Goa Kreo Semarang: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk.

Goa Kreo adalah sebuah gua alam yang terletak di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Gua ini merupakan salah satu objek wisata alam yang populer di Semarang dan terkenal dengan legendanya yang berkaitan dengan Sunan Kalijaga, salah satu tokoh penting dalam sejarah Jawa.
Menurut legenda yang terkait dengan Goa Kreo, Sunan Kalijaga pernah singgah di gua ini saat dalam perjalanan mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Ketika berada di dalam gua, beliau didatangi oleh empat ekor kera yang kemudian beliau jadikan penjaga gua tersebut. Kata “Kreo” sendiri berasal dari bahasa Jawa Kuno “Mangreho” yang berarti “menjaga”, menggambarkan peran penjaga yang dimiliki oleh keempat kera tersebut.
Sebagai objek wisata, Goa Kreo menawarkan pengunjungnya pemandangan alam yang indah serta legenda yang menarik untuk dijelajahi. Selain itu, terdapat berbagai objek wisata lain yang menarik untuk dikunjungi di sekitar gua ini, membuatnya menjadi destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Dengan gabungan antara keindahan alam, cerita legenda yang kaya, dan objek wisata lain yang menarik, Goa Kreo menjadi salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi di Semarang.

Daya Tarik Goa Kreo

Goa Kreo, yang terletak di lereng Gunung Ungaran, memiliki daya tarik yang sangat khas dan menarik bagi para pengunjung. Salah satu daya tarik utamanya adalah keindahan dan keunikan gua alam itu sendiri. Di dalam gua ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami selama berabad-abad, menciptakan panorama yang memukau dan menakjubkan.
Selain itu, Goa Kreo memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi. Gua ini pernah menjadi tempat pertapaan bagi Sunan Kalijaga, salah satu wali penyebar agama Islam di Jawa. Kehadiran Sunan Kalijaga dan pengikut-pengikutnya di gua ini tercermin melalui beberapa patung dan relief yang mengisahkan kisah-kisah mereka, menambah daya tarik dan kekhususan tempat ini.
Tidak hanya sebagai tempat bersejarah, Goa Kreo juga memiliki petilasan Sunan Kalijaga dan mata air suci yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Hal ini menjadikan gua ini tidak hanya menjadi destinasi wisata biasa, tetapi juga menjadi tempat ziarah dan tempat berdoa bagi para peziarah yang datang untuk mencari berkah dan kesembuhan.
Dengan kombinasi antara keindahan alam yang spektakuler, nilai sejarah yang kaya, dan aura spiritual yang kuat, tidak mengherankan bahwa Goa Kreo sering menjadi destinasi favorit bagi wisatawan dan peziarah yang ingin merasakan keajaiban alam dan spiritual di Jawa Tengah.

Obyek Wisata Di Sekitar Goa Kreo

Di sekitar Goa Kreo, terdapat beragam obyek wisata menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Diantaranya adalah:
• Waduk Jatibarang
Waduk ini menawarkan pemandangan yang indah dan asri. Pengunjung dapat menikmati keindahan waduk dengan bersantai di tepi waduk atau naik perahu untuk menjelajahi dan menikmati pemandangan sekitar.
• Air Terjun Goa Kreo
Terletak tidak jauh dari Gua Kreo, air terjun ini menjadi tempat yang ideal bagi pengunjung untuk menikmati kesegaran air terjun dan udara yang sejuk di tengah alam yang masih alami.
• Monumen Kongko Wijoyo
Monumen ini didirikan untuk menghormati jasa Kongko Wijoyo, seorang pahlawan nasional yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah Belanda. Tempat ini menjadi saksi bisu dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.
• Area Berkemah
Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di alam, Goa Kreo menyediakan area khusus untuk berkemah. Pengunjung dapat menikmati malam di bawah bintang-bintang sambil merasakan kedamaian dan keindahan alam sekitar.
Selain obyek wisata tersebut, di sekitar Goa Kreo juga terdapat beberapa tempat menarik lainnya, seperti Air Terjun Pengantin, Air Terjun Curug Bidadari, Taman Bunga Celosia, dan Pasar Seni. Semua obyek wisata ini menambah keberagaman dan keindahan destinasi wisata di sekitar Gua Kreo, menciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Lokasi dan Rute

Goa Kreo terletak di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya dapat diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.
Untuk menggunakan kendaraan pribadi, dari pusat Kota Semarang, pengunjung dapat mengikuti Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo ke arah selatan. Setelah sekitar 10 kilometer, belok kiri ke arah Jalan Jatibarang. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga sampai di Goa Kreo. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 30 menit tergantung dari lokasi awal di Kota Semarang.
Sedangkan untuk menggunakan angkutan umum, pengunjung dapat menuju Terminal Mangkang dan naik bus jurusan Mangkang-Jatibarang. Setelah itu, turun di pertigaan Goa Kreo dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik ojek ke lokasi Goa Kreo.
Dengan akses yang mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, wisatawan dapat dengan nyaman menikmati keindahan alam dan nilai sejarah yang dimiliki oleh Goa Kreo tanpa kesulitan dalam mencapai lokasi.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Goa Kreo buka setiap hari dari jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati keindahan dan keunikannya selama jam operasional tersebut. Harga tiket masuk sangat terjangkau, membuatnya menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong.
Untuk dewasa, harga tiketnya adalah Rp. 10.000, sementara untuk anak-anak, harga tiketnya adalah Rp. 5.000. Namun, perlu diingat bahwa harga tiket dapat berubah setiap saat, jadi sebaiknya untuk memeriksa informasi terbaru sebelum mengunjungi tempat tersebut.
Untuk pengunjung yang ingin menghindari panas matahari, disarankan untuk mengunjungi Goa Kreo pada pagi hari atau sore hari. Waktu-waktu tersebut juga bisa menjadi momen yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh Goa Kreo. Dengan harga tiket yang terjangkau dan jam operasional yang luas, Goa Kreo menjadi destinasi yang ideal untuk dikunjungi oleh wisatawan dari segala usia.

Fasilitas Yang Disediakan

Goa Kreo menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Diantara fasilitas yang disediakana adalah:
• Tempat Parkir: Terdapat tempat parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Fasilitas ini memudahkan pengunjung untuk parkir dengan nyaman dan aman selama berkunjung.
• Toilet: Tersedia toilet di beberapa titik di area wisata. Keberadaan toilet memastikan kenyamanan pengunjung selama berada di tempat wisata ini.
• Musala: Bagi pengunjung yang ingin beribadah, tersedia musala di Goa Kreo. Fasilitas ini memungkinkan pengunjung untuk melaksanakan ibadah dengan tenang dan nyaman.
• Warung Makan: Goa Kreo juga dilengkapi dengan warung makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat dan segar setelah menjelajahi keindahan alam di sekitar gua.
• Toko Souvenir: Untuk yang ingin membawa pulang kenang-kenangan dari kunjungan mereka, tersedia toko souvenir yang menjual berbagai macam cenderamata khas Goa Kreo. Pengunjung dapat memilih berbagai jenis souvenir sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk keluarga dan teman.
Dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, Goa Kreo memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan dan nyaman bagi setiap pengunjungnya.
Goa Kreo merupakan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Semarang. Gua ini menawarkan berbagai daya tarik wisata alam, budaya, dan sejarah. Dengan fasilitas yang lengkap dan harga tiket yang terjangkau, Goa Kreo menjadi pilihan wisata yang tepat untuk keluarga maupun wisatawan yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan. Dapatkan kemudahan mengunjungi tempat wisata alam ini dengan menggunakan paket wisata Semarang  yang ditawarkan oleh berbagai biro wisata.

Back to Top
WA
Email