Berburu Spot Foto Kekinian Cahaya Surga di Goa Gajah

Wisata goa terkadang memang memerlukan usaha yang lebih untuk melakukannya. Jalanan menuju lokasi yang terjal, terletak di ketinggian, belum lagi minimnya fasilitas yang ada di area goa membuat oengunjung yang datang terbatas pada pecinta alam maupun penelitian saja. Tapi akan menjadi berbeda bila daya tarik goa itu sangat bagus sehingga awam pun rela untuk menjelajahnya. Salah satunya adalah Goa Gajah di Bantul.

 

Lokasi Goa Gajah

 

Keberadaan goa ini berdekatan dengan beberapa goa di sekitarnya yaitu Goa Jamirono, Goa Kembang, Gia Longan, Goa Wonolagi, dan Goa Menek. Komplek goa ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Menyebut Desa Mangunan pasti pengunjung sudah familiar dengan Hutan Pinus Mangunan. Rute Goa Gajah dari pusat kota Jogja adalah melewati jalan Imogiri Timur menuju Dlingo. Kemudian belok ke arah Kebun Buah Mangunan. Dari kebun buah untuk menuju goa pengunjung lurus terus ke selatan dan akan petunjuk menuju Goa Gajah.

 

Akses jalanan dari kota hingga Dlingo sudah baik, tapi ketika memasuki kawasan goa, jalanan mulai naik turun dan berkelok. Terkadang ada jalanan yang masih bebatuan. Tidak ada kendaraan umum untuk menjangkau goa, maka pengunjung harus membawa kendaraan pribadi maupun sewa.

 

Seputar Goa Gajah

 

Seperti Goa Sunan Mas (Surocolo), goa Nogobumi,  dan goa Payaman yang tentu punya cerita tersendiri mengenai latar belakang penamaannya. Goa ini disebut gajah karena adanya keunikan yang ada di dalamnya. Ketika masuk dalam goa, di sana terdapat batu yang bentuknya sangat mirip dengan gajah. Oleh karena itu penduduk menyebutnya dengan sebutan Goa Gajah.

 

Karakteristik Goa Gajah adalah goa yang di dalamnya berisi stalagtit dan satalagmit yang masih hidup. Ditandai dengan adanya air yang menetes dari ujung- ujungnya. Hingga untuk menyusur goa pengunjung harus memakai alas kaki yang pas agar tidak terpeleset karena lantai goa yang basah dan licin. Penerangan dalam goa pun masih kurang, di dalam cenderung sangat gelap.

 

Suasana Dalam Goa

 

Setelah sampai di dalam goa, terdapat pohon besar yang menjulang ke atas hingga menembus langit- langit goa. Konon ceritanya pohon ini dapat hidup karena goa pernah runtuh hingga pohon tersebut tumbuh. Selain itu banyak terdapat hewan penghuni goa yang banyak dijumpai yaitu kelelawar.

 

Kedalaman goa mencapai 200 meter dengan mulut goa berbentuk vertical, sehingga untuk keluar goa, pengunjung harus menaiki tangga. Aktivitas menyusur goa ini masih tergolong mudah, medannya sangat cocok untuk pemula. Untuk menyusur goa tersedia pemandu dan tersedia penyewaan senter untuk penerangan ketika di dalam goa.

 

Spot Cahaya Surga

 

Selain aktivitas menyusur goa, pengunjung yang datang ke goa ini sangat penasaran dengan keunikan lain yang kekinian yaitu cahaya surga. Cahaya surga tidak berarti memiliki kesan mistik seperti makam Pangeran Purbaya Jogja yang menyimpan pusaka Pangeran Purbaya. Istilah ini hanyalah fenomena yangbisa dinikmati pengunjung ketika berada dalam goa.

 

Cahaya ini adalah berkas sinar matahari yang masuk menyeruak melalui sela- sela lubang goa dari atas hingga ke dalam goa. Sinarnya dari atas berpendar lurus melebar ke bagian dalam goa hingga disebut cahaya dari surga. Ketika pemandangan ini terjadi banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang cahaya tersebut. Efek foto yang dihasilkan memang luar biasa indah.

 

Untuk dapat menikmati spot ini, pengunjung disarankan untuk datang pada pukul 12.00 siang ke atas. Pada saat itu cahaya matahari yang masuk dari arah barat akan menghasilkan berkas sinar yang bagus seperti penjelasan tersebut.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Sebelumnya fasilitas yang ada di goa ini belumlah memadai. Kini sudah banyak perkembangan dilakukan untuk kenyamanan pengunjung. Sekarang sudah tersedia area parkir, toilet dan beberapa warung makan. Untuk memasuki goa pengunjung tidak dikenakan tiket masuk Goa Gajah, hanya dikenakan tariff parkir kendaraan saja. Sedangkan untuk penyewaan senter dikenakan biaya Rp. 5.000 dan biaya untuk pemandu adalah seikhlasnya. Jadi, jangan ragu lagi untuk datang ke Goa Gajah dan dapatkan foto cahaya surga.