Kita Kuliner Khas Aceh Bungong Jeumpa, Pedasnya Pass

Aceh, salah satu provinsi yang terdapat di Pulau Sumatra. Banyak hal yang didapatkan dari kota yang satu ini. Namun soal masalah kuliner maka keanekaragaman kuliner di kota ini tak akan bisa di remehkan. Tapi untuk menikmati kuliner aceh yang otentik maka tak perlu jauh kesana, apalagi jika kita berada di kota Yogyakarta ada satu tempat kuliner khas Aceh di kota ini yang tak meningalkan cita rasa asli dari Bumi Rencong ini.

Tradisi Asli Aceh di Bungong Jeumpa

Kuliner kota Aceh banyak terinspirasi dari kuliner daerah timur tengah karena memang sejarahnya begitu. Menikkmati kuliner Aceh di daerah Jogja bukanlah hal yang sangat sulit ada berbagai macam tempat yang menyediakannya. Namun, dari sekian banyak tempat yang menyediakan kuliner Aceh di Jogja ada satu tempat yng wajib di kunjungi yaitu Bungong Jeumpa. Tempat yang satu ini menyajikan kuliner khas Aceh  yang tak meninggalkan tradisi Aceh sendiri. Sehingga kita dapat merasakan atmosfer Aceh saat kita menikmati kuliner di Tempat ini.

 

Lokasi dari tempat makan yang satu ini sangat mudah ditemui. Meskipun ada beberapa lokasi, karena memang ada beberapa cabang di Jogja sendiri. Salah satu cabang dari tempat makan ini beralamat di Jl. R.W. Monginsidi, Karangwaru, Tegalrejo. Tempat ini sangat mudah kita temukan dari jalan raya karena letaknya yang strategis. Dilihat dari lokasinya dan besar bangunan, bisa dikatakan tempat ini tidak terlalu besar. Jadi jika kiita datang bersama rombongan yang cukup banyak harus bersiap-siap terlebih dahulu. Atau jika takut tidak kebagian tempat sebaiknya kita melakukan reservasi terlebih dulu. Suasana di tempat ini bisa dibilang cuku nyaman, selain itu disini juga tersedia tempat makan yang berada di dalam ruangan dan di luar ruangan.

 

Menu Andalan Bungong Jeumpa

Variasi menu disini cukup banyak dan sangat menggugah selera. Mungkin untuk memilih menu disini akan membutuhkan waktu yang lebih, karena banyaknya menu yang ditawarkan. Secara garis besar ada beberapa menu yang kita kenal seperti nasi goreng, mie aceh, roti canai, martabak serta beerapa minuman. Dari satu menu tersebut kita bisa mendapatkan berbagai macam variasi seperti nasi goreng di tempat ini ada 21 macam  nasi goreng yang bisa kita dapatkan. Selain itu ada juga 21 macam mie aceh, 17 macam martabak dan 21 macam roti cane. Dilihat dari banyaknya menu yang disediakan dengan berbagai macam variasi, maka kita tak bisa menganggap enteng Bungong Jeumpa. Menu tersebut menunjukan bahwa tempat ini sangat memperhatikan keinginan dari pelanggan.

 

Satu hal yang selalu dikhawatirkan ketika kita memasuki sebuah tempat makan yaitu mengenai harga. Untuk di tempat ini sendiri harga makanan yang ditawarkan bisa dibilang masih terjangkau. Setiap menu yang disediakan di lokasi ini memiliki harga berkisar antara Rp 9.000 – Rp 25.000. harga yang bisa dibilang tidak terlalu mahal. Selain itu juga sesuai dengan apa yang kita dapatkan. Cita rasa masakan aceh yang bisa kita dapatkan tanpa perlu pergi jauh ke kota Aceh.

Tempat ini sendiri buka dari pukul 8 pagi hingga 10 malam. Jadi jika kita malam-malam mungkin ingin makan atau hany asekedar butuh tempt untuk mengobrol mungkin bisa datang ke lokasi yang satu ini. Selain tempat makan yang satu ini ada beberapa tempat makan lain yang bisa kita kunjungi seperti menikmati kuah bakso yang nikmat di Bakso idola. Atau bisa juga kita duduk santai di Kedai Rakyat Djelata. Kita bisa juga untuk berkunjung dan menikmati segarnya kuah soto di Soto Sampah. Jika yang suka dengan mie, maka datang ke Mie ayam grabyas. Dengan mendatangi tempat-tempat tersebut tentunya wisata kuliner kita tak kan berlalu dengan sia-sia. Wisata kuliner ke Jogja yang bisa memuaskan kita. Tapi satu hal yang pasti kita bisa berkunjung dan berkeliling ke tempat-tempat makan tersebut. Namun sebagai menu utama tetap harus di akhiri di Bungong Jeumpa

Alamat : Jl. R.W. Monginsidi, Karangwaru, Tegalrejo
Koordinat GPS : -7.777918, 110.364453
No telepon : (0274) 554906