Green Village Gedangsari

Usaha pemberdayaan desa- desa yang mempunyai potensi baik dari bentuk alam, kultur budaya, ataupun hasil kerajinan tertentu oleh pemerintah daerah patut diacungi jempol. Desa- desa tersebut dikemas dan difasilitasi menjadi sebuah desa yang memiliki nilai tambah yang sangat memberikan dampak positif terutama tersedianya kegiatan baru untuk meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitarnya. Banyak desa di Gunungkidul Jogya yang sudah dipoles untuk menjadi desa wisata seperti Desa Wisata Jelok, Desa Wisata Nglanggeran, dan Green Village Gedangsari. Desa wisata tersebut kini menjadi destinasi pilihan bagi para wisatawan yang menginginkan suasana khas pedesaan.

 

Mengenal Green Village Gedangsari

 

Desa wisata yang diberi nama Green Village Gedangsari ini sejarahnya adalah pemberdayaan masyarakat desa miskin Gedangsari yang diberi bantuan oleh pemerintah melalui program MP3KI (Masterplan Percepatan Dan Perluasan Equity Kemiskinan di Indonesia). Setelah mendapatkan suntikan dana hingga 2m maka perbaikan dilakukan untuk menunjang terbentuknya menjadi desa wisata seperti pembangunan akses jalan, lampu, dan fasilitas penunjang bagi pengunjung.

 

Pesona yang ditawarakan oleh Green Village keindahan pemandangan alam.Lokasi desa yang berada diketinggian menyajikan panorama wilayah dataran yang lebih rendah. Hawa sejuk dan semilir angin siap menemani wisatawan sambil menikmati sunset bila berkunjung di waktu sore.

 

Lokasi Green Village Gedangsari

 

Green Village Gedangsari berada di dusun Mertelu Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya merupakan perbatasan antara Klaten dan wilayah Gunungkidul. Terletak sejauh 40km dari Kota Yogyakarta sehingga memerlukan waktu selama kurang lebih 1,5jam perjalanan untuk mencapainya. Namun karena terletak di perbatasan Klaten maka lebih dekat dijangkau dari Klaten hanya 12,5km saja dengan waktu 45 menit.

 

Rute Green Village Gedangsaridari Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalan utama menuju Wonosari. Apabila berangkat dari Klaten maka dapat ditempuh menuju ke Jl. Kalikebo. Sayangnya belum ada angkutan umum yang menjangkau wilayah tersebut sehingga harus menggunakan kendaraan probadi atau sewa. Jalanan menuju lokasi sudah bagus bila mengikuti jalaur utama meskipun lebih panjang rutenya. Bila menggunakan GPS rutenya bisa lebih pendek namun kondisi jalan kurang bagus.

 

Kelebihan Green Village Gedangsari

 

Green Village Gedangsari memiliki menawarkan wisata pemandangan dari puncak bukit. Lokasi pandang yang berada di atas ketinggian mengharuskan pengunjung untuk menaiki tangga yang sudah disediakan sebagai jalur perjalanan. Bagi penggemar trekking mengunjungi tempat ini di sore hari sangat menyenangkan setelah lelah menanjak kemudian istirahat di gazebo yang telah disediakan untuk menikmati sunset.

 

Spot andalan yang paling terkenal di Green Village adalah flyingfox. Pengunjung dapat mencoba wahana ini dengan rentang sejauh 625 meter. Sungguh sangat memacu adrenalin berflying fox di ketinggian bukit dengan jangkauan yang panjang. Namun tak perlu khawatir dengan keselamatannya karena sudah menggunakan perlengkapan yang berstandar internasional.

 

Harga tiket flying fox Green Village Gedangsari terakhir update sebesar Rp 100.000,00 kabarnya akan mengalami kenaikan. Meskipun terkesan mahal namun kapan lagi mencoba flying fox yang konon kabarnya sebagai salah satu yang terpanjang di Asia Tenggara?

 

Terkahir yang tak boleh ketinggalan adalah setiap sudut Green Village sangat cocok digunakan untuk lokasi foto- foto. Tentu itulah hal yang paling penting untuk dilakukan, karena mengabadikan momen liburan adalah hal wajib dilakukan di jaman sekarang ini.

 

Fasilitas Green Village Gedangsari

 

Dalam membentuk suatu desa wisata pastilah para pengelola sudah memikirkan mengenai kelangkapan fasilitas bagi para pengunjung. Bila sarana lengkap pengunjung akan merasa nyaman, betah dan akan datang kembali.

 

Fasilitas yang ada di Green Village Gedangsari sudah cukup lengkap mulai dari tiket masuk Green Village Gedangsariyang tidak dikenakan biaya, jadi pengunjung hanya membayar untuk biaya parkir saja. Untuk menikmati area wisata sudah disediakan gazebo spot foto, dan gardu pandang. Tersedia toilet dan mushola. Serta terdapat sentra kerajinan yang berisi hasil karya penduduk setempat yang dapat dijadikan oleh- oleh.

 

Bila ingin menikmati suasana malam di Gedangsari pengunjung dapat berkonsultasi dengan pengelola untuk mendapatkan penginapan di Green Village Gedangsari yang biasanya berupa rumah penduduk sekitar yang membuka kamar sewa.