Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Sudah habis menjelajah dengan pantai Suing, Pantai Jogan, Pantai Indrayati? Masih ada banyak alternatif wisata di Gunungkidul Yogyakarta selain pantai seperti perbukitan, sungai, desa wisata, air terjun. Bila menengok kondisi geografisnya Gunungkidul sering dikatakan sebagai daerah yang tandus atau sulit air. Namun nyatanya banyak terdapat objek wisata yang justru terkenal karena banyaknya debit air di wilayah tersebut  dan mengandalkannya untuk bermain berbagai wahana. Seperti misalnya Goa Pindul yang terkenal dengan river tubing, pun demikian dengan keberedaan beberapa air terjun yang ditemukan. Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk yang memiliki debit air yang besar.

 

Mengenal Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
 

Sri Gethuk adalah objek wisata baru di Jogya yang masih dikelola oleh warga sekitar. Nama Sri Gethuk berasal dari cerita kepercayaan masyarakat setempat bahwa lokasi tersebut adalah tempat disembunyikannya gethuk yang merupakan salah satu jenis alat gamelan milik jin Anggo Menduro.

 

Hal tersebut dikuatkan dengan pengakuan para warga sekitar bahwa pada saat- saat tertentu memang terdengar alunan musik gamelan yang berasal dari lokari air terjun, namun bila didekati maka alunan suara tersebut hilang. Meskipun terdengar mistis namun animo pengunjung untuk membuktikan keindahan pesona air terjun ini justru tinggi.

 

Lokasi air terjun Sri Gethuk berada di pinggiran Sungai Oyo. Untuk mencapainya pengunjung dapat menaiki rakit tradisional yang terbuat dari papan kayu dan drum menyusuri sepanjang aliran sungai. Sesampai ditempat tujuan pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun dengan sekedar bermain air ataupun berenang. Air terjun ini memiliki ketinggian 50meter dengan debit air yang tinggi karena di sekitarnya terdapat 3 sumber mata air yaitu Ngandong, Dong Pong, dan Ngumbul.

 

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

 

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dukuh Menggoroan,Jalan Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Jalan menuju Air Terjun Sri Gethuk dapat ditempuh melalui jalan Ring Road timur ke arah Wonosari sampai pertigaan Gading kemudian ke arah kanan sampai bertemu papan penunjuk menuju Air Terjun Sri Gethuk.

 

Kondisi jalanan menuju lokasi air terjun sudah bagus bila melalui jalan utama, namun begitu mendekati wilayah air terjun medannya belum bagus.

 

Kelebihan Air Terjun Sri Gethuk

 

Sri Gethuk merupakan air terjun dengan debit air yang deras dan besar pengunjung sangat dimanjakan dengan suara gemericik air yang jatuh. Lanskap air terjun sangat bagus dengan bentuk bebatuan di bagian bawahnya yang berundak- undak semakin indah ketika dialiri air dari atas tebing. Pengunjung dapat sekedar bermain air ataupun berenang di sekitar air terjun. Namun harus tetap waspada dengan keselamatan mengingat kedalaman  sungai dibawahnya mencapai 5 meter.

 

Sejauh ini objek wisata ini dikelola oleh penduduk setempat maka harga tiket masuk air terjun sri gethuk masih sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 35.000,00 sudah termasuk mengunjungi wisata dekat air terjun Sri  Gethuk yaitu Goa Rancang Kencono. Kemudian untuk menaiki rakit yang membawa ke lokasi air terjun dikenai biaya Rp 10.000,00.

 

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

 

Fasilitas penunjang yang terdapat di kawasan wisata Air Terjun Sri Gethuk bisa dibilang sudah lengkap mengingat tempat ini baru dikelola oleh warga lokal. Sarana yang ada antara lain areal parkir yang luas bahkan bisa menampung bus, terdapat tempat pemancingan di lokasi sebelum masuk ke air terjun. Toilet, mushola sederhana, rakit yang siap menganter pengunjung ke lokasi air terjun bolak – balik dan tempat penyewaan pelampung beserta ban bila pengunjung ingin berenang.

 

Tak perlu khawatir kelaparan setelah lelah berenang di bawah air terjun karena di sekitar lokasi banyak tersedia jajanan khas Gunungkidul seperti gathot dan nasi tiwul sebagai pengganjal perut.

 

Bila bingung mengisi waktu luang di kala akhir pekan, maka tak ada salahnya untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai tempat- tempat wisata yang tersembunyi  seperti Air Terjun Sri Gethuk yang sekaligus dapatmenambah pengalaman berpetualang. Persiapkan perlengkapan pribadi seperti perlatan mandi dan pakaian ganti untuk berganti pakaian setelah basah berenang.