Serunya Bermain Air di Blue Lagoon Sendang Tirta Budi

Wisata air selalu diminati. Wisata air buatan seperti kolam renang dan water boom maupun wisata air alami seperti sungai, kali, sendang, kedung dan sebagainya. Keunggulan wisata air alami biasanya berada di dalam hutan atau tempat-tempat yang memang ada banyak tanaman hijau atau pohon-pohon besar. Sehingga ketika tidak ingin bermain air sekalipun bisa duduk-duduk menikmati pemandangan alam sekitar. Jogja termasuk tempat yang menawarkan banyak tempat wisata air alam yang menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan seperti Blue Lagoon Sendang Tirta Budi.

 

Sekilas Tentang Blue Lagoon Sendang Tirta Budi

 

Blue Lagoon Sendang Tirta Budi merupakan sebuah pemandian di sebuah desa tepatnya di Sleman. Tepatnya di Desa Dalem ada tiga buah mata air yang tidak pernah kering. Ketiga sumber air tersebut berada pada aliran Kali Tepus. Ketiganya yaitu Sendang Wadon, Belik Kluwih dan Sedang Lanang. Sendang Wadon merupakan tempat pemandian untuk para wanita, wadon adalah bahasa jawa dari wanita.

 

Sendang tersebut berada dalam sebuah bilik sehingga tersembunyi dan kolam kecil. Belik Kluwih berupa pancuran dari air yang berasal dari tepi kali, air belik yang terkumpul kemudian membentuk kedung. Begitu pula Sendang Lanang yang juga berupa pancuran. Lanang merupakan bahasa jawa dari pria. Sendang Lanang ini kemudian membentuk sebuah kolam kecil. Ketiga sumber air tersebut mengeluarkan air yang jernih. Sehingga memperoleh julukan Blue Lagoon.

 

 Pemandian Tirta Budi

 

Ada banyak wisata alam lain yang juga layak untuk dikunjungi seperti air terjun lepo dlingo atau embung batara sriten. Namun Blue Lagoon Sleman ini memang selalu ramai pengunjung terutama saat weekend dan hari libur. Apalagi dari segi nama tentu menarik dan membuat orang penasaran mengapa nama tersebut mengambil nama Blue Lagoon yang  berada di Iceland.

 

Padahal tempat ini sudah memiliki nama sendiri yaitu Pemandian Tirta Budi. Namun Blue Lagoon memang lebih banyak dikenal. Meskipun saat musim hujan, kedung akan menyatu dengan aliran air Kali Tepus sehingga membuat efek biru air pun menghilang. Namun wisata air tetap bisa dilakukan misalnya dengan menggunakan pelampung yang bisa disewa di lokasi tersebut.

 

 Disukai Berbagai Usia

 

Ada berbagai tempat liburan Jogja yang menarik termasuk tempat wisata di kalasan Yogyakarta. Namun bagi anak-anak dan remaja tentu saja memilih bermain air. Karena lebih seru, ramai dan bisa usil bareng teman, tertawa sambil bermain air.

 

Sementara bagi para orang tua ketika berada di Sendang Tirta Budi ini biasanya lebih memilih terapi pijat dari pancuran tinggi yang berada di sebelah Sendang Lanang. Biasanya mereka akan mengarahkan bagian tubuh yang terasa pegal atau lelah di bawah air terjun sehingga air yang memancur pun seakan-akan sedang melakukan pemijatan.

 

Tidak seperti di Tebing Breksi yang nyaris tidak ada warung atau tempat makan untuk melepas lelah maka di Sendang Tirta Budi ini ada banyak tempat bersantai yaitu gazebo-gazebo sambil menikmati teh atau kopi serta nasi kucing maupun gorengan.

 

Minum kopi atau teh serta makan gorengan sambi menikmati suasana alam, gemericik air, suara burung, gesekan daun dan ranting pohon seperti sedang mendengarkan sebuah orkestra konser musik alam. Belum lagi jika ada kejutan dari anak-anak yang beratraksi dengan menceburkan diri dari ketinggian. Suasana seperti ini belum tentu bisa dinikmati di tempat lain misalnya di Tlogo Putri. Jadi selalu nikmati segala momen yang ada.

 

Desa Wisata Blue Lagoon

 

Berbeda dengan Taman Nasional Gunung Merapi Sendang Tirta Budi bisa dinikmati juga melalui pemandangan alam. Apalagi cuaca tidak memungkinkan kita bermain air. Melalui desa wisata ini, para pengunjung juga bisa berinteraksi dengan masyarakat yang berada di sekitar lokasi. Sehingga bisa mengetahui bagaimana sejarah rumah-rumah tersebut atau bisa juga bentuk bantuan lainnyya namun tetap bisa berbaur dengan mereka.

 

Untuk menuju lokasi pun jika berasal dari Jogja, motor atau mobil diarahkan ke Jalan Kaliurang. 13 km kemudian Anda akan bertemu dengan Raja jalan langsur diarahkan pada pertigaan sebelah kanan. Bagian dari Selain itu biasanya terdapat banyak kejutan di Blue Lagoon Sendang Tirta Budi.