Yuk, Intip Lokasi Sumber Energi Alternatif di Pantai Parang Rancuk

Wisata selalu dihubungkan dengan liburan untuk bersenang-senang. Padahal bisa saja wisata untuk menambah pengetahuan. Wisata alam dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya alam sebagai tujuan wisata. Wisata budaya dilakukan untuk mengenali kebudayaan setempat. Pantai termasuk bagian dari wisata alam. Namun tidak jarang juga sebagai wisata budaya karena sekaligus mempelajari kebudayaan masyarakat pesisir sekitar pantai. Bagaimana dengan Pantai Parang Rancuk yang berada di Jogja terutama di Kabupaten Gunungkidul?

 

Tentang Pantai Parang Rancuk

 

Pantai Parang Rancuk berada  di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istitimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari pantai Baron tepatnya di sebelah barat pantai tersebut, sekitar 3 km.

 

Pantai ini memang tidak memiiki hamparan pasir yang luas namun memiliki tebing tinggi. Memang cukup tinggi setidaknya 15 meter. Saat berada di pantai ini Anda bisa melihat jajaran pantai seperti Kukup, Baron dan Sepanjang. Ombak-ombak yang bertemu bukit menjulang menawarkan suara yang kencang membuat hati berdebar.

 

Bagi penggemar fotografi, berada di pantai ini bisa memperoleh angle-angle menarik. Bisa berasal dari pemandangan pantai dari ketinggian, ombak-ombak yang bertemu tebing, aktifitas para pemancing karena di tempat ini sering juga digunakan untuk memancing.

 

Ada beberapa spot favorit memancing karena dikenal dengan ikan-ikannya yang cukup besar. Jangan lupakan juga dengan pemandangan matahari terbenamnya yang sungguh menawan. Pantai ini juga kaya dengan biota lautnya.

 

Menikmati Pemandangan Alam

 

Mengunjungi pantai ini bisa dikatakan sebagai paket lengkap wisata. Alam yang indah dengan pegunungan yang ada di sekitar pantai. Birunya air laut, bertemu dengan biru langit dan awan putihnya. Belum lagi gelombang air laut bertemu tebing-tebing pantai memberikan pemandangan yang menawan.

 

Kondisi pantai yang sepi memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk mengeksplore setiap sudut pantai. Mencari segala potensi yang dimiliki. Baik pemandangan alam maupun potensi laut yang dimiliki misalnya ikan-ikan laut yang ada, kerang-kerangan, rumput laut atau landak laut yang mungkin bisa ditemukan.

 

Potensi Sumber Energi Alternatif

 

Saat ini penggunaan energi terbarukan atau energi alternatif memang tengah didengungkan. Hal ini dikarenakan sumber energi tak terbarukan yang lama-kelamaan bisa habis. Sementara penggunaan energi terbarukan menjadi pilihan karena sumber tidak terbatas.

 

Apalagi pemanfaatan energi terbarukan umumnya memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Misalnya saja air, angin, sinar matahari, air laut pasang atau gelombang dari air laut dan lainnya. Nah, pantai ini juga memiliki potensi besar sebagai sumber energi alternatif khususnya penggunaan sinar matahari dan gelombang air laut. Apalagi ombak di pantai ini juga dikenal cukup besar. Begitu pula dengan teriknya sinar matahari di siang hari.

 

Beberapa bukti bahwa pantai ini memiliki potensi energi alternatif dengan adanya prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan solar cell-nya. Prototipe ini dibangun sejak 2002 dan digunakan untuk pengembangan energi alternatif menggunakan tenaga surya atau matahari.

 

Selain itu ada pula prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang (PLTG) atau ada pula yang menyebutnya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO). Untuk prototipe ini digunakan untuk mengembangkan energi alternatif menggunakan gelombang air laut atau ombak.

 

Tempat dimana kedua prototipe ini berada dikenal juga dengan sebutan Baron Technopark. Keberadaan kedua prototipe dengan berbagai peralatan pendukung termasuk kincir angin memberikan pemandangan menarik. Pemandangan ini tentu tidak bisa ditemukan ketika mengunjungi pantai Watu Kodok maupun pantai lain.

 

Menuju Pantai Parang Racuk

 

Menuju pantai sanglen ataupun Parang Racuk saat ini semakin dimudahkan dengan adanya google map. Keberadaan map ini makin memudahkan karena bisa mencocokkan antara rute yang ada dengan map tersebut.

 

Melalui rute dari Yogyakarta Anda bisa menuju Jalan Wonosari menuju Piyungan terus hingga bukit Patuk Gunungkidul. Di Bukit ini Anda bisa berhenti sejenak menikmati pemandangan yang ada sebelum melanjutkan perjalanan ke Sambipitu dan Hutan Bunder.

 

Lalu lanjut ke Playen dan Pasar Wonosari. Sebelum Polres belok kanan menuju Jaan Baron. Selanjutnya SMK Pelayaran urus saja hingga Kemadang. Lalu sebelum pertigaan sebelum pantai Baron belok kanan lalu ke kiri. Sampailah di Pantai Parang Racuk Gunungkidul. Untuk menikmati spot-spot menarik lainnya yang berada di Jogja, anda bisa memilih paket tour Jogja yang banyak ditawarkan oleh tour & travel agents.

 

Alamat:  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul