Jenis Binatang Yang DI Jual di PASTY : Pasar Binatang Jogja

Usut punya usut, Gembira Loka Jogya ternyata bukan satu-satunya kebun binatang yang ada di kota Jogja. Di Jalan Bantul tepatnya di seberang Kompleks Penjual Tanaman Hias, sebuah “kebun binatang” mini selalu siap memanjakan pengunjung. Gerbang besar bertuliskan “PASTY” menyambut setiap pengunjung yang berasal dari berbagai sudut kota Jogja.

 

Matahari yang semakin tinggi tepat di atas kepala tidak menyurutkan minat pengunjung untuk menjelajah setiap sudut PASTY, pasar binatang Jogja berharap mendapati binatang unik yang mereka cari selama ini. Suara burung berkicauan jadi backsound yang terdengar indah di telinga. Burung-burung yang berada dalam sangkar terlihat antusias dan senang melihat pengunjung yang berlalu lalang seakan berciutan menggoda mereka berharap akan diboyong pulang dan dikagumi.

 

PASTY, Pasar Satwa dan Taman Hias Yogyakarta, memang tidak sebesar Kebun Binatang Gembira Loka namun punya koleksi satwa yang tidak kalah lengkap dan unik. Sebut saja burung Jalak yang bisa dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah atau hewan mamalia unik seperti kucing hutan yang banyak diburu pecinta kucing. Beroperasi sejak pukul 07.00 pagi, PASTY pasar hewan Jogja mulai penuh sesak oleh pengunjung ketika hari menjelang siang dan sore.

 

Cukup membayar 2.000 rupiah untuk parkir motor, kita bisa mengajak anak untuk memanjakan mata dan pengetahuan dengan mengenal berbagai jenis binatang. Meskipun bertajuk pasar satwa namun pengunjung tidak diharuskan untuk membeli hewan disini. Bahkan hanya melayani pembeli yang sekedar melihat-lihat, penjual di PASTY melayani dengan senang hati dan tersenyum ramah khas orang Jogja.

 

Pusat penjualan pasar hewan dan tanaman yang dulu berlokasi di Ngasem ini sekarang menempati lahan yang cukup luas dengan penataan yang lebih rapi. Di bagian depan tersedia lahan parkir untuk kendaraan roda dua yang cukup luas. Tidak jauh dari lahan parkir, sebuah taman mini dengan kolam di tengah dan sejumlah tempat duduk menjadi lokasi yang pas untuk melepas penat selepas berkeliling PASTY.

 

Tepat di samping taman, beberapa penjual makanan dan minuman seperti Es Dawet terlihat sibuk melayani sejumlah pelanggan yang ingin melepas dahaga. Cukup tiga ribu rupiah saja dan satu gelas es dawet santan dengan gula jawa yang nikmat dapat kita santap.

 

Beragam Jenis Burung Hias

 

Beralih ke bagian tengah pasar, deretan kios penjual binatang terlihat penuh sesak dengan belasan hingga puluhan binatang. PASTY memang didominasi dengan penjual berbagai jenis burung hias yang dirawat apik di dalam kandang dan terlihat ceria sembari bersaut-sautan dengan temannya yang berada di sangkar lain.

 

Kepak burung warna-warni mempercantik tampilan PASTY dan menggoda banyak pecinta burung untuk menambah koleksi. Aroma yang sedikit tidak sedap memang akan memenuhi udara namun hal ini akan teralihkan ketika kita larut mengagumi setiap jenis burung dan binatang lain yang cantik dan memukau.

 

Koleksi burung hias di PASTY bisa dibilang sangat lengkap mulai dari burung emprit sawah atau parkit yang dibanderol dengan harga di bawah 50 ribu rupiah hingga burung hias mahal seperti burung betet dan jalak suren yang berharga jutaan rupiah. Bukan hanya koleksi burung yang bisa kita beli di PASTY tetapi juga koleksi sangkar burung yang berkualitas.

 

Terbuat dari kayu berkualitas tinggi, setiap sangkar bahkan juga diukir dengan sangat cantik dan dipoles dengan cat warna-warni. Tersedia dengan berbagai ukuran, sangkar-sangkar yang ditawarkan disini siap jadi rumah yang baru untuk burung koleksi pengunjung.

 

Sejenis Unggas

 

Selain burung, PASTY juga punya sejumlah satwa unggas lain yang tidak kalah menarik seperti ayam Bangkok dan ayam kate. Tersedia berbagai unggas ayam dengan pilihan warna dan ukuran yang berbeda di sejumlah lorong di dalam PASTY. Lupakan bayangan pasar hewan yang jorok dan gelap sebab PASTY yang baru tampil jauh lebih cantik dan memukau. Jadi jangan heran jika kita menghabiskan waktu berjam-jam di pasar ini hanya untuk mengagumi berbagai satwa yang siap dikoleksi.

 

Kucing Ras dan Kucing Hutan

 

Di bagian belakang pasar adalah lorong-lorong yang dipenuhi oleh berbagai jenis kucing mulai dari kucing short hair atau istilah bekennya kucing kampung berbulu pendek hingga kucing ras berbulu panjang seperti Persia, Anggora dan juga kucing hutan yang eksotis. Puluhan kucing berbagai usia, jenis dan juga warna ditaruh rapi di dalam kandang dan sesekali mengeong manja berharap untuk dibeli dan dipelihara. Sekedar tips jika kita berencana membeli kucing di PASTY.

 

Pastikan memilih kucing dengan kondisi tubuh yang sehat. Kucing sehat biasanya identik dengan pancaran mata yang bening sedangkan kucing sakit identik dengan pancaran mata yang sayu. Pastikan untuk segera membawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan serta memandikannya. Ada baiknya untuk memberi obat cacing dan vaksinasi pada kucing itu untuk menghindari penyakit yang bisa berbahaya bagi kucing.

 

Anjing Berbagai Jenis

 

Kalau sebagian dari kita pecinta kucing, sebagian yang lain jadi pecinta anjing. Binatang berkaki empat ini memang sangat menggemaskan. Nah, di kompleks belakang PASTY bersebelahan dengan bloks yang dihuni kucing, terdapat sejumlah penjual yang menawarkan berbagai jenis anjing untuk dipelihara mulai dari anjing kampung hingga anjing ras seperti Siberian Husky dan Golden Retriever. Suara gonggongan anjing terdengar memenuhi udara seakan menyambut setiap pengunjung yang sibuk menjelajah PASTY.

 

 Mamalia Eksotis

 

Di beberapa sudut lain, sejumlah penjual menawarkan mamalia eksotis seperti musang dank era kecil yang berada di dalam kandang. Mamalia eksotis memang dibanderol dengan harga yang cenderung lebih mahal sehingga tidak ada salahnya kita membawa uang lebih.

 

PASTY menambah daftar panjang pasar tradisional Jogja yang wajib masuk ke dalam daftar tempat wisata yang dikunjungi di Jogja selain Pasar Ngasem dan Pasar Bringharjo. Kali ini, PASTY menawarkan wisata belanja satwa bagi pecinta dan kolektor satwa.