ternyata di Gunungkidul juga terdapat jejak aliran sungai yang terputus yang setelah diteliti merupakan bagian dari Sungai Bengawan Solo.

 

Pada mulanya aliran air Bengawan Solo mengalir hingga berujung ke Laut Selatan melewati Wonogiri hingga Pantai Sadeng.  Disinyalir karena adanya gerakan tektonik yang terjadi kala itu kemudian mengakibatkan pergeseran aliran sungai yang tidak diikuti oleh penggerusan aliran air yang memanjang. Hingga terbentuk seperti cekungan yang lebar mirip danau di wilayah Wonogiri.  Lama- kelamaan debit air tersebut keluar melalui celah yang lebih rendah ke Laut Jawa.

 

Sekarang ini aliran yang dahulunya menjadi jalan air yang melewati Sadeng tersebut berbentuk seperti cekungan- cekungan yang panjang diantara bukit- bukit yang tinggi. Fenomena teresebut sudah banyak diteliti oleh para ilmuwan. Pemkab Gunungkidul melihat hal tersebut sebagai potensi wisata yang layak dikembangkan sebagai wisata alam dengan fenomena sejarah dan bernilai purba.

 

Lokasi Bengawan Solo Purba ( Telaga Suling)

 

Keberadaan bekas aliran sungai Bengawan Solo Purba ini dapat dinikmati di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.  Pengunjung dapat mengaksesnya dengan cara menuju ke Pantai Sadeng. Jika ditempuh dari Yogyakarta maka pengunjung dapat melewati jalan utama Yogya-Wonosari.  Jarak ke Pantai Sadeng dari pusat kota Yogya sekitar 83km dapat ditempuh selama sekitar 2 jam.

 

Jalanan utama menuju lokasi jejak sungai purba sudah bagus. Bila pengunjung kesulitan menemukan lokasi maka bisa mengandalkan bantuan GPS.

 

Kelebihan Bengawan Solo Purba (Telaga Suling)

 

Pesona yang ditawarkan oleh Bengawan Solo Purba yaitu menikmati keindahan lekukan aliran sungai diantara tingginya perbukitan. Keindahan alam yang tak dapat dilewatkan ketika pengunjung napak tilas menyusuri bekas aliran sungai tersebut. Bahkan pemkab Gunungkidul memperkenalkan agenda wisata dengan tajuk menjelajah Bengawan Solo Purba. Pengunjung diajak napak tilas sembari mengeksplorasi keindahan aliran sungai dari Pantai Sadeng hingga Wonogiri. Tentunya bagi yang berjiwa petualang, pecinta alam, dan penggemar sejarah event ini tak boleh dilewatkan.

 

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan Telaga Suling yang terdapat di desa Songbanyu dan Pocung di Kecamatan Girisubo dekat dengan Pantai Sadeng. Meskipun bekas patahan sungai namun panjangnya pun hingga mencapai 7km. Telaga ini merupakan lembah yang dahulunya merupakan ujung aliran sungai Bengawan yang terputus di wilayah Gunungkidul. Telaga ini sangat indah dengan warna air biru tosca diapit oleh hijaunya pegunungan karst. Kini banyak dimanfaatkan oleh penduduk lolak sebagai pelabuhan perikanan.

 

Selain menyusur Sungai Bengawan Solo Purba (Telaga Suling) pengunjung dapat sekalian berkungjung ke Pantai Sadeng. Di pantai banyak aktifitas yang bisa dilakukan seperti naik perahu, memancing, berburu kuliner seafood yang sangat fresh, dan melihat kegiatan di kampong nelayan. Sangat cocok untuk mengunjungi suatu tempat dengan sekaligus banyak objek yang bisa dinikmati bersama keluarga ataupun kerabat.

 

Fasilitas Bengawan Solo Purba (Telaga Suling)

 

Kelengkapan fasilitas umum yang ada di Telaga Suling sudah cukup memadai bagi para wisatawan yang berkunjung seperti toilet, warung makan, dll.

 

Masih penasaran ingin merasakan adventure yang lain? Maka berkunjung ke Puncak Tugu, Goa Gesing, Bukit Paralayang adalah agenda selanjutnya yang tak boleh terlewatkan.