Mancing di Pantai Peyuyon Yuk!

Hobi memancing di laut tidak sekadar mencari ikan saja. Namun bisa sekaligus menjadi sarana untuk rekreasi sambil menikmati pemandangan laut. Di beberapa laut bahkan bisa memberikan pemandangan matahari terbit atau terbenam. Jadi, jika ingin melihat pemandangan matahari terbit tentu harus berangkat sebelum subuh. Sedangkan untuk menikmati matahari terbenam bisa berangkat sore hari sebelum ashar. Bahkan bisa juga menikmati matahari terbit dan terbenam apabila berada di sana dari sore hingga matahari terbit keesokan harinya. Salah satu pantai yang menjadi lokasi favorit di Jogja untuk memancing adalah Pantai Peyuyon Gunungkidul.

 

Lokasi Pantai Peyuyon

 

Berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul menjadi Pantai Peyuyon sebagai deretan pantai-pantai yang sayang untuk dilewatkan selama berada di Gunungkidul. Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari Kota Yogyakarta.

 

Tidak adanya kendaraan umum untuk menuju lokasi pantai peyuyon sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewanya. Bisa kendaraan roda dua maupun roda empat. Periksa kendaraan sebelum digunakan. Mulai dari masing-masing ban, rem dan bahan bakar. Perjalanan menuju Gunungkidul memang melalui jalan raya yang mulus.

 

Namun Anda akan menemui tanjakan, turunan dan tikungan tajam. Tantangan selanjutnya ketika perjalanan mencari lokasi. Melewati jalan perkampungan, jalan beraspal kasar atau berbatu. Sebelum akhirnya memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Karena memang lokasi menuju pantai hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

 

Rute Menuju Peyuyon

 

Anda bisa memanfaatkan Google map namun untuk ringkasnya jika Anda ingin mengunjungi pantai peyuyon jogja sebaiknya melewati rute menuju Pantai Ngrenehan. Jadi, dari Yogyakarta arahkan kendaraan menuju Piyungan.

 

Terus hingga ke Patuk lanjut ke Gading hingga ketemu pertigaan Gading ambil kanan menuju pasar Playen. Kemudian lanjut ke pasar Paliyan ke Puslatpur TNI lurus saja ke selatan hingga Saptosari. Selanjutnya silakan ke Pasar Trawono ambil ke Pantai Ngrenehan.

 

Sebelum sampai di Pantai Ngrenehan, belok kiri mengikuti jalan menuju pantai widodaren. Namun sebelum sampai Widodaren belok kiri melewati jalan cor blok dilanjutkan jalan berbatu. Jalan terus sampai menemukan gubug milik petani dan Anda bisa memarkirkan kendaraan di sana.

 

Setelah itu perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki. Anda akan melalui jalan setapak di kanan kirinya adalah semak belukar. Jangan ragu untuk menyapa para warga ketika melewati ladang mereka atau saat berpapasan. Sekalian bisa bertanya apakah arah yang dilalui sudah benar karena tidak ada penunjuk jalan menuju lokasi.

 

Anda pun bisa sesekali berhenti sejenak sekedar menikmati pemandangan maupun beristirahat. Saat sudah semakin dekat dengan pantai, suara debur ombaknya bisa terdengar dari kejauhan. Suara debur ombak tersebut semakin menambah semangat untuk segera cepat sampai di pantai.

 

Surganya Penggemar Memancing

 

Begitu sampai di Peyuyon, Anda disambut dengan pemandangan menawan dari pantai yang tidak terlalu luas dan hamparan pasir yang terlihat masih alami dan nyaris tidak ada jejak kaki. Berbeda dengan pantai ngungap bisa dikatakan Peyuyon ini adalah surganya para penggemar memancing.

 

Airnya terlihat biru dan banyak ikan terlihat berenang kesana kesini. Jadi jangan terlalu heran saat datang di pagi atau sore hari kemudian berpapasan dengan mereka. Orang-orang dengan perlengkapan memancingnya masing-masing menempati spot-spot favorit mereka. Ada yang memang warga sekitar dan ada pula yang dari luar kota. Jika Anda penggemar memancing, tidak ada salahnya membawa perlengkapan memancing saat mengunjungi pantai ini.

 

Camping

 

Saat berada di pantai wono Anda bisa menikmati pemandangan yang ada. Di Peyuyon sendiri, semilir angin ditambah suara debur ombak menambah semangat ketika memancing. Menunggu ikan memakan umpan pun tidak akan membosankan.

 

Pemandangan di Peyuyon memang tiada duanya. Diapit pegunungan membuat pantai ini tersembunyi. Pasirnya begitu bersih begitu pula airnya yang jernih. Lalu di bibir pantai terdapat pohon pandan yang bisa digunakan untuk berteduh saat cuaca begitu panas.

 

Hamparan pasir memang tidak terlalu luas namun pantai ini bisa digunakan untuk camping. Apalagi bagi Anda yang ingin menikmati suasana malam di pantai tersebut. Sebelum memutuskan untuk camping, ada baiknya untuk minta izin pada pengurus setempat sehingga camping Anda di Pantai Peyuyon pun bisa dinikmati dengan nyaman. Bagi Anda yang menginginkan kemudahan mengunjungi pantai ini, Anda bisa mengandalkan paket liburan Jogja yang di tawarkan oleh agen tour dan travel.

 

Alamat: Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta