De Tjolomadoe Solo Dari Sejarah, Daya Tarik, Hingga Harga Tiket Masuk.

De Tjolomadoe adalah sebuah tempat yang sebelumnya hanya dikenal sebagai bekas pabrik gula dan kini telah menjalani perubahan menakjubkan menjadi sebuah destinasi wisata yang memikat.
Terletak di Solo, Jawa Tengah, De Tjolomadoe kini dikenal sebagai Tjolomadoe Heritage and Cultural Park, sebuah tempat yang memadukan sejarah dengan keindahan visual yang menawan.
Transformasi ini memberikan kita kesempatan untuk menjelajahi warisan masa lalu sambil menikmati kekayaan budaya yang disajikan dalam setiap detailnya. Untuk berwisata ke De Tjolomadoe dengan mudah dan bebas repot, anda bisa memesannya di paket wisata Solo  yang banyak ditawarkan oleh berbagai biro wisata di kawasan Surakarta.

Sejarah De De Tjolomadoe

De Tjolomadoe memiliki sejarah yang panjang. Tempat ini dulunya adalah sebuah pabrik gula yang didirikan oleh Mangkunegara IV pada tahun 8 Desember 1861 di Karanganyar.dan menjadi bagian penting dari perkembangan ekonomi di Solo, Jawa Tengah. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke masa awal kolonial Belanda, ketika pabrik gula pertama kali didirikan.
Seiring berjalannya waktu, pabrik ini menjadi pusat produksi gula yang signifikan di wilayah Surakarta yang memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi dan memainkan peran penting dalam sejarah industri gula di Indonesia.
Transformasi monumental terjadi ketika pabrik gula ini mengalami perubahan menjadi De Tjolomadoe Heritage and Cultural Park. Proses transformasi ini tidak hanya melibatkan restorasi bangunan bersejarah, tetapi juga perubahan konsep yang mengarah pada pengembangan tempat ini sebagai destinasi wisata sejarah.
Pemugaran dilakukan dengan cermat untuk mempertahankan keaslian arsitektur dan keindahan masa lalu, sementara fitur modern ditambahkan untuk memenuhi standar dan kebutuhan pengunjung masa kini.

Arsitektur Bangunan dan Taman</h3
Arsitektur bangunan dan taman di Tjolomadoe menciptakan harmoni indah antara masa lalu dan keindahan kontemporer. Bangunan-bangunan bersejarah yang telah dipugar dengan hati-hati menyajikan pesona arsitektur kolonial Belanda yang klasik.
Bentuk-bentuk bangunan yang elegan dan detail-detail arsitektural yang rumit memberikan pandangan kembali ke masa ketika Tjolomadoe berfungsi sebagai pabrik gula. Jendela besar, balkon, dan ornamen-ornamen khas menciptakan atmosfer yang penuh nostalgia.
Taman di sekitar Tjolomadoe memberikan kontrast yang memukau dengan bangunan-bangunan bersejarahnya. Lanskap hijau yang indah, pepohonan rindang, dan bunga-bunga yang beraneka warna menciptakan suasana yang menyejukkan dan mengundang pengunjung untuk menjelajahi setiap sudut.
Sentuhan kontemporer dalam desain taman juga memberikan nuansa yang modern dan menyenangkan. Area terbuka ini bukan hanya tempat istirahat yang ideal, tetapi juga menjadi latar belakang sempurna untuk kegiatan seni, pertunjukan, atau acara budaya yang sering diadakan di Tjolomadoe.
Pemikiran yang matang dalam penataan taman juga mencerminkan keinginan untuk menciptakan pengalaman holistik bagi pengunjung. Bangunan dan taman saling melengkapi, menciptakan suasana yang memadukan sejarah, keindahan alam, dan inovasi desain. Dengan setiap langkah, pengunjung dapat merasakan keajaiban transformasi Tjolomadoe dari pabrik gula menjadi destinasi wisata yang memukau secara visual.

Kegiatan Di De Tjolomadoe

De Tjolomadoe tidak hanya menjadi saksi sejarah, tetapi juga panggung yang hidup untuk beragam kegiatan dan acara budaya yang memperkaya pengalaman pengunjung. Berbagai kegiatan ini dirancang untuk menunjukan keberagaman budaya, sekaligus menjaga dan merayakan warisan lokal.
Tempat ini sering menjadi tuan rumah untuk pameran seni dan budaya yang menampilkan karya seniman lokal maupun internasional. Pameran ini mencakup lukisan, patung, dan berbagai bentuk seni lainnya, memperkenalkan pengunjung pada kekayaan ekspresi kreatif.
Berbagai pertunjukan musik dan tarian tradisional sering diadakan di area terbuka, memberikan pengalaman mengesankan tentang keindahan dan keragaman seni pertunjukan lokal. Untuk meningkatkan interaksi dan partisipasi pengunjung, Tjolomadoe menyelenggarakan workshop seni dan kerajinan. Tur sejarah dan sesi edukasi diadakan secara reguler untuk memberikan wawasan mendalam tentang sejarah Tjolomadoe dan konteks sejarah lebih luas di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Parkir di De Tjolomadoe

De Tjolomadoe Surakarta, sebagai destinasi wisata baru di Solo, menawarkan pengalaman berkunjung yang tidak hanya memikat tetapi juga terjangkau bagi berbagai kalangan pengunjung. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu Rp. 25.000 untuk anak-anak di bawah 12 tahun dan Rp. 35.000 untuk dewasa, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk rencana liburan bersama keluarga atau rombongan.
Bagi mereka yang ingin mengunjungi De Tjolomadoe bersama rombongan menggunakan bus, tidak perlu khawatir. Harga tiket masuk yang terjangkau membuka peluang bagi rombongan dengan bus wisata. Destinasi ini tidak hanya menyediakan pengalaman budaya dan sejarah yang kaya, tetapi juga memastikan kenyamanan dengan lahan parkir yang luas dan fasilitas terbaik untuk setiap pengunjungnya.
Tidak hanya tiket masuk, tarif parkir di De Tjolomadoe juga disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Tarif parkir motor sebesar Rp. 10.000, mobil sebesar Rp. 15.000, dan bus sebesar Rp. 5.000 menunjukkan kesediaan pengelola untuk memberikan pilihan parkir yang nyaman dan terjangkau.
Perlu diingat bahwa harga tiket masuk De Tjolomadoe Solo dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, dan tarif parkir tersebut tidak termasuk dalam harga tiket. Oleh karena itu, sebaiknya memeriksa informasi terkini sebelum perencanaan kunjungan.
Dengan berbagai fasilitas yang diberikan, De Tjolomadoe tidak hanya mengundang pengunjung untuk menjelajahi sejarah dan budaya, tetapi juga memberikan nilai tambah dengan harga tiket dan tarif parkir yang terjangkau bagi semua.

Fasilitas De Tjolomadoe

De Tjolomadoe menonjolkan dirinya sebagai destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan sejarah, tetapi juga menyediakan beragam fasilitas untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Dari tempat bersantap hingga ruang pertemuan yang luas, berikut adalah fasilitas utama yang dapat dinikmati oleh para pengunjung:
• Café – Suasana yang santai dan nyaman untuk bersantap atau sekadar menikmati minuman di tengah keindahan sekitar.
• Concert Hall – Sebagai pusat hiburan utama, Concert Hall di De Tjolomadoe bukan hanya tempat bagi acara musik, tetapi juga menjadi panggung untuk berbagai pertunjukan seperti pagelaran show, konferensi, pertunjukan tari, dan teater. Dengan kapasitas hingga 3.000 orang, pengunjung dapat menikmati acara tanpa merasa berdesakan. Penyejuk udara yang memadai dengan banyaknya AC memastikan kenyamanan selama pertunjukan.
• Tempat Parkir Kendaraan yang Cukup Luas – Lahan parkir yang luas memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi atau rombongan.
• Toilet – Fasilitas toilet yang bersih dan terawat untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
• Tempat Ibadah – Sebagai bentuk inklusivitas, De Tjolomadoe menyediakan tempat ibadah untuk memenuhi kebutuhan spiritual pengunjung.
• Pusat Informasi – Area informasi yang informatif untuk membantu pengunjung mendapatkan panduan dan informasi terkini tentang kegiatan dan fasilitas di De Tjolomadoe.
• Spot Foto Instagramable – Ruang-ruang indah dan estetis yang dirancang khusus untuk menjadi latar belakang foto yang Instagramable, memungkinkan pengunjung berbagi pengalaman mereka dengan dunia.
• Ruang Galeri dan Koleksi – Tempat untuk mengeksplorasi seni dan budaya melalui ruang pameran dan koleksi yang menarik.
• Taman – Ruang terbuka yang indah untuk bersantai, berjalan-jalan, atau menikmati kegiatan luar ruangan.
• Tempat Duduk – Area tempat duduk yang nyaman dan strategis untuk beristirahat atau menikmati pemandangan sekitar.
De Tjolomadoe bukan hanya destinasi wisata, tetapi juga pusat kegiatan yang menyeluruh. Dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap, pengelola telah menciptakan ruang yang tidak hanya memenuhi kebutuhan praktis pengunjung, tetapi juga memberikan kesempatan untuk meresapi keindahan seni, budaya, dan hiburan di satu lokasi yang unik.

Back to Top
WA
Email