Pengin Camping di Pantai? Ini Lho di Pantai Ngrumput

Camping memberikan pengalaman baru ketika pertama kali melakukannya. Bagaimana merasakan suasana malam tidak di dalam kamar namun dalam sebuah tenda. Bagaimana merasakan tidur tidak di kasur yang empuk. Begitu pula dengan makanan dan kebutuhan untuk mandi maupun keperluan sehari-hari lainnya. Camping sangat pas untuk melatih bagaimana kita menjalani kehidupan sesuai kondisi dan situasi di lingkungan sekitar.  Bagaimana dengan camping di pantai? Jelas lebih menakjubkan dengan suara deburan ombaknya. Belum lagi jika malam hari dan cuaca cerah kemudian bisa melihat bintang-bintang bertebaran. Pantai Ngrumput adalah salah satu pantai terbaik untuk camping.

Lokasi Pantai Ngrumput

Salah satu pantai yang belakangan menjadi tempat favorit untuk camping adalah Pantai Ngrumput. Pantai ini berada  di kawasan Gunung Kidul. Tepatnya di Desa Ngestiharho, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Berada di pantai ini seperti pantai milik sendiri.  Suasana tenang, pemandangan yang indah dan tentu saja tidak  ramai pengunjung. Sebuah pantai ketika sudah banyak yang mengetahuinya biasanya dipadati pengunjung.

 

Hingga membuat pengunjung yang lain pun tidak nyaman saat bermain. Nah, pantai ngrumput memiliki suasana yang tenang sehingga bisa benar-benar menikmatinya. Meskipun namanya ngrumput  bukan berarti pantai ini banyak ditumbuhi rumput-rumput hijau. Letaknya cukup tersembunyi tetapi cukup terpuaskan ketika menemukannya. Pantai dengan pemandangan indahnya dengan tiket masuk pantai ngrumput yang sudah termasuk tiket rangkaian wisata Gunung Kidul termasuk ke Bukit Kosakora.

Tempat Favorit untuk Camping

Keunggulan camping di pantai adalah bisa mendengarkan deburan ombak di malam hari. Menawarkan sensasi untuk relaksasi. Sayangnya tidak semua pantai menyediakan fasilitas  ini. Beruntung Anda bisa melakukan camping di pantai Ngrumput. Sejak 2015 pantai ini sering digunakan untuk nge-camp. Setiap pengunjung yang berkeinginan untuk camping akan dikenai tarif sebesar Rp 15.000,- per tenda.

 

Ingin melakuka malam keakraban dengan anggota baru organisasi atau komunitas? Tempat ini bisa menjadi pilihan. Apalagi biaya juga cukup terjangkau untuk ditanggung beberapa orang. Tinggal membawa perbekalan selama camping di pantai. Selanjutnya bisa menikmati suasana pantai sore hingga pagi. Berenang atau hanya ingin menikmati matahari terbenam dan matahari terbit. Tidak lupa bintang-bintang yang bertebaran di malam hari.

Didukung Fasilitas yang Ada

Meskipun tergolong sepi namun fasilitas pantai ngrumput cukup memadai. Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan buang air kecil, besar maupun mandi. Karena di lokasi ini dilengkapi dengan beberapa kamar mandi yang bisa digunakan. Selain itu ada pula beberapa warung makan, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak namun cukup membantu ketika perbekalan makanan menipis. Tempat ini juga dilengkapi dengan tempat sampah yang ditempatkan di beberapa lokasi. Jadi sebaiknya tidak hanya menikmati pemandangan yang ada tetapi juga jangan kotori dan mengandalkan orang lain untuk membersihkannya.

Jalur Menuju Pantai Ngrumput

Gunung Kidul memang dikenal dengan pantainya. Ada banyak yang sudah dikenal namun tidak sedikit yang belum banyak dikenal. Misalnya saja Pantai Nungguran untuk menuju tempat tersebut memang memerlukan upaya besar karena tidak banyak yang mengetahuinya. Ada pula Pantai Kepek. Bukan hanya lokasi yang sulit dicari tetapi jalanan yang sulit ditempuh.

 

Begitupun saat akan menuju Pantai Ngrumput dimana jalur yang dilalui cukup sulit. Anda harus jalan dari lokasi parkir setidaknya 400 meter hingga memasuki pantai. Jalan tersebut merupakan jalur setapak dan berbatu. Saat musim hujan bisa dipastikan jalan tersebut sangat licin. Jadi harus berhati-hati dan memastikan alas kaki yang digunakan memang cocok untuk melewatinya atau tidak terselip saat menggunakannya.

Namun setiap kesulitan yang dialami ketika menuju lokasi akan terbayar lunas ketika sudah melihat pantai yang dituju. Hal ini biasanya terjadi ketika mengunjungi pantai-pantai yang cenderung masih alami, sepi dan belum banyak dikunjungi. Misalnya saat mengunjungi Pantai Karangtek yang memang belum banyak dikenal juga. Syarat utama mengunjungi pantai-pantai yang masih alami tentu saja menghargai apa saja maupun siapa saja yang ditemui. Mengunjungi, menikmati dan tidak mengotori. Begitupun saat camping di ini. Pantainya masih sangat bersih, pengunjung belum terlalu padat sehingga sangat pas untuk menghabiskan weekend di Pantai Ngrumput.

Alamat:  Desa Ngestirejo Kecamatan Tanjungsari