Wisata Edukasi di Desa Wisata Kembang Arum

Anak-anak bisa dikatakan susah-susah gampang ketika diajak liburan. Jika mereka merasa bosan jangan heran jika lebih banyak cemberut di wajahnya dibandingkan wajah tersenyum. Padahal sebagai orang tua terkadang ingin mengajak anak-anak liburan tidak hanya untuk senang-senang tetapi juga ada nilai edukasi. Mereka bisa bermain tetapi sekaligus belajar. Padahal tidak semua tempat menyediakan hal tersebut. Wisata edukasi terkadang membosankan sebaliknya wisata menyenangkan namun minim edukasi. Beruntung saat ini semakin banyak wisata yang menyenangkan sekaligus edukatif. Anak-anak bisa bersenang-senang dan orang tua pun tidak khawatir karena terdapat nilai edukasi di dalamnya. Anda bisa mendapatkannya di Desa Wisata Kembang Arum.

 

Sekilas Desa Wisata Kembang Arum

 

Desa wisata kembang arum berada di Kelurahan Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di area seluas sekitar 22 hektar. Desa ini terdiri dari 2 RT dengan 65 Kepala Keluarga dan total memiliki sekitar 269 orang penduduk. Awalnya desa wisata turi ini hanya memiliki satu rumah yang dimanfaatkan untuk seluruh kegiatan wisata.

 

Setiap ada pengunjung yang datang selalu menginap di rumah milik Drs. Marsahit ini. Seiring semakin meningkatnya jumlah pengunjung sekaligus semakin banyak kegiatan yang dilakukan saat ini sudah terdapat setidaknya 55 home stay, 3 gazebo dan 1 rumah sawah atas nama desa tersebut.

 

Selain itu ada pula panggung kesenian, rumah joglo yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan seperti ruang pertemuan atau meeting hingga digunakan untuk resepsi pernikahan. Ada pula artshop dan gubug-gubug kecil. Tingginya wisatawan membuat para warga juga semakin bersemangat untuk menata desa mereka sehingga pengunjung pun merasa nyaman.

 

Anak-anak tidak akan Bosan

 

Jika mencari tempat wisata anak yang tidak hanya menyenangkan dan tidak membosankan maka desa wisata kembang arum outbound adalah tempatnya. Di desa wisata ini anak-anak tidak akan merasa bosan karena ada banyak permainan yang diberikan.

 

Outbond baik untuk anak-anak karena mereka diajak untuk bergerak sekaligus memaksimalkan penggunaan otak kanan dan kiri. Tanpa disadari melalui outbond bisa mengenali karakter seseorang apakah penuh motivasi, memiliki jiwa kepemimpinan, pantang menyerah dan sebagainya. Beberapa permainan tradisional yang dikenalkan diantaranya egrang, dakon, engklek, gobak sodor dan lainnya.

 

Dengan tiket masuk desa wisata kembang arum yang terjangkau dimana rata-rata permainan adalah Rp 15.000,- per orang bisa memberikan pengalaman yang mengasyikkan. Perlombaan egrang, balap bakiak, adu tarik tambang di lumpur, bambu keseimbangan, balap dingklik, bambu pancuran, gebuk bantal, tampah bola, sepak bola lumpur, basket lumpur, kenthos keseimbangan atau volley geber.

 

Ada pula lomba mencari ikan yang dikenai biaya Rp 20.000,- per orang dan flying fox dengan Rp 25.000,- per orang. Suasana ini tentu tidak akan diperoleh di desa wisata lain yang memiliki ciri khas masing-masing misalnya di Desa Wisata Jamur dengan suasana alam dan kulinernya.

 

Tersedia Paket Lengkap

 

Jika ingin belajar bertani maka di Desa Wisata Brayut adalah tempatnya. Anda bisa memanfaatkan paket wisata yang disediakan. Termasuk di wisata kembang arum ini juga menyediakan paket wisata. Sangat tepat bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata sekolah misalnya usia TK, SD, SMP atau SMA.

 

Setiap paket yang tersedia tentu disesuaikan pula dengan usia begitu pula dengan jenis permainan yang disediakan. Tingkat kesulitan maupun tantangan yang diberikan. Bagi pengunjung dewasa misalnya dari organisasi, kantor maupun perusahaan juga diberikan paket instansi maupun paket dewasa. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menentukan pilihan yang paling tepat.

 

Fasilitas Pendukung

 

Ketika berada di desa wisata gabugan tentu Anda bisa belajar budaya tradisional Jawa kemudian bisa menikmati buah salak langsung dari pohonnya termasuk menikmati olahan buah salak tersebut. Nah, selain wisata yang menyenangkan selama di desa wisata ini juga didukung dengan fasilitas yang lengkap.

 

Diantaranya arena permainan, toilet, homestay atau penginapan, masjid, sanggar lukis, rumah makan, perpustakaan wisata, mobil untuk jelajah alam dan lainnya. Jika Anda penggemar pijat, tempat ini juga menyediakan. Anda perlu merasakan sensasi pijat dengan menikmati pemandangan alam karena dilakukan di pinggir sungai. Bagaimana? Penasaran ingin berkunjung ke Desa Wisata Kembang Arum?

Alamat: Kembangarum 13, Donokerto, Turi, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551