Indahnya Pantai Porok Gunungkidul

Gunungkidul dikenal dengan pantai-pantainya yang indah. Pantai-pantai yang memang sudah cukup populer maupun pantai-pantai tersembunyi dan belum banyak dikenal. Lokasi pantai-pantai itu pun cukup berdekatan. Sehingga jika Anda ingin mengunjunginya pun sebenarnya cukup mudah karena lebih mudah. Namun sebelum mengunjunginya perlu merencanakan tujuan terlebih dahulu. Pantai mana saja yang ingin dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Porok yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Kukup. Sekitar 1 km dari pantai tersebut. Sehingga Anda bisa sekaligus mengunjungi kedua pantai tersebut.

 

Tentang Pantai Porok

 

Pantai Porok lokasinya memang tidak terlalu jauh dari pantai kukup tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini belum dikelola layaknya pantai yang sudah dikelola industri wisata sehingga masih sepi pengunjung.

 

Namun jangan ragukan keindahan pantai ini. Saat berada di pantai ini Anda bisa melihat gardu pandang pantai kukup sangat jelas. Anda pun bisa memperoleh pemandangan menarik dari pantai ini. Pasalnya pantai ini diapit pegunungan.

 

Kemudian hamparan pasirnya yang tidak terlalu luas, memungkinkan para pengunjung bisa menjelajahinya sepuasnya. Apalagi jumlah pengunjung yang belum terlalu banyak. Pantai yang dikelilingi pohon cemara ini pun nampak makin asri dan indah.

 

Ombak di pantai ini cukup besar sehingga Anda perlu berhati-hati, apalagi pengunjung yang cenderung sepi. Sebaiknya menikmati pemandangan alam yang ada justru memberikan sensasi liburan yang lebih menyenangkan.

 

Rute Menuju Porok

 

Karena lokasinya yang memang terpencil, pantai ini tentu belum didukung berbagai fasilitas untuk umum termasuk tempat parkir. Pengunjung biasanya memarkirkan kendaraan yang digunakan di tempat parkir pantai kukup atau sepanjang.

 

Hal ini sangat dipengaruhi dimana pengunjung tersebut memilih rute menuju pantai. Bahkan berbeda lokasi parkir maka berbeda pula bagaimana cara menuju lokasi. Jika Anda memilih memarkirkan kendaraan di Kukup maka begitu memarkirkan kendaraan, Anda bisa menyusuri pantai.

 

Saat sedang surut, Anda bisa menyusuri bukit yang ada di sebelah timur pantai. Dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak melawati ladang penduduk. Dan sampailah di Porok.

 

Jadi sebenarnya ada beberapa rute. Anda hanya tinggal memutuskan untuk memilih rute yang melalui Kukup, Pantai Sepanjang atau pantai lolang jika Anda dari Yogyakarta kota pun cukup mudah. Tinggal mengikuti google map dan sesekali bertanya kepada penduduk sekitar maka Anda bisa sampai lokasi.

 

Jika Anda memutuskan untuk parkir kendaraan di Pantai Sepanjang atau Lolang maka selanjutnya Anda berjalan kaki melewati ladang warga. Termasuk melewati perbukita yang berada di sebelah Pantai Lolang.

 

Medannya cukup sulit sehingga Anda harus menggunakan alas kaki yang nyaman. Setidaknya Anda membutuhkan waktu 20 menit perjalanan. Sulitnya medan jalanan akan terbayar begitu sampai di pantai tersebut.s

 

Direncanakan Sebagai Pusat Penelitian

 

Pantai ini memang  belum seramai pantai baron namun keduanya sama-sama memiliki potensi untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Pantai Baron dengan energi alternatifnya sedangan pantai ini pada Maret 2017 lalu sempat direncanakan sebagai pusat penelitian sumber daya laut dan pantai oleh Fakultas Biologi UGM.

 

Namun hingga kini belum pasti kejelasannya. Saat itu dikatakan bahwa Indonesia belum memiliki stasiun lapangan penelitian khususnya yang berkaitan dengan sumber daya laut dan pantai yang ada di Pantai Selatan Jawa. Apalagi penelitian terkait kelautan masih sangat terbatas padahal Indonesia termasuk negara maritim dengan laut yang dimiliki.

 

Mendukung Kesejahteraan Masyarakat

 

Rencana sebagai lokasi penelitian pun tidak semata berkaitan dengan sumber daya laut semata. Namun juga berkaitan dengan masyarakat pesisir. Selama ini kebanyakan masyarakat sekitar hanya mencari ikan, landak laut, rumput laut dan sebagainya. Kemudian menjualnya atau mengolahnya untuk dikonsumsi sendiri.

 

Nah, ketika dijadikan sebagai lokasi penelitian, juga memikirkan kesejahteraan masyarakat. Misalnya pengolahan ikan-ikan, rumput laut termasuk cara membudidayakannya. Budidaya lobster, nori, mikroalga dan seterusnya. Termasuk diantaranya berkaitan dengan konservasi.

 

Pada akhirnya ketika benar-benar dijadikan sebagai tempat penelitian, maka sama-sama bisa memberikan keuntungan bagi semua orang. Tetapi lepas dari itu semua, Anda tetap bisa mengunjunginya. Sehingga Anda pun bisa mengetahui potensi yang tersembunyi bahkan mungkin bisa memahami mengapa Pantai Porok akan dijadikan sebagai lokasi penelitian. Jikalau anda ingin kemudahan mendatangi pantai ini, ada bisa memilih paket wisata Jogja murah dari para agen wisata di Jogja.

 

Alamat:  Desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DIY