Trekking ke Goa Payaman, Bahkan Bisa Camping di Dekat Goa

Bantul tidak hanya terkenal dengan hutan pinus dan gumuk pasir saja, namun juga banyaknya wisata pantai dan goa. Wisata goa merupakan hal yang menarik bagi pecinta alam dan penjelajahan. Melihat keunikan setiap goa satu dengan yang lain yang tentunya masing- masing goa memiliki karakteristik tersendiri. Seperti keunikan Goa Payaman dibawah ini.

 

Lokasi Goa Payaman

 

Keberadaan Goa Payaman tepatnya di Dukuh Payaman, Desa Argorejo, Sedayu, Bantul, Jogja. Lokasinya berada sejauh 14km dari pusat kota Jogja. rute yang dapat ditempuh dari kota adalah melalui Jalan Raya Yogya- Wates di Km 12 hingga simpang empat Sedayu menuju selatan lewat Jalan Sedayu Gesikan. Akses menuju goa sudah baik dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi.

 

Keadaan Goa Payaman

 

Salah satu goa di Jogja ini mungkin terdengar kurang familiar di telinga wisatawan. Hal itu mungkin dikarenakan goa ini terletak di wilayah yang tidak memiliki banyak potensi wisata lain seperti daerah lain di Bantul. Biasanya bila suatu desa sudah dikenal atau menjadi desa wisata maka spot- spot wisata di dalamnya dikembangkan menjadi daya tarik turis.

 

Untuk menuju Goa Payaman Bantul, pengunjung biasanya memarkir kendaraan di area parkir bumi perkemahan yang ada di dekat goa, kemudian mereka berjalan menyusuri jalanan setapak menuju goa. Sesampai di lokasi, di sana terdapat dua goa yaitu Goa Lanang dan Goa Wadon yang masing- masing memiliki cerita berkaitan dengan pada jaman dahulu.

 

Tak seperti Goa Nogobumi yang panjangnya mencapai 75 meter, Goa Payaman hanya memiliki panjang sekitar 8 meter. Dengan melihat ukuran tersebut, goa ini disinyalir memang digunakan untuk tempat tinggal atau berlindung pada jaman dulunya. Karakteristik dalam goa adalah berupa dinding- dinding datar biasa dan tidak terdapat adanya stalagtit dan stalagmite khas goa pada umumnya.

 

Sejarah Goa Payaman

 

Goa ini memiliki dua ruangan yang disebut Goa Lanang dan Goa Wadon/Goa Putri. Masing-masing goa memiliki perbedaan cerita yang berkembang. Goa Lanang kondisinya kini tertutuo oleh tanah dahulunya konon adalah tempat pertapaan Prabu Brawijaya V dan sebagai pintu oleh Nyi Roro Kidul. Sedangkan Goa Putri merupakan tempat untuk beristirahat Prabu Brawijaya V dan putranya Raden Panekti. Ada pula yang menyebut Goa Putri ini merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro pada jaman penjajahan Belanda.

 

Di sekitar Goa Wadon terdapat makam yang diyakini sebagai makam Raden Brawijaya V beserta putra dan beberapa cantriknya. Oleh sebab itu cerita mengenai goa tersebut memiliki kaitan sejarah dengan kerajaan Majapahit dipercaya karena adanya bukti makam tersebut, bahkan merupakan hal yang menarik bagi para sejarahwan maupun peneliti.

 

Daya Tarik Selain Goa

 

Selain melihat bukti sejarah pengunjung yang datang ke goa bisa merasakan hawa segar khas pegunungan yang ada di area ini. Keberadaan goa yang terletak di ketinggian 110 meter di atas permukaan laut ini memiliki suasanya yang sangat sejuk, masih banyak terdapat pepohonan, dan pemandangan yang indah.

 

Selain itu pengunjung bisa melakukan camping di area bumi perkemahan yang ada di dekat goa. Area perkemahan memang milik warga yang dikelola lokal. Lokasi ini selain dapat digunakan untuk camping, bisa juga untuk aktivitas lain seperti outbond dan hiking. Menyelenggarakan kemah dan outbond dengan suasana sejuk dan masih alami tentu sangat menarik terlebih dilakukan bersama teman- teman.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Fasilitas yang baik dan memadai tentu sangat diinginkan setiap wisatawan yang datang ke objek wisata demi kenyamanan saat berada di tempat tersebut. Goa ini pun sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti area parkir kendaraan, toilet, tempat isitrahat, warung, dll.

 

Sebelum berangkat pastikan cuaca dalam keadaan yang baik dan juga membawa perbekalan pribadi. Meskipun di lokasi sudah tersedia fasilitas umum namun alangkah baiknya tetap membawa persiapan seperti makanan dan minuman untuk mengantisipasi bila memang kondisinya tidak memadai. Tak lupa memakai alas kaki yang sesuai untuk trekking dan hiking karena letak Goa Payaman yang berada di ketinggian.