Embung Kledung Temanggung: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk.

Embung Kledung adalah sebuah waduk kecil buatan yang terletak di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Awalnya, embung ini dibangun pada tahun 2014 sebagai cadangan air untuk keperluan irigasi pertanian bagi warga sekitar. Namun, keindahan alam di sekitar Embung Kledung kemudian menarik perhatian wisatawan.
Pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang menjadikan Embung Kledung sebagai salah satu destinasi wisata alam yang populer di Temanggung. Keindahan alamnya yang mempesona, dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Pengunjung sering kali terpukau oleh panorama alam yang menakjubkan yang dapat dinikmati di sekitar embung ini.
Embung Kledung bukan hanya merupakan destinasi wisata alam yang indah tetapi juga tempat yang ideal untuk melepas penat dan menikmati akhir pekan bersama keluarga atau teman. Dengan suasana yang damai dan segarnya udara pegunungan, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.
Secara keseluruhan, Embung Kledung adalah salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi di Temanggung, menawarkan pengalaman yang menenangkan dan pemandangan yang memukau bagi para pengunjungnya.

Daya Tarik Yang Ditawarkan

Embung Kledung memiliki sejumlah daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik bagi beragam kalangan wisatawan. Diantara keunggulan yang dimiliki oleh tempat wisata alam ini adalah:
• Pemandangan Alam Yang Indah
Embung Kledung dikelilingi oleh perbukitan hijau yang asri, serta pemandangan Gunung Sindoro yang menjulang tinggi di kejauhan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar embung, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Selain itu, pemandangan matahari terbit dan terbenam di Embung Kledung juga sangatlah indah, menambah pesona tempat ini.
• Udara Yang Sejuk
Terletak di dataran tinggi, udara di sekitar Embung Kledung terasa sejuk dan segar. Hal ini menjadikan embung ini sebagai tempat yang ideal untuk melepaskan penat dari kehidupan sehari-hari dan menikmati udara pegunungan yang menyegarkan. Suasana yang tenang dan damai di sekitar embung juga turut menambah kenyamanan pengunjung.
• Spot Foto Instagramable
Embung Kledung memiliki banyak spot foto Instagramable, seperti gardu pandang, jembatan kayu, dan deretan pohon pinus. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang alam yang indah dan udara yang segar, menciptakan momen yang tak terlupakan selama berkunjung ke embung ini. Spot-spot foto yang menarik ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar fotografi dan pengguna media sosial.
Dengan kombinasi pemandangan alam yang menakjubkan, udara segar pegunungan, dan spot-spot foto yang instagramable, Embung Kledung benar-benar menawarkan pengalaman wisata yang memikat bagi pengunjungnya.

Aktifitas Wisata

Di Embung Kledung, wisatawan dapat menikmati beragam aktivitas wisata yang menyenangkan, antara lain:
• Berperahu
Pengunjung dapat berkeliling Embung Kledung dengan menggunakan perahu. Menyusuri embung dengan perahu akan memberikan pengalaman yang menarik dan memungkinkan mereka untuk menikmati keindahan alam sekitar dari perspektif yang berbeda.
• Memancing
Embung Kledung merupakan tempat yang ideal untuk memancing. Pengunjung dapat memancing berbagai jenis ikan, seperti ikan nila, ikan mas, dan ikan lele. Aktivitas memancing ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk menikmati hobi memancing, tetapi juga untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar embung.
• Berkemah
Di sekitar Embung Kledung terdapat beberapa area yang cocok untuk berkemah. Pengunjung dapat mengatur tenda mereka di area berkemah yang telah disediakan dan menikmati malam di bawah langit yang bersih dengan udara pegunungan yang segar. Berkemah di Embung Kledung akan memberikan pengalaman petualangan yang seru dan mendekatkan pengunjung dengan alam.
• Berfoto
Embung Kledung menawarkan banyak spot foto yang menarik. Pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang Embung Kledung, perbukitan hijau, dan Gunung Sindoro, menciptakan kenangan indah selama berkunjung. Spot-spot foto yang menarik ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar fotografi dan pengguna media sosial.
Dengan beragam aktivitas wisata yang ditawarkan, Embung Kledung menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi oleh berbagai kalangan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sambil melakukan berbagai kegiatan seru.
Kuliner Khas
Di sekitar Embung Kledung, terdapat beberapa warung makan yang menawarkan berbagai macam kuliner khas Temanggung. Wisatawan dapat menikmati berbagai hidangan lezat, di antaranya:
• Tempe Mendoan
Tempe mendoan adalah makanan khas Temanggung yang terbuat dari tempe goreng tepung. Hidangan ini memiliki tekstur renyah di luar namun lembut di dalamnya. Tempe mendoan sering dihidangkan dengan sambal khas Temanggung yang pedas dan nikmat.
• Soto Temanggung
Soto Temanggung adalah varian soto yang menggunakan kuah bening dengan isian daging sapi, babat, dan jeroan. Kuahnya yang gurih dan kaya rempah memberikan cita rasa yang khas dan lezat. Soto Temanggung biasanya disajikan dengan pelengkap seperti kerupuk, potongan telur, dan daun bawang.
• Nasi Goreng Andaliman
Nasi goreng andaliman adalah nasi goreng yang dimasak dengan bumbu andaliman, rempah-rempah khas Batak yang memiliki rasa pedas dan getir. Paduan antara rempah andaliman dengan nasi goreng menciptakan cita rasa yang unik dan memikat bagi para pecinta kuliner. Nasi goreng andaliman sering disajikan dengan tambahan telur mata sapi, irisan sayuran, dan kerupuk sebagai pelengkap.
Dengan berbagai pilihan kuliner khas Temanggung yang ditawarkan di sekitar Embung Kledung, wisatawan dapat menikmati pengalaman kuliner yang autentik dan memuaskan selama berkunjung ke destinasi ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Embung Kledung menawarkan tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau bagi pengunjung:
• Dewasa: Rp. 5.000
• Anak-anak: Rp. 3.000
Selain itu, Embung Kledung buka setiap hari selama 24 jam. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk mengunjungi destinasi ini kapan pun sesuai dengan waktu yang mereka inginkan.
Dengan harga tiket masuk yang terjangkau dan waktu buka yang fleksibel, Embung Kledung menjadi pilihan yang ideal bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan berbagai aktivitas wisata yang ditawarkan tanpa harus khawatir tentang biaya masuk dan waktu kunjungan.

Rute Menuju Embung Kledung

Embung Kledung terletak sekitar 30 km dari pusat Kota Temanggung. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk mencapai Embung Kledung. Jika menggunakan kendaraan pribadi, ikuti rute berikut:
• Dari Kota Temanggung, ambil jalan menuju arah Parakan.
• Sesampainya di Parakan, belok kiri menuju arah Kledung.
• Ikuti jalan terus hingga menemukan papan petunjuk menuju Embung Kledung.
Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat naik angkot dari Terminal Temanggung menuju Pasar Kledung. Dari Pasar Kledung, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek atau berjalan kaki menuju Embung Kledung.

Fasilitas Umum

Embung Kledung menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung, termasuk:
• Tempat Parkir yang Luas: Embung Kledung memiliki area parkir yang luas dan nyaman, sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat untuk memarkir kendaraan mereka.
• Toilet Umum: Terdapat toilet umum yang bersih dan terawat di sekitar area embung, memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk memenuhi kebutuhan sanitasi mereka selama berkunjung.
• Mushola: Bagi pengunjung yang membutuhkan tempat untuk beribadah, Embung Kledung menyediakan mushola yang nyaman dan bersih untuk digunakan.
• Warung Makan: Terdapat warung makan di sekitar embung yang menyajikan berbagai macam hidangan lezat dan minuman segar. Pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman setelah beraktivitas di sekitar embung.
• Toko Souvenir: Untuk pengunjung yang ingin membawa pulang kenang-kenangan dari kunjungan mereka, terdapat toko souvenir yang menjual berbagai macam oleh-oleh dan cendera mata khas Temanggung.
Dengan fasilitas yang lengkap ini, Embung Kledung memastikan bahwa pengunjung akan mendapatkan pengalaman wisata yang nyaman dan menyenangkan. Embung Kledung adalah destinasi wisata alam yang patut dikunjungi di Temanggung. Keindahan alam, udara yang sejuk, dan berbagai aktivitas wisata yang ditawarkan menjadikan Embung Kledung sebagai tempat yang ideal untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Anda dapat menggunakan paket wisata Temanggung  untuk bisa mengunjungi obyek wisata ala mini dengan mudah.

Back to Top
WA
Email