Pagoda Avalokitesvara.

Pagoda Avalokitesvara, yang juga dikenal dengan nama Pagoda Kwan Im, adalah sebuah tempat ibadah dengan desain yang menakjubkan di Semarang. Di dalam vihara ini, terpampang megah patung Dewi Kwan Im dengan ketinggian mencapai sekitar lima meter.
Keberadaan pagoda ini juga dikenal dengan sebutan Pagoda Metakaruna atau Pagoda Cinta Kasih, karena tujuannya yang mulia untuk menghormati figur Kwan Sie Im Po Sat, sang Dewi cinta kasih dalam ajaran Buddha.
Pagoda Avalokitesvara bukan hanya tempat sembahyang agama Buddha, tetapi juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang terkenal di Semarang. Para pengunjung tidak hanya datang untuk merenung dan berdoa, tetapi juga terpesona oleh desain arsitekturnya yang memukau.
Keindahan dan keanggunan desain bangunan ini membuat Pagoda Budhagaya Watugong menjadi daya tarik yang begitu dikagumi oleh berbagai kalangan. Dengan nama lain Pagoda Cinta Kasih, tempat ini bukan hanya sebuah tempat ibadah, tetapi juga menjadi simbol kasih sayang dan kebaikan.
Melalui keindahan seni arsitektur dan keberadaannya sebagai tempat pemujaan, Pagoda Avalokitesvara memancarkan atmosfer ketenangan dan keharmonisan. Tak heran jika pagoda ini menjadi destinasi yang sangat dicari oleh para pencari kedamaian dan keindahan dalam perjalanan spiritual mereka.

Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Pagoda Avalokitesvara, atau yang dikenal juga sebagai Pagoda Kwan Im, sangat mudah dijangkau dan terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Berada di pinggir jalan, pagoda ini dapat dengan cepat ditemukan oleh para pengunjung.
Tempat ibadah ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00. Waktu operasional yang luas ini memberikan fleksibilitas bagi para pengunjung untuk mengatur kunjungan mereka sesuai dengan jadwal yang diinginkan.
Ketika berkunjung ke Pagoda Avalokitesvara, pengunjung akan senang mengetahui bahwa tidak ada biaya tiket masuk yang harus dibayarkan. Pagoda ini memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk merasakan keindahan dan ketenangan tempat ibadah ini tanpa beban finansial.
Selain itu, bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi, tersedia fasilitas parkir dengan biaya yang seiklasnya. Pagoda ini juga mudah diakses menggunakan kendaraan umum seperti bus Trans Semarang atau jasa transportasi online.
Lokasinya yang tidak jauh dari Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI Indonesia menambah daya tarik bagi para wisatawan yang ingin menggabungkan kunjungan ke dua tempat ini dalam satu perjalanan.
Meskipun jika menggunakan kendaraan pribadi perlu berputar arah terlebih dahulu, namun waktu perjalanan yang hanya sekitar 5 menit membuatnya tetap menjadi pilihan yang nyaman. Jika berangkat dari pusat kota Semarang, jarak yang tidak terlalu jauh memungkinkan para pengunjung tiba di Pagoda Avalokitesvara dalam waktu sekitar 20-30 menit.

Sejarah Pagoda Avalokitesvara

Sejarah Pagoda Avalokitesvara membawa kita pada kisah yang dimulai dari seorang pemuda bernama The Boan An, asal Bogor, yang kemudian mengambil gelar Bhikkhu Ashin Jinarakkhita. Pada tahun 1955, Bhikkhu Ashin Jinarakkhita memimpin perayaan Waisak 2549 di Candi Borobudur, suatu momen bersejarah yang menjadi awal dari perjalanan penting ini.
Di tengah perayaan Waisak tersebut, takdir membawanya berjumpa dengan seorang tuan tanah Semarang bernama Goei Thwan Ling. Tuan tanah ini terkesan oleh kepribadian dan kepiawaian sang Bhikkhu, sehingga dengan tulus hati, ia menghibahkan sebagian tanah miliknya untuk digunakan sebagai pusat dan pengembangan Buddha Dhamma.
Dengan hibah tanah yang mulia tersebut, tempat ini kemudian diberi nama Vihara Buddhagaya. Pagoda Avalokitesvara, juga dikenal sebagai Pagoda Kwan Im, turut hadir sebagai salah satu bangunan yang menghiasi kawasan kompleks Vihara Buddhagaya Watugong. Hingga saat ini, Vihara Buddhagaya masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah umat Buddha.
Sejarah Pagoda Avalokitesvara semakin mengukuhkan keberadaannya ketika pada tahun 2006, pagoda ini dicatat dalam rekor MURI sebagai vihara tertinggi. Dengan ketinggian mencapai 45 meter dan dilengkapi dengan 7 lantai, Pagoda Avalokitesvara menjelma menjadi sebuah monumen yang megah dan mengesankan.
Keunikan lainnya terletak pada material bangunannya, yang semuanya diimpor langsung dari Cina. Mulai dari genteng, aksesori di dalam ruangan, lampu relief tangga yang terbuat dari batu, kolam air mancur, hingga patung burung Hong da Kilin, semuanya menjadi bagian integral dari keelokan dan keanggunan Pagoda Avalokitesvara.
Pagoda Kwan Im ini dibangun pada bulan November dan diresmikan pada 14 Juli 2005 oleh Mardiyanto, yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah ke-12. Dengan sejarah yang kaya dan keindahan yang memukau, Pagoda Avalokitesvara tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga sebuah perwujudan seni dan spiritualitas yang menyatu dalam harmoni yang indah.

Ragam Daya Tarik Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara bukan hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menyimpan sejumlah spot menarik yang membuatnya menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat ini.
Di dalam pagoda ini, pengunjung dapat menemukan sekitar 30 patung yang digunakan sebagai tempat pemujaan. Pagoda ini memiliki makna khusus sebagai Metta Karuna, yakni bangunan suci yang merupakan wujud cinta kasih dari Buddha.
Beberapa orang percaya bahwa di puncak Pagoda terdapat patung Amitabha, guru besar dewa-dewa dan manusia, yang memberikan nuansa spiritual yang mendalam.
Meskipun begitu, tidak semua orang diperbolehkan masuk ke dalam kawasan vihara, kecuali mereka yang hendak beribadah. Namun, bagi para pengunjung yang dapat mengaksesnya, terdapat beberapa spot menarik di dalam kawasan Pagoda Avalokitesvara yang patut untuk dijelajahi.
Pohon Bodhi
Pohon Bodhi terletak di depan Pagoda Avalokitesvara dan diperkirakan sudah ditanam sejak tahun 1955. Pohon ini memiliki lambang sebagai pohon keabadian, dan di ranting-rantingnya terdapat banyak kertas merah. Kertas-kertas tersebut berisi harapan dan doa bagi penulisnya, menciptakan atmosfer spiritual yang kental sesuai dengan keyakinan agama Buddha.
Patung Buddha Tidur
Patung Buddha tidur yang memiliki panjang sekitar 16 meter dapat ditemukan di sisi sebelah kanan Pagoda Avalokitesvara. Ukurannya yang besar dan posisinya yang strategis membuat patung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka.
Gedung Dhammasala
Gedung Dhammasala terletak di sisi kanan vihara, dekat pintu masuk. Gedung ini memiliki fungsi serbaguna, sedangkan lantai atasnya digunakan untuk tempat beribadah. Keindahan gedung yang mirip dengan ukiran Thailand ini semakin menambah pesona tempat ini. Di dalam gedung, pengunjung juga dapat menemukan patung Buddha setinggi sekitar 5 meter.
Watugong
Watugong, sebuah batu yang bentuknya mirip gong, terletak di dekat pintu masuk vihara. Konon, batu ini merupakan peninggalan sejarah dari masa kerajaan Majapahit, menambah nilai sejarah yang kental di dalam kawasan Pagoda Avalokitesvara.
Dengan keberagaman spot menariknya, Pagoda Avalokitesvara tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga destinasi wisata spiritual dan budaya yang memberikan pengalaman yang mendalam bagi para pengunjungnya.
Fasilitas Umum
Untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung, Pagoda Avalokitesvara dilengkapi dengan fasilitas umum yang mencakup toilet dan tempat parkir yang luas.
• Toilet – Fasilitas toilet hadir untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang ke Pagoda Avalokitesvara. Toilet yang tersedia dapat digunakan untuk keperluan bersih diri dan kenyamanan selama kunjungan.
• Tempat Parkir yang Luas – Pagoda Avalokitesvara menyediakan tempat parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung. Fasilitas tempat parkir yang memadai mempermudah akses dan memastikan kenyamanan bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.
Dengan adanya fasilitas umum ini, Pagoda Avalokitesvara berusaha memberikan pelayanan yang baik bagi para pengunjung, menjadikan kunjungan mereka lebih nyaman dan menyenangkan. Paket wisata Semarang  yang banyak ditawarkan oleh agen dan biro wisata bisa anda pilih bagi anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata ini dengan mudah.

Back to Top
WA
Email