Toyota Calya E MT Review Terbaru

Calya hadir dengan dua versi utama. Kedua versi tersebut adalah tipe E dan tipe G. Calya tipe E didesain sederhana dengan mengutamakan nilai ekonomisnya. Meskipun demikian, Toyota tidak serta merta membuat Calya tipe E dengan transmisi manual ini seadanya. Terdapat beberapa fitur dari Toyota Calya E MT yang membuat mobil ini nyaman dan irit digunakan untuk aktivitas berkendara keluarga.

 

Spesifikasi Toyota Calya E MT

 

Mesin yang digunakan pada Calya E M/T adalah 3NR In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC Dual VVTi dengan isi silinder sebesar 1.197 cc. Diameter x langkah Calya adalah 72,5 x 72,5 mm. Daya maksimum 88/6.000 Ps/Rpm dan torsi maksimum 11/4.200 Kgm/Rpm. Kapasitas tangki bahan bakar 36 liter. Steering yang digunakan adalah Electronic Power Steering (EPS).

 

This slideshow requires JavaScript.

 

Dari segi kapasitas dan mesin yang digunakan, tenaga yang dihasilkan memang tidak begitu besar. Namun ada keuntungan dibalik hal tersebut, yaitu konsumsi bahan bakar menjadi hemat. Terlebih, Calya juga dilengkapi dengan Dual VVTi yang membuat konsumsi energi kendaraan lebih efisien. Calya merupakan MPV yang memang didesain untuk menjadi kendaraan angkut dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak (7 orang).

 

Jenis transmisi yang digunakan adalah 5-Speed Manual. Suspensi depan dan belakang yang digunakan adalah MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer dan Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring. Rem depan dan belakang yang digunakan adalah Ventilated Disc dan Drum. Steering Gear yang digunakan adalah Rack and Pinion. Ukuran ban Toyota Calya adalah 175/65R14 Two-Tone Machining Alloy.

 

Interior dan Exterior Toyota Calya E MT

 

Toyota Calya E MT memiliki desain yang modern dan stylish. Dilihat dari berbagai sisi, Calya tampak memiliki desain khas mobil masa kini. Calya tersedia dalam beberapa warna, diantaranya Black, White, dan Red. Tidak banyak fitur eksterior yang diberikan Toyota untuk Calya versi E. Pada bagian interior, Calya E MT dilengkapi dengan Headrest, Rear Air Circulator, dan One-Touch Toumble.

 

Sewa Mobil City Car Jogja


 

Dilihat secara keseluruhan, fitur interior Calya E MT ini dapat dikatakan sederhana. Meskipun begitu, kualitas jok dan fitur interior lainnya tetap yang terbaik di kelasnya. Tidak banyak yang bisa Anda harapkan dari mobil MPV minimalis satu ini. Selain karena memang didesain dengan mengutamakan aspek fungsional ketimbang aspek canggih apalagi mewah.

 

Harga Toyota Calya E MT

 

Anda pasti sudah mengira atau memiliki ekspektasi sendiri mengenai harga Calya E M/T. Calya tipe E ini tidak dibanderol mahal. Anda pun pasti sudah memperkirakannya. Harga Calya E M/T berdasarkan website resmi Toyota Indonesia adalah Rp 138.150.000. Bagaimana menurut Anda, terjangkau dan ekonomis bukan? Harga tersebut dapat Anda jadikan semacam patokan untuk harga Calya di daerah.

 

Dibandingkan tipe G, Calya tipe E memang tidak memiliki banyak fitur. Namun, hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak signifikan ketika Anda memang membutuhkan mobil MPV yang lebih mengutamakan kegunaannya ketimbang tambahan fitur yang tersedia pada tipe G. Terkait performa mesin, Toyota Calya E MT ini memiliki performa yang cukup baik untuk mesin dan MPV di kelasnya.

 

Jangan keliru dan berpikir bahwa Calya tidak memiliki performa yang baik. Untuk mobil dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak, performa Calya E M/T dapat diandalkan. Namun, memang tidak banyak yang bisa dieksplorasi dari mobil MPV minimalis Toyota satu ini. Harga yang sudah dibanderol Toyota dirasa sudah pas dan cocok untuk mobil MPV segmen menengah ke bawah ini.