Asyiknya Melihat Pertunjukan Teater di Padepokan Seni Bagong Kusudiharjo

Bagi pecinta seni, berkunjung ke tempat-tempat yang mempunyai nilai dan sejarah yang berhubungan dengan seni tentu sangat menarik. Sebagai kota budaya, Jogja memang banyak memiliki lokasi wisata yang sarat degan nilai seni dan budaya terutama budaya Jawa. Seperti salah satu tempat berikut yang merupakan padepokan milik salah satu seniman besar Indonesia yang bertempat tinggal di Jogja yaitu Padepokan Seni Bagong Kussudiarja. 

 

Lokasi Padepokan Seni

 

Padepokan Seni Bagong Kussudiarja tepatnya berada di Dusun Kembaran, Tamantirto, Bantul, Jogja. Lokasinya berjarak sekitar 9.5km dari pusat kota Jogja dengan waktu tempuh 20 menit perjalanan. Rute yang ditempuh bisa melalui Jalan Wates dan jalan Nasional III atau bisa juga melewati Jalan Bantul menuju Desa Tamantirto.

 

Akses menuju lokasi sudah sangat bagus dan mudah ditemukan menuju kea rah Pabrik Gula Madukismo atau sisi selatan Ring Road Selatan. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk menuju ke sini.

 

Sejarah Padepokan Seni Bagong Kussudiarja

 

Adalah salah seorang seniman besar bernama Bagong Kussudiarja yang telah berkecimpung di dunia seni dan pertunjukan dari sejak tahun 1950, hingga pada tahun 1978 beliau mendirikan sebuah lembaga non formal dalam bidang seni. Pendirian ini bertujuan untuk membangun manusia Indonesia melalui seni. Pada akhirnya setelah beliau wafat, lemaga pendidikan ini kemudian menjadi Yayasan Bagong Kussudiarja.

 

Yayasan ini bersifat nirlaba dan mengelola padepokan seni yang dimanfaatkan oleh semua masyarakat ataupun kalangan komunitas seni untuk memfasilitasi semua kegiatan yang berkatian dengan seni. Di rumah budaya terbuka ini dikembangkan praktek dan pertunjukan seni/ budaya sebagai media edukasi.

 

Suasana Padepokan

 

Tak seperti Pasenggrahan Parang Kusumo yang terkesan memiliki suasana mistis dan angker. Di area seluas 5.000m2 ini padepokan berada di pinggir kota yang mudah dijangkau dan memiliki suasana yang tenang khas pedesaan.

 

Dari depan nampak sempit namun begitu masuk ke dalam, areanya begitu luas dan rindang karena banyak pepohonan. Ruangan- ruangan di dalam didesain sangat artistic, terdapat patung seniman pendirinya yaitu Bagong Kussudiarja, panggung pertunjukan, dan masih banyak lagi.

 

Banyak karya besar yang lahir dari tempat ini, pasalnya banyak seniman yang memang datang dan belajar di tempat ini hingga menghasilkan karya- karya seni mereka.

 

Kegiatan di Padepokan Seni

 

Padepokan seni ini dibuka untuk umum. Masyarakat boleh datang untuk menikmati sajian ataupun kegiatan seni yang ada di lokasi ini. Setiap bulannya ada agenda rutin kesenian yang diselenggarakan. Beberapa kesenian yang bisa dilihat antara lain Jagongan Wagen yaitu pertunjukan teater, tari dan gabungan keduanya dengan dukungan music dan tata lampu. Pertunjukan ini sangat banyak penggemarnya karena memang bagus dan setiap pementasan menampilkan judul cerita yang berbeda.

 

Selain teater, sering pula diadakan pameran seni rupa dari berbagai seniman seperti Bagong Kussudiarja, Djaduk Ferianto, Butet Kertaradjasa, dll. Ada pula event seni seperti pappermoon puppet yang juga diselenggarakan di sini. Awam semakin penasaran untuk datang ke padepokan setelah  menjadi lokasi syuting AADC2. Banyak pengunjung yang datang ke padepokan ini sekedar untuk melihat even, pameran, maupun rutin melihat pertunjukan teater.

 

Fasilitas Lengkap

 

Seperti AGROWISATA, AGROREJO yang sudah melengkapi fasilitas umumnya dengan baik demi kenyamanan pengunjungnya. Begitu pula dengan padepokan seni ini. dengan luas wilayah yang sangat luas dan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan di tempat ini tentu pengelola sudah menjamin kenyamanan bagi para pengunjung yang datang kemari.

 

Fasilitas yang tersedia antara lain studio besar digunakan sebagai ruang pertunjukan utama dengan kapasitas mencapai 500 orang, studio arena, dan studio berebntuk pendapa. Studio tersebut sudah dilengkapi dengan tata lampu yang apik. Studio ini multifungsi bisa digunakan untuk aktivitas kreatif, proses latihan, diskusi, dan workshop. Selain studio untuk pertunjukan teater ada pula studo digital untuk berlatih karawitan atau gamelan.

 

Selain studio padepokan juga dilengkapi kantor, toilet, area parkir, dan wisma. Wisma ini terdiri dari beberapa kamar seniman maupun peserta event yang diselenggarakan di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja.