Melihat Pantai dari Kejauhan di Goa Sunan Mas (Surocolo)

Wisata goa di Bantul memang sangat banyak. Perbukitan karst yang membentang membuat daerah ini memiliki fenomena alam khas karst yang beragam salah satunya goa. Beberapa goa memiliki keunikan yang berkaitan dengan sejarah masa lampau. Seperti Goa Selarong dan Goa Sunan Mas (Surocolo) yang akan dibahas dibawah ini.

 

Sejarah dan Bukti Peninggalan Hindu

 

Cerita yang berkembang mengenai goa ini cukup beragam hingga beberapa versi. ada yang menyebutkan bahwa goa ini adalah tempat persembunyian Sunan Amngkurat Mas pada masa penjajahan Belanda. Ada pula yang menyebut tempat ini sebagai tempat pertapaan seperti di Goa Cerme. Bedanya yang bertapa di sini adalah Sunan Amangkurat Mas dengan ceritanya bersama Dewi Nawangsari.

 

Apapun yang melatar belakangi kisahnya, nyatanya banyak ditemukan peninggalan- peninggalan di sekitar goa yang mengarah pada jaman kerajaan Hindu. Beberapa peninggalan itu antara lain prasasti kronogram yang bertuliskan tahun 1624 sekarang benda tersebut disimpan di Monas Jakarta. Prasasti tersebut berbentuk batuan andhesit ditemukan di depan goa dengan kondisi terbelah. Tapi gambar pada prasati itu masih sangat jelas yaitu wayang Bhatara Guna berbelalai mengangkat tangan yang diatasnya ada wadah berisi air.

 

Selain itu ditemukan pula arca perunggu yang sekarang kemudian disimpan di BP3 Yogyakarta. Di sekitar goa pun terdapat batuan- batuan tersusun dari luar hingga mulut goa yang memiliki ukiran seperti yang terpahat pada candi. Namun tidak ada keterangan yang jelas mengenai batuan tersebut. Kalau dilihat dari coraknya potongan dan ukiran itu merupakan peninggalan jaman kerajaan Hindu.

 

Suasana Goa Sunan Mas

 

Goa ini tidak seperti goa Lawa yang banyak dihuni kelelawar. Ukuran goa berkisar setinggi 7 meter dengan kedalaman hanya 6 meter. Melihatnya kecilnya ukuran tersebut untuk sebuah goa, maka banyak yang menyebutkan bahwa tempat ini adalah digunakan untuk bertapa pada jaman dahulu. Meskipun di sekitar goa pernah ditemukan beberapa peninggalan sejarah dan prasasti namun di dalam goa ternyata tidak ditemukan adanya informasi mengenai tempat ini. Di luar goa terdapat sebuah ceruk yang juga tidak adanya cerita pasti tentang fungsi dan sejarah adanya ceruk tersebut.

 

Goa ini memiliki pelataran yang luas dengan halaman yang sudah berpaving. Banyak pohon tinggi di sekitarnya hingga suasananya teduh dan rindang. Tersedia pula pendopo yang lumayan luas untuk berisitrahat. Ada pula kolam renang yang lebar namun sayang kondisinya kurang terawat.

 

Keindahan Selain Goa

 

Selain melihat goa, pengunjung yang datang ke area ini juga dapat melihat sendang Tuk Surocolo, Sendang ini berbeda degan Sendang Kasihan. Lokasi Sendang Tuk Surocolo berada di bawah Goa Surocolo. Bahkan pengunjung yang ingin menuju ke Goa Surocolo harus memarkir kendaraan di area Sendang ini.

 

Kemudian untuk melihat goa, pengunjung harus naik ke atas menuju area goa. Jangan terburu- buru untuk melihat goa bila sesampainya di atas. Pemandangan yang dapat dilihat dari atas sini sungguh mempesona. Bahkan spot gardu pandang ini terasa lebih menarik daripada goa itu sendiri. Di sini pengunjung dapat melihat pantai Parangtritis dari ketinggian. Nuansa biru laut dengan batasan pegunungan hijau membentang sungguh menawan, terlebih udara di kawasan ini masih sangat sejuk dan bersih.

 

Akses Menuju Goa

 

Bila Monumen Bibis terletak di Kecamatan Kasihan, maka Goa Sunan mas ini terletak di Kecamatan Pundong, Bantul, Jogja. rute yang dapat dipilih bila berangkat dari pusat kota Jogja adalah melewati jalan Parangtritis menuju Jembatan Kretek kemudian ikuti jalur ke Siluk sejauh 1km sampai ke simpangan dan naik terus menuju Sendang Tuk Surocolo.

 

Akses menuju lokasi ini sudah baik dan beraspal, namun hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau menyewa. Kendaraan umum belum mengjangkau daerah ini. tak perlu khawatir tersesat karena banyak papan petunjuk yang mengarah ke lokasi.

 

Kelengkapan fasilitas masih terbatas, namun tersedia pendhopo untuk beristirahat dan warung di sekitarnya. Melihat landskapnya, sepertinya akan lebih menarik bila datang ke Goa Sunan Mas (Surocolo) ini degan mengendarai sepeda motor.