Eloknya Panorama Pantai Kayu Arum

Terlalu sering terbebani dengan berbagai tekanan masalah, bisa karena masalah pekerjaan maupun hal lain bisa membuat orang merasa jenuh. Refreshing, piknik atau wisata bisa menjadi jalan keluar. Sekedar mengalihkan perhatian pikiran sejenak sehingga beristirahat dan lebih bersemangat lagi. Nah, pantai termasuk tempat yang paling disukai untuk sekedar menghilangkan penat secara instan. Kombinasi pemandangan alam, debur ombak, berinteraksi dengan pasir dan air laut memberikan kebahagiaan. Pantai Kayu Arum Gunungkidul bisa menjadi salah satu alternatif pantai yang bisa dikunjungi di Jogja.

 

Tentang Pantai Kayu Arum

 

Di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul Anda bisa mengunjungi Pantai Kayu Arum ini. Pantai ini memiliki keistimewaan dengan panoramanya yang elok. Pantai ini memang belum banyak dikenal kalangan masyarakat terutama dalam paket liburan Jogja.

 

Jadi jangan heran jika Anda bertanya kepada beberapa orang kemudian tidak semua orang pernah mendengar nama tersebut. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Jika Anda tipe orang yang suka bermain air di pantai maka Anda harus berhati-hati.

 

Karena di pantai ini memiliki ombak yang cukup besar ditambah dengan angin yang kencang. Namun pada saat surut Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang. Besarnya ombaknya yang menghantam batu karang seringkali mengagetkan. Diantara deretan pantai wonosari yang masih sepi pengunjungi, bisa dikatakan Kayu Ayun merupakan salah satu pantai yang dikenal dengan ombak besarnya.

 

Menuju ke Pantai Kayu Arum

 

Jika Anda penasaran dengan rute ke pantai kayu ayun maka bisa mencari tahu menggunakan Google map. Bisa juga mengikuti petunjuk jika Anda dari Kota Yogyakarta maka pilih jalan menuju Wonosari. Kemudian sampai di pertigaan ambil kanan menuju Kecamatan Playen yang dikenal dengan Desa Wisata Sri Getuk-nya.

 

Anda ambil lurus hingga sampai di Kecamatan Saptosari. Anda nantinya bertemu dengan pertigaan sebelum Pantai Baron. Ambil kanan dan lurus terus hingga Pantai Parangracuk. Cari saja Gedung Baron Techno Park yang merupakan tempat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang (PLTG) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Parkirkan kendaraan Anda di sini.

 

Nah, di sinilah tantangan dimulai. Seperti saat akan ke pantai peyuyon dimana pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu. Demikian juga yang terjadi ketika menuju Kayu Ayun. Setidaknya 4 km jaraknya dari Baron Techno Park ini.

 

Dan Anda tidak bisa mengendarai kendaraan untuk menuju pantai tersebut. Anda melewati jalan setapak dan berbatu. Jangan khawatir sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam pedesaan. Ditambah keramahan warga sekitar yang tidak segan menyapa.

 

Ada yang membutuhkan waktu 15 menit, ada pula yang butuh waktu 30 menit untuk sampai di pantai tersebut. Jadi, jangan lupakan perbekalan. Minimal membawa air minum.

 

Camping untuk Uji Nyali

 

Sudah bukan hal yang mengejutkan orang suka camping atau berkemah di pantai termasuk di pantai tanjung menyer. Camping di pantai sebenarnya menguji kemampuan orang yang melakukannya. Menguji kemampuan untuk bertahan hidup jauh dari pemukiman.

 

Pantai ini termasuk jauh dari pemukiman. Kemudian menguji nyali untuk bisa mengelola makanan dan minumam. Menguji kemampuan untuk dekat dengan alam. Apalagi di pantai yang selalu takjub dengan suara ombaknya.

 

Camping di pantai ini pun menguji nyali keberanian Anda untuk bertanya kepada warga lokal boleh tidaknya camping di pantai tersebut. Termasuk mencari tahu mengenai mitos, kepercayaan maupun adat istiadat para warga lokal. Meskipun Anda tidak mempercayai segala ritual yang ada. Namun Anda perlu tetap menghargainya.

 

Menikmati Pemandangan Eksotis Kayu Arum di Atas Bukit

 

Semakin lama semakin diketahui bahwasana pantai sadeng bukan merupakan satu-satunya pantai sepi yang ada di Gunungkidul. Pemandangan semakin eksotis, ketika Anda melihat pemandangan pantai dari atas bukit. Bukit tersebut berada di sebelah timur pantai.

 

Untuk naik di bukit tersebut, tentu saja Anda membutuhkan tenaga ekstra menuju lokasi. Tidak sedikit pula yang memilih untuk berkemah atau camping di bukit ini.

 

Dimanapun Anda memutuskan untuk berkemah atau camping, pastikan minta izin kepada warga setempat, membuang sampah pada tempatnya atau membawa kembali sampah yang dihasilkan selama berada di Pantai Kayu Arum.

 

Alamat:  Kanigoro, Sapto Sari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta