Menikmati Matahari Terbenam di Embung Tambak Boyo

Saat ini ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Embung termasuk salah satu tempat favorit. Menjelang sore hari biasanya ramai dikunjungi. Baik orang-orang yang tingga di sekitar embung maupun dari luar tempat tersebut. Duduk-duduk sambil ngobrol bareng teman, keluarga, ayah dan anak, suami dan istri, pasangan muda dan seterusnya. Menikmati suasana sore sambil menunggu matahari terbenam. Keberadaan embung awalnya untuk menampung air hujan sebagai cadangan dan resapan air. Menampung air yang nantinya bisa digunakan untuk pengairan. Namun belakangan sering dikunjungi sebagai tempat rekreasi. Salah satunya adalah embung Tambak Boyo.

 

Sekilas tentang Embung Tambak Boyo

 

Embung Tambak Boyo berada di antara Desa Condongcatur, Maguwo dan Wedomartani. Memiliki luas 7, 8 ha da mampu menampung 400.000 meter kubik. Perencanaan embung ini dilakukan sejak 2003 hingga 2008 dan selalu mengalami penyempurnaan. Sejarah embung tambak boyo Yogyakarta ini awalnya memang digunakan sebagai cadangan dan resapan air bagi warga Bantul, Sleman dan Yogyakarta.

 

Dimana penggunaan airnya untuk pengairan maupun sebagai cadangan air bagi PDAM di masa yang akan ddatang. Namun pada perkembangannya masyarakat sekitar sering berkunjung dan menjadikannya sebagai alternatif tempat wisata. Semakin lama tidak hanya warga sekitar saja yang mengunjunginya. Masyarakat dari desa atau tempat lain pun penasaran ingin mengununginya. Sudahkah Anda singgah sejenak di waduk yang ada di Sleman ini?

 

Memancing atau Berolahraga di Embung

 

Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang ada. Tetapi bisa juga melakukan kegiatan lain seperti memancing atau joging. Banyak pengunjung yang melakukan aktifitas mancing di embung tambak boyo Yogyakarta ini. Apalagi ada banyak jenis ikan di sini. Misalnya ikan nila, lele, gurame maupun wader. Beberapa kali pemerintah setempat melepas berkantung-kantung bibit ikan di embung tersebut.

 

Sehingga regenerasi ikan terjaga, pengunjung yang hobi memancing pun tetap menikmati hiburan yang disediakan. Selain memancing tidak sedikit pengunjung yang berolahraga di sini. Mulai dari jalan santai, jogging atau bersepeda. Biasanya di pagi hari atau sore menjelang matahari terbenam. Sendirian maupun ramai-ramai bareng teman atau pasangan.

 

Waktu yang Tepat Mengunjungi Embung

 

Berbeda saat mengunjungi Tlogo Putri dimana Anda bisa berkunjung kapan saja ; bisa pagi, siang atau sore karena di dalam hutan sehingga ada banyak pohon jadi tidak terlalu terik saat siang hari sekalipun. Saat berkunjung ke embung tambakboyo sebaiknya di pagi atau sore hari. Meskipun ada banyak pohon di sekitar embung namun saat cuaca cerah siang hari akan terasa terik.

 

Berbeda jika di pagi atau sore hari. Embun masih terasa, udara segar, matahari hangat membuat semangat untuk sekedar jalan-jalan atau lari pagi. Sedangkan saat sore hari udara pun terasa hangat bisa duduk-duduk di sekitar embung – sebaiknya membawa tikar sehingga duduk lebih nyaman. Sambil menunggu matahari terbenam sungguh menyenangkan.

 

Jaga Kebersihan

 

Duduk-duduk sambil menikmati makanan ringan, menunggu matahari terbenam memang mengasyikkan tetapi selalu ingat untuk menjaga kebersihan. Setiap sampah sebaiknya dibuang di tempat sampah. Jika kesulitan menemukannya, bawa sampah tersebut sampai menemukan tempat untuk membuangnya. Anda tentu tidak ingin melihat sampah berserakan di tempat wisata yang indah dan penuh pesona.

 

Apabila membawa anak-anak misalnya buah hati Anda atau keponakan, adik dan seterusnya sebaiknya perhatikan mereka. Jangan terlalu dekat dengan embung. Karena kedalaman embung tambak boyo setidaknya bisa mencapai 7 meter. Jadi jaga mereka jangan sampai terpeleset.

 

Jika senang bermain air memang Blue Lagoon Sendang Tirta Budi bisa menjadi pilihan. Namun jika hanya sekedar menikmati pemandangan sambil duduk-duduk atau sekali-kali berolahraga ringan maka embung ini bisa menjadi alternatif. Apalagi jalan berkonblok yang ada cukup nyaman digunakan untuk berolahraga.

 

Kunjungan ke tempat ini juga semakin ramai. Hal ini bisa terlihat keberadaan penginapan di sekitar embung. Berarti tidak sedikit pengunjung dari luar kota. Area sekitar embung memang telah didesain sedemikian rupa sehingga memberikan sebuah pemandangan yang menawan. Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan untuk liburan berakhir pekan bersama keluarga atau pasangan di Embung Tambak Boyo?