Mengunjugi Pabrik Gula Madukismo, Apa Saja Daya Tariknya?

Ingin berwisata yang anti-mainstream, berkesan sejarah, klasik, namun penuh dengan edukasi? Di Bantul terdapat satu lokasi yang tepat untuk mendapatkan semua itu. Dimana pengunjung serasa dibawa flashback ke masa lalu dan merasakan suasana industry besar pada masanya bahkan sampai sekarang pun masih berproduksi. Tempat itu adalah Pabrik Gula (PG) Madukismo.

 

Lokasi Pabrik Madukismo

 

Alamat Pabrik Gula Maduksimo berada di Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Jogja. Dari pusat kota Jogja lokasi pabrik gula berjarak sejauh 7km dan dapat ditempuh hanya dengan waktu selama 20 menit. Rute yang bisa dipilih untuk menuju pabrik adalah melalui Jalan Bugisan Selatan atau Jalan Wates. Akses menuju lokasi sangat baik dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum.

 

Pabrik Gula Jaman Belanda

 

Bila dilihat dari bentuk bangunan, pabrik ini seperti pabrik gula lain yang khas dengan arsitektur bernuansa bangunan-bangunan pada jaman Belanda. Sejarah Pabrik Gula Madukismo dibangun pada tahun 1955 sebagai satu-satunya produsen gula, alcohol, dan spiritus di provinsi DIY. Pabrik ini diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX diresmikan oleh presiden Soekarno.

 

Pabrik ini masih beroperasi hingga saat ini dengan berbagai kegiatan produksi untuk menghasilkan gula pasir dan spiritus.  Tak seperti Monumen KB/APSARI danMonumen Brimob, pabrik ini membuka diri untuk menyediakan paket agrowisata dimana pengunjung dapat melihat berbagai aktivitas yang ada di pabrik. Beberapa hal menarik yang dapat dilakukan pengunjung saat berada di pabrik antara lain:

  1. Paket Wisata Maduksimo

Untuk menikmati paket wisata ini, pengunjung terlebih dahulu harus mendaftar kepada sebagai peserta wisata di jauh hari sebelumnya karena paket ini tidak diselenggarakan setiap waktu. Di paket ini peserta dijelaskan mulai dari pengenalan gedung- gedung, melihat mesin dan proses produksi hingga akhir dan berkeliling area pabrik menggunakan lokomotif tua khas jaman dulu.

 

Pada awal sesi pengunjung dimulai dengan penjelasan dengan audio visual tentang proses pembuatan gula tebu dan hasil sampingnya berupa spiritus di Gedung Madu Chandya. Setelah itu dengan menggunakan kereta berkeliling melihat area pabrik hingga ke perkebunan di dekat pabrik. Setelah selesai keliling pengunjung bisa menuju ke Pabrik Madukismo. Suasanya sangat menyenangkan sehingga tak nampak misteri Pabrik Gula Madukismo.

 

Di area pabrik pengunjung bisa melihat proses pembuatan gula mulai dari pemerahan nira untuk mendapatkan sari gula, pemurnian nira dengan sulfitasi, penguapan nira, kristalisasi, puteran gula, hingga tahap pengemasan. Namun hal itu hanya bisa dilihat jika pengunjung datang di bulan Mei-September.

 

Setelah itu pengunjung bisa datang ke Pabrik Spiritus Maduksimo. Disini proses yang bisa dilihat adalah meliputi tahap pengenceran bahan baku, peragian atau fermentasi dan penyulingan hingga enjadi spiritus.

  1. Belanja di Swalayan Pabrik

Pada akhir sesi tour paket wisata pabrik, pengunjung boleh membeli hasil- hasil produksi pabrik di swalayan yang ada di area depan pabrik. Tentunya belanja di lokasi ini bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena produk yang berasal langsung dari pabriknya. 

  1. Cembengan

Pada musim giling tiba pasti diadakan semacam upacara sebagai rasa syukur dan memohon berkat agar proses produksi lancar hingga akhir. Upacara ini disebut cembengan. Ditandai dengan adanya kirab tebu temanten dan pemotongan kerbau dan sapi, sesajen, dan pembacaan doa. Bagi warga sekitar tentu upacara ini disambut dengan antusias karena pasti banyak pula diselsenggarakan agenda kesenian seperti wayang kulit, reog, jathilan. Yang tak ketinggalan adalah pasar malam. Di pasar ini menjual aneka makanan khas yang hanya ada pada masa cembengan. Tak hanya makanan namun juga ada berbagai wahana permainan anak-anak.

 

Tiket Masuk dan Jam Kerja

 

Untuk dapat menikmati paket wisata tersebut, pengunjung dikenai biaya Rp 7.000/orang dengan minimal peserta 40 orang. Sedangkan jam buka pabrik Senin-Kamis pukul 07.30-15.00 WIB, Jumat-Sabtu pukul 07.30- 11.30 WIB.

 

Wisata ini sangat menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga karena selain seru, pengunjung juga akan mendapatkan wawasan di Pabrik Gula (PG) Madukismo.